Wisata Pulau Pramuka, Wisata Bahari Mempesona Di Utara Jakarta

0
146

Masih berkutat di kisaran kawasan kepulauan Seribu, kami akan mencoba beralih ke salah satu pulau populer lain yang bersarang di kawasan kepulauan seribu ini, yakni pulau Pramuka. Disinilah Anda akan menemukan surga kecil dengan jarak yang tak jauh dari Jakarta, wisata pulau Pramuka.

Wisata Pulau Pramuka, Wisata Bahari Mempesona Di Utara Jakarta
Wisata Pulau Pramuka, Wisata Bahari Mempesona Di Utara Jakarta

Ada banyak hal yang bisa Anda jumpai di dalam wisata pulau pramuka karena kawasan perairannya yan relatif jauh dari perairan Jakarta yang sudah terkontaminasi. Jadi tentu saja kawasan perairannya di warnai aneka gugusan terumbu karang cantik dan berhias aneka ikan hias cantik dan ragam biota laut menawan lain.

Dengan kehadiran kawasan terumbu karang cantik yang melingkari seluruh perairan dangkal di pulau ini, tak heran kalau salah satu aktivitas favorit wisata pulau Pramuka ini adalah snorkeling dan diving. Anda bisa meyewa peralatan snorkeling dan diving dengan harga yang relatif terjangkau bahkan mencari guide khusus yang siap memandu proses menyelam bila Anda masih amatir.

Tersedia beberapa spot snorkeling dan diving yang bisa Anda jajal, mulai dari kelas ringan sampai yang kelas professional yang membutuhkan kemahiran tinggi untuk melakukannya. Tetapi jangan salah, tentu saja di kawasan dengan medan berat ini Anda semakin dimanjakan dengan panorama bawah laut molek yang bervariasi.

Bahkan terdapat beberapa kawasan yang disebut semak karang dan ngarai sempit dimana Anda perlu sedikit menantang diri Anda menelusurinya karena tingkat kesulitannya yang lebih tinggi. Namun tentu saja dengan kecantikan bawah lautnya yang tak terbantahkan.

Bila Anda memiliki banyak waktu di pulau Pramuka ini, Anda bisa menjajal lebih banyak spot lain bahkan di luar kawasan perairan laut pulau Pramuka. Beberapa kawasan perairan pulau kecil lain di kisaran pulau pramuka bisa menjadi pilihan menarik untuk aktivitas snorkeling dan diving seperti di pulau Semak Daun dan pulau Air.

Kawasan lautan dangkal dengan gugusan terumbu karang di dasarnya juga membuat kawasan pulau Pramuka ini memiliki lautan dengan ombak yang jinak. Anda tak perlu takut dengan arus deras atau ombak tinggi yang menghajar. Anda bebas berenang di tepian laut atau sekedar bermain air di bibir pantai membiarkan kaki Anda disapa ombak lembut yang menyentuh pantai.

Anda juga bisa bersenang senang di kawasan laut lepas dengan beragam permainan seru khas kawasan pantai wisata. Sebut saja permainan banana boat, jet sky, kano, dan masih banyak permainan lain yang cukup menantang adrenalin Anda.

Satu hal lagi yang tak boleh Anda lewatkan ketika melakukan wisata pulau Pramuka yakni menyambangi lokasi penangkaran penyu sisik. Penyu unik dengan kulit unik yang keras di sisi luar dari bahan tanduk ini sudah sangat langka dan saat ini termasuk jenis yang sangat dilindungi.Lapisan keras ini bahkan menyerupai karapas atau kapalan yang melindungi penyu dari serangan predator.

Menurut pengelola penangkaran ini, penangkaran yang berada di pulau Pramuka merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia dan memiliki fungsi penting sebagai sumber suplai penyu sisik di seluruh Indonesia. Meski saat ini sudah tersedia beberapa penangkaran lain di beberapa kawasan pantai di Indonesia, seperti di Bali, Lombok dan beberapa spot di kawasan Jawa Barat.

Selain penangkaran penyu sisik yang terkenal, di kawasan ini juga bisa Anda temukan sebuah penangkaran hiu meski tidak terlalu terekspos. Anda bisa bermain dengan hiu hiu kecil yang sengaja dipelihara khusus sebelum di lepas di perairan bebas.

Baca juga : Wisata agro taman buah mekarsari

Bagi Anda yang menyukai aktivitas snorkeling dan Diving, harus diakui pulau ini adalah surga terdekat dari kawasan Jakarta untuk memanjakan minat Anda. Bahkan cukup mampu menyaingi kemolekan bawah laut di kawasan Selat Sunda yang sudah tersohor di dunia internasional. Jadi tak selamanya Anda harus benyebrang sampai ke pulau-pulau di selat Sunda yang jauh untuk bermain dengan kecantikan terumbu karang dan ikan-ikan hias menawan di bawah laut.

Baca juga : Resep masakan cumi cumi

Kalau Anda berminat untuk menjajal wisata pulau pramuka, Anda bisa mencoba mencari jasa paket wisata pulau pramuka yang dibandrol dengan harga yang juga relatif ringan. Anda bisa memulai perjalanan wisata 2 malam ke pulau Pramuka dari harga kisaran 300 ribuan. -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar : www.anekatempatwisata.com

Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY