Usaha Rumahan Modal Kecil, Usaha Telur Ayam Arab Rumahan

Usaha Rumahan Modal Kecil, Usaha Telur Ayam Arab Rumahan

Usaha Rumahan Modal Kecil, Usaha Telur Ayam Arab Rumahan

Pernah dengar telur ayam arab? Mungkin tak banyak ya yang tau soal jenis telur kampung yang satu ini. Beda lho telur ayam kampung biasa dengan jenis yang satu ini. Katanya sich malah jauh lebih bagus telur ayam arab dari telur ayam kampung biasa. Makanya cocok banget untuk inovasi baru usaha rumahan modal kecil.

Soalnya menjalankan usaha ternak ayam arab lebih menguntungkan, meski Anda jalankan dalam skala kecil. Harganya sama mahalnya dengan telur ayam kampung, padahal pemeliharaan dan produktivitasnya lebih baik dari ayam kampung biasa. Menariknya seringkali pasar memperlakukan kedua jenis telur secara sama karena memang sekilas kedua telur ini mirip.

Malah beberapa penelitian mengatakan kalau telur ayam arab ini lebih baik dari telur kampung biasa. Telur ayam arab konon bebas alergi, meski proteinnya lebih tinggi tapi formula proteinnya lebih ramah sama tubuh, jadi gak akan bikin jerawatan, bisulan apa lagi gatal-gatal.

Nah…asyiknya jenis hasil kawin silang ayam dari belgia dengan ayam jawa ini juga sangat hobi kawin dan otomatis hobi bertelur. Karenanya ayam ini selalu memerlukan suntikan vitamin khusus untuk menjaga vitalitas dan kualitas telurnya. Unggas satu ini juga dapat Anda pelihara dengan cara pengandangan dengan sedikit pelataran untuk mengumbar ayam.

Total Anda bisa menggunakan sekitar 3 x 3 x 3 m kandang ayam dengan 4 -5 susun tingkat. Pada siang hari Anda bisa berganti melepas ayam di salah satu tingkat untuk memberikan mereka sedikit olahraga. Tidak memakan ruang terlalu besar kan? Jadi kalau Anda punya pekarangan cukup luas, rasanya usaha ini sangat cocok Anda jalankan di pekarangan rumah.

Kalau Anda tertarik dengan usaha rumahan modal kecil ini berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

  1. Pelajari teknik budidayanya
    Meski terbilang mudah dan sederhana, Anda tetap harus mempelajari cara-cara tepat dalam menjalankan budidaua  ayam arab dan teknik pembiakannya termasuk pula cara memproduksi telur dengan tepat. Jangan ragu untuk mencari informasi dari  beragam buku agrobisnis dan peternakan. Jangan sampai usaha Anda gagal hanya karena Anda kurang cermat dalam pemeliharaannya.
  2. Persiapkan modalnya
    Setidaknya Anda membutuhkan modal sekitar 3 jutaan untuk menyediakan kandang, membeli sekitar 30 ekor ayam arab dan modal untuk pemberian pakan dan vitamin di awal produksi. Di sini diasumsikan Anda akan membuat kandang dengan ukuran sekitar 3 x 3 x 3 m.
  3. Persiapkan pasar
    Sebelum Anda berproduksi sebaiknya Anda sudah bisa memastikan akan Anda kemanakan produk Anda ini nantinya. Pastikan Anda menemukan pasar yang tepat dengan harga jual yang cukup sesuai. Anda bisa coba mencari beberapa alternatif pengepul telur ayam arab yang ada di kota Anda atau coba lakukan penawaran ke pelaku usaha kuliner di kota Anda. Konon katanya telur ayam arab memiliki rasa gurih seperti telur ayam kampung jadi bisa menjadi pilihan lain bagi konsumen.
  4. Pengelolaan pemeliharaan
    Anda yang tertarik menjalankan usaha ini menjadi usaha rumahan, biasanya juga memiliki akivitas lain sebagai pekerjaan utama, misalkan sebagai karyawan atau sebagai ibu rumah tangga. Sebenarnya pemeliharaan unggas satu ini cukup ringan, aspek terpenting hanya soal pakan, kebersihan dan vitamin. Namun Anda harus mengelola waktu sedemikian rupa supaya Anda  bisa menjalankan kedua sisi pekerjaan Anda dengan baik.
  5. Estimasi hasil
    Saat ini memang belum ada gambaran secara resmi potensi dan estimasi pasar dari produk telur ayam arab. Tetapi berdasar pengalaman para peternak yang sudah bergelut di usaha ini beberapa tahun, mereka mengakui bisnis ini sangat potensial. Mereka bisa menjual antara 5 ribuan hingga 20 ribuan butir perbulan, tergantung kapasitas.Mereka mengakui bisa balik modal dalam kisaran 4 -5 bulan dengan hasil keuntungan di kisaran 2 juta sampai 10 jutaan per bulan.

Nah dari penggambaran mengenai usaha satu ini, makin jelas bukan kalau usaha budidaya ayam arab sebagai industri ayam petelur sangat cocok menjadi ide usaha rumahan modal kecil. Karena tidak membutuhkan ruang, modal dan tenaga yang besar.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

ayam arab, ternak ayam arab, harga telur arab 2016, budidaya ayam arab, ayam arab petelur, cara ternak ayam arab, beternak ayam arab, harga telur arab hari ini, kandang ayam arab, Harga telur ayam arab
Usaha Rumahan Modal Kecil, Usaha Telur Ayam Arab Rumahan | Hari Murti | 4.5

Komentar :