Usaha Rumahan Yang Menjanjikan, Usaha Kursus Bahasa Inggris

Usaha Rumahan Yang Menjanjikan, Usaha Kursus Bahasa Inggris

Usaha Rumahan Yang Menjanjikan, Usaha Kursus Bahasa Inggris

Pada satu kesempatan saya sempat bertemu kembali dengan seorang kawan lama. Dulu beliau ini saya kenal ketika masih menjalankan pendidikan guru di sebuah universitas negeri di kota Yogya. Mengambil jurusan bahasa Inggris.

Pada perjumpaan inilah saya mendapat kesempatan untuk membuka mata saya akan sebuah peluang usaha rumahan yang menjanjikan. Bagaimana tidak menjanjikan, bila Anda bisa mengeruk hasil yang berkali lipat dengan modal yang terbilang sedikit.

Kawan lama saya ini kini menjadi guru bahasa Inggris di sebuah SD negeri di kota Kebumen. Untuk menjadi catatan beliau ini masih menjadi tenaga pengajar honorer yang menurut beliau hanya menerima gaji tidak lebih dari 500 ribu saja. Sebenarnya pahit sekali mendengarnya.

Tetapi ketika saya diajaknya singgah ke rumahnya, saya sedikit tertegun. Soalnya dengan gaji sekecil itu, bagaimana dia bisa hidup dengan demikian sejahtera? Ternyata semua itu dia peroleh dari usaha kursus bahasa Inggris yang dijalankannya di rumah.

Sangat menarik, karena beliau hanya memanfaatkan sebuah ruangan kamar di rumahnya, hanya ruangan dengan ukuran sekitar 4.5 x 3 m. Ruangan ini beliau lengkapi dengan sebuah papan tulis whoteboard besar, meja kursi lipat sekitar 20 buah dan sebuah kipas angin.

Meski hanya dengan cara dan konsep sederhana guru satu ini dengan gagah mengatakan kalau setiap bulannya beliau bisa menghasilkan setidaknya  10 juta tiap bulannya, bahkan bisa lebih. Angka yang sangat fantastis kan? Padahal usaha beliau baru berjalan sekitar 3 tahun.

Padahal menurut beliau, untuk mengawali usahanya ini beliau dulu hanya bermodal papan whiteboard dan tikar lesehan. Hanya memerlukan biaya tidak lebih dari 500 ribu pada tahun 2011. Tentu saja pada awalnya kursus bahasa Inggris miliknya belum terlalu ramai.

Baru setelah kelasnya mulai ramai peserta, beliau mulai mencicil untuk menambah inventaris macam kursi meja lipat dan kipas angin. Tidak ada biaya tambahan lain, karena materi kursus, sengaja beliau susun sendiri untuk menghemat biaya. Malahan kini modul master miliknya sudah beliau jual via internet untuk menambah penghasilan. Tidak banyak penyelenggara kursus yang mampu membuat modul yang baik, dan celah ini menjadi peluang menarik bagi guru muda ini.

Pekerjaan beliau sebagai guru di sekolah SD menjadi modal utama beliau dalam mengincar konsumen. Dengan profesinya ini, beliau bisa leluasa menawarkan kursus pada siswanya di kelas. Selain itu, beliau juga menawarkan kelas untuk siswa SMP melalui liflet yang beliau sebarkan.

Karena beliau tinggal di kota kecil yang memiliki keterbatasan fasilitas, ide segar ini menjadi cukup mudah meranggas. Sambutan para siswa terhadap kursus bahasa Inggris miliknya ini sangat baik. Usaha rumahan yang menjanjikan ini kemudian mulai kebanjiran peserta. Malah kini beliau terpaksa menolak peserta karena belum mampu menambah kapasitas.

Meski beliau sudah menjadi sukses dengan kursus bahasa Inggris miliknya, beliau belum memiliki rencana untuk resign dari profesinya sebagai guru. Alasan utamanya karena profesinya ini mejadi jalan beliau mendapatkan siswa, sekaligus memberi beliau wadah untuk terus meng-update ilmu sesuai dengan kurikulum yang ada.

Saat ini aktivitas beliau masih mengajar di SD pada pagi hari. Kemudian berlanjut ke kelas kursus sesi pertama pada pukul 2  siang hingga pukul 15.30. Sedang kelas berikutnya beliau mulai pada pukul 16.00 dan berakhir pada pukul 17.30.

Setiap sesi terdiri dari 20 siswa dengan tingkat kemampuan yang sama. Terbagi dalam beberapa kategori sesuai dengan kemampuan bahasa Inggris yang siswa miliki. Saat ini beliau menangani 4 kategori kemampuan yang juga terbagi dalam 5 kelas. Setiap kelas mendapatkan 2 kali pertemuan dalam 1 minggu, kecuali 1 kelas yang mendapatkan kelas marathon, yakni 1 kali pertemuan setiap minggu dengan lama kelas 2 jam, pada hai Jumat.

Kebetulan kawan lama saya ini dengan sukarela bersedia berbagi sedikit perhitungan beliau dalam menjalanan usaha rumahan yang menjanjikan ini. Berikut perhitungan biaya dan hasil keuntungannya.

Modal Awal

 

 

White Board dan peralatannya

170.000

 

Tikar gulung

180.000

 

Meja pendek

150.000

500.000

 

 

 

Tambahan Modal (2012)

 

 

White board

340.000

 

Meja kursi lipat

3.600.000

 

 

 

 

 

 

 

Modal usaha per 3 bulan

 

 

Cetak modul

25.000

 

Listrik

50.000

 

Alat tulis

30.000

 

Admin + Promosi

300.000

405.000

 

 

 

Keuntungan

 

 

Biaya per siswa 100 ribu

20 x 6 x100

12.000.000

Jumlah siswa perkelas 20 orang

 

 

Jumlah kelas 5 dengan satu kelas Marathon dengan pembayaran double

 

 

 

 

 

Untung bersih

 

11.595.000

Anda bisa lihat, bagaimana potensi besar dari usaha rumahan yang menjanjikan ini. Anda bisa sukses besar tanpa harus keluar dari rumah Anda bukan. Justru pertemuan saya dengan beliau memberi saya ilmu baru untuk melihat setiap peluang, meski dalam kesempitan. Bagaimana dengan ide bisnis rumahan Anda? Apakah juga menjanjikan? –Tim Siap Bisnis

Tag:

cara membuka kursus bahasa inggris di rumah, bisnis kursus, kursus usaha, Cara mendirikan kursus b inggris rumahan, usaha kursus, bahasa inggris usaha rumahan, bagaimana membuka kursus bhs asing, tips membuka les rumahan bahasa inggris, cara membuka les bahasa inggris di rumah, prospek usaha kursus bahasa inggris
Usaha Rumahan Yang Menjanjikan, Usaha Kursus Bahasa Inggris | Hari Murti | 4.5

Komentar :