Usaha Sampingan Untuk Karyawan, Industri Pembuatan Tempe Mendoan

Usaha Sampingan Untuk Karyawan, Industri  Pembuatan Tempe Mendoan

Usaha Sampingan Untuk Karyawan, Industri Pembuatan Tempe Mendoan

Anda doyan makan tempe? Hmmm…saya yakin semua orang di Indonesia doyan sama makanan sejuta umat ini, kecuali Anda alergi kedelai. Dengan rasa gurih dan nilai nutrisinya yang ternyata sangat tinggi, tempe menjadi hidangan spesial khas orang Indonesia, baik di kota atau di desa.

Nah…dari persoalan tempe ini, ternyata Anda bisa membuka usaha sampingan untuk karyawan lho. Jangan anggap sepele meski hanya usaha tempe, soalnya sekarang tempe bukan lagi sekedar kelas “tempe” tetapi sudah naik daun menjadi kelas hotel dan kelas ekspor.

Tempe buatan Indonesia, sudah bisa Anda dapatkan di beberapa kota di luar negeri bahkan sampai di Kanada yang sangat jauh dengan teknologi pengemasan yang menahan proses fermentasi selama perjalanan.

Tapi saya kali ini tidak akan membahas peluang usaha ekspor tempe, saya mau bahas yang simpel-simpel saja, usaha sampingan untuk karyawan dari usaha pembuatan tempe home made. Bukan pula tempe papan yang biasa Anda temukan di banyak pasar di Indonesia, tetapi tempe tipis khas tempe mendoan ala Purwokerto – Banyumas yang unik.

Kalau Anda belum tau, di kota-kota kawasan kedu, Banyumas dan Purwokerto terdapat hidangan camilan khas yang terbuat dari tempe, namanya tempe mendoan. Tempe mendoan sebenarnya hanya tempe goreng berbalut tepung. Yang istimewa adalah tempenya yang berbentuk ekstra tipis sehingga tidak perlu lagi diiris tipis.

Padahal cara pembuatannya sama saja. Bahan bakunya juga sama, hanya kedelai tumbuk kasar yang diberi ragi dan dibungkus hingga terfermentasi dengan baik. Bedanya, untuk membuat tempe ini, Anda perlu memakai cetakan kayu yang membuat kedelai beragi mentah tertata tipis di dalam bungkus. Meski tampaknya berbeda dari cara pembuatan tempe lain, tempe mendoan mentah ini tetap mudah kok pembuatannya.

Nah yang menarik dari tempe mendoan mentah ini harga per bungkusnya jatuhnya lebih mahal dari harga perpapan. Bila biasanya satu buah papan tempe dihargai sekitar  2 ribu hingga 3 ribu per papan, maka tempe mendoan mentah ini diharga sekitar 5 ratus hingga 7 ratus per bungkus. Padahal satu buah papan tempe biasa bisa untuk membuat sekitar 8 – 10 irisan tipis tempe. Jadi harga sebuah tempe tipis lebih mahal kan?

Artikel lain: Ide buka usaha modal kecil

Apalagi usaha ini tidak memakan waktu dan tenaga. Anda bisa mengerjakannya di sela waktu senggang Anda sepulang kerja, di saat Anda asyik menikmati waktu sore Anda di depan TV. Bila Anda sudah lihai dalam 2 jam saja Anda bisa membuat setidaknya 150 bungkus tempe mendoan mentah.

Persiapan produksi juga terbilang sederhana. Anda hanya membutuhkan suplai daun pisang, kedelai dan ragi. Peralatan juga terbilang sederhana jadi Anda tidak akan membutuhkan banyak biaya. Itu sebabnya saya katakan usaha ini termasuk usaha sampingan modal kecil.

Usaha ini menjadi sangat potensial karena tidak mudah menemukan tempe tipis bakal tempe mendoan di kota selain 3 kawasan tadi. Jadi Anda bisa menjadi pioneer di kota Anda. Bentuknya yang unik akan membuat pasar penasaran. Belum lagi menghitung pasar dari kalangan “inyongers” yang sudah pasti menggemari tempe satu ini.

Untuk memasarkan produk Anda ini, Anda bisa memulainya dengan menitipkannya ke pasar tradisional di sekitar tempat tinggal Anda. Anda juga bisa menawarkan ke pedagang gorengan. Konon karena tempe ini dibungkus tipsi satuan, aroma daun pisangnya menjadi lebih kuat dan hasil gorengan terasa lebih enak. Hal ini bisa memberi nilai jual untuk produk Anda kan?

Nah….kalau Anda tertarik membuka usaha sampingan satu ini, berikut persoalan permodalan dan keuangan yang perlu menjadi perhatian Anda.

Modal awal    
Kompor 180000  
Panci 150000  
Baskom 80000  
Mesin giling kedelai 600000  
Wadah cetak 50000  
Rak penyimpanan 200000 1260000
     
Modal kerja perminggu    
Bahan Baku Kedelai 85000  
Ragi 15000  
Daun pisang 50000  
Biaya pengantaran 35000 185000
     
Penjualan (150 bks perhari, 7 hari produksi) 420000
     
Keuntungan perminggu   235000

 

Dari gambaran di atas, dalam 1 bulan Adna sudah bisa membukukan keuntungan bersih sekitar 940 ribu. Artinya tidak sampai 2 bulan Anda sudah bisa balik modal. Hmm… usaha sampingan untuk karyawan yang menggiurkan kan? -Tim Siap Bisnis-

Tag:

cara membuat tempe mendoan mentah, bisnis tempe mendoan, usaha tempe rumahan, usaha tempe mendoan, cara buat tempe mendoan mentah, membuat tempe mendoan mentah, modal usaha tempe mendoan, modal awal usaha tempe mendoan, harga tempe mendoan daerah cikarang, usaha mendoan
Usaha Sampingan Untuk Karyawan, Industri Pembuatan Tempe Mendoan | Hari Murti | 4.5

Komentar :