Usaha Selai Rosella, Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil

Usaha Selai Rosella, Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil

Usaha Selai Rosella, Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil

Meski Anda sudah memiliki sumber penghasilan utama, misalkan dengan menjadi karyawan di perkantoran, tidak sedikit dari Anda yang masih berupaya mencari usaha sampingan modal kecil. Kondisi ekonomi yang semakin menghimpit memaksa Anda kreatif untuk mencarisumber pendapatan alternatif bagi penghidupan Anda.

Salah satu usaha sampingan modal kecil yang bisa Anda jajal adalah usaha makanan dan minuman. Tidak harus membeli franchise, karena Anda sebenarnya bisa membuka sendiri usaha jenis ini. Asalkan Anda memilih jenis minuman populer yang mudah dalan pembuatannya.

Salah satu jenis minuman yang boleh kita kategorikan dalam syarat tadi adalah minuman rosella. Minuman ini cukup populer karena penampilannya yang nampak menarik, rasanya yang segar dan tentu saja khasiatnya yang cukup besar.

Sebenarnya produk minuman rosella bukan barang baru di pasar Indonesia. Beberapa tahun lalu bermunculan usaha pembuatan bunga rosella kering yang siap seduh.  Produk paling sederhana dari rosella ini hanya dikemas dalam plastik tebal dan ditawarkan pada berbagai kesempatan pameran.

Meski sempat memikat pasar sesaat, ternyata tak cukup kuat untuk membuatnya bertahan di pasar. Beberapa pendapat menilai konsep produk yang membuat konsumen harus “berkorban” dulu dengan menyeduh rosella kering hingga menjadi teh bisa jadi membuat pasar enggan. Pasalnya bagi pasar mereka sudah terlanjur terdoktrin dengan rasa nyaman dari teh hitam, dan bukan teh merah dengan rasa masam.

Akhirnya beberapa tahun belakangan pasar rosella meredup. Beberapa pelaku usaha mencoba mencari terobosan baru sebagai adaptasi kebutuhan pasar, mulai dengan membuat rosella celup, booth minuman rosella segar dan terakhir adalah selai rosella.

Alih-alih menawarkan rosella dalam bentuk minuman, Anda bisa mencoba alternatif terakhir, membuat usaha rumahan selai rosella. Rosella ini kaya dengan beragam nutrisi mulai dari zat besi, antioksidan dan vitamin A & C serta masih banyak senyawa dan nutrisi berkhasiat lain. Selain itu juga memiliki manfaat anti diabetes, anti kanker dan penurun kolesterol.  Jadi bisa menjadi alternatif selai yang enak dan sehat.

Rasa masam dan aroma harumnya sangat pas untuk Anda jadikan selai dan bisa Anda nikmati bersama roti tawar atau biskuit. Tentu saja ide ini memiliki persaingan yang lebih sepi dari usaha rosella lain seperti usaha minuman segar.

Persaingan terketat muncul dari pasar selai yang ternyata cukup sepi. Tidak banyak pemain dalam pasar ini dan produsen yang ada jumlahnya sebenarnya terbatas, produsen besar produk selai tidak lebih dari 10 usaha. Padahal banyak lho permintaan untuk produk selai, hanya saja sementara ini masih dikuasai oleh pemain yang terbatas.

Justru ide baru ini bisa mengundang rasa penasaran di pasar. Bagaimana rasa rosella dengan roti dan biskuit. Anda bisa menggali kesempatan ini dengan menjual produk rosella Anda secara eksklusif melalui internet, jaringan pertemanan Anda di kantor dan lingkungan sekitar Anda. Apalagi sebenarnya pasar sudah mengenal rosella dan tentu saja akan mempercepat proses perkenalan produk.

Artikel lainya: Mereguk Untung Dari Bisnis Kue Rumahan

Sementara memang mustahil bisa masuk dalam pasar supermarket dan bersaing secara langsung dengan produk selai lainnya, karena Anda perlu mengurus perijinan secara resmi dulu untuk bisa masuk dalam pasar ini.

Tapi toh dari awal ide Anda adalah mencari usaha sampingan dengan modal kecil, jadi mulai lah dari skala kecil dulu. Dengan produksi terbatas, pasar yang terbatas namun dengan kualitas terbaik, perlahan tapi pasti produk Anda akan mulai dikenal.

Menariknya, usaha ini terhitung mudah Anda jalankan. Proses pembuatan selai juga cukup mudah. Yang Anda butuhkan adalah bunga rosella segar yang bisa Anda dapatkan dari produsen rosella. Beberapaprodusen yang bisa terkenal adalah kawasan Kulon progo, Kebumen, Sukabumi dan gresik.

 Yang perlu Anda lakukan adalah menghaluskan bunga rosella segar tadi dengan air dan masak bersama gula, tepung maizena, kayu manis dan vanili. Masak hingga cairan rosella tadi mengental. Dinginkan dan siap Anda masukan dalam wadah atau topless selai. Sama sekali tidak sulit kan? Bahkan bisa Anda kerjakan dengan santai sepulang kerja.

Untuk Anda yang semakin tertarik dengan bisnis selai rosella ini, berikut adalah struktur permodalan dan proyeksi hasil yang bisa menjadi referensi Anda.

Biaya Awal

Rincian

Jumlah

  Panci masak

Rp 300.000

 

  Kompor

Rp 250.000

 

  Blender ukuran besar

Rp 300.000

 

  Baskom

Rp 60.000

 

TOTAL

 

Rp 910.000

   

 

 

Biaya Produksi

 

 

  Bunga Rosella Segar 6 kg

Rp 360.000

 

  Bahan-bahan lain

Rp 100.000

 

  Topless selai plastik

Rp 220.000

 

  Kertas logo

Rp 10.000

 

   

 

Rp 690.000

   

 

 

Hasil omset    
  150 topless selai rosella ukuran 200 ml @ Rp 6.000

Rp 975.000

     

 

Keuntungan  

Rp 285.000

Anda bisa lihat dari perhitungan di atas, sekecil apa modal yang Anda butuhkan dari usaha  selai rosella ini. Apalagi dengan masa balik modal yang hanya membutuhkan waktu 4 bulan. Ide usaha sampingan modal kecil yang potensial bukan? –Tim Siap Bisnis

Tag:

cara membuat selai rosela, cara membuka usaha pembuatan selai dengan modal kecil, selai rosella, cara membuat selai rosella, Resep selai rosella, untung usaha selai, usaha rosella dengan, cara membuat selai dengan modal minim tapi enak, cara membuat dan bahan selai rosela, cara buat selai bunga rosela com
Usaha Selai Rosella, Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil | Hari Murti | 4.5

Komentar :