Usaha Rumahan Modal Kecil, Bisnis Mie Pelangi Omset 11 Juta Per Bulan

0
5820

Usaha rumahan modal kecil – Semakin tinggi kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat semakin meluaskan potensi bagi perkembangan bisnis makanan sehat, termasuk konsep mie warna alami yang juga kerap disebut dengan mie pelangi.

Sayangnya kebanyakan orang menilai usaha produk mie pelangi ini membutuhkan modal besar, padahal mie pelangi juga bisa disulap menjadi ide usaha rumahan modal kecil. Kesan mahal muncul karena memang kebanyakan usaha mie pelangi hadir dalam bentuk gerai makan bergaya modern lengkap denga interior ruang usaha yang bergaya kekinian.

Usaha Rumahan Modal Kecil, Bisnis Mie Pelangi Omset 11 Juta Per Bulan
Usaha Rumahan Modal Kecil, Bisnis Mie Pelangi Omset 11 Juta Per Bulan

Kebanyakan porsi mie warna warni ini juga dijual dengan harga yang terbilang tinggi. Rata-rata sekiar Rp 8 ribu sampai 15 ribu per porsi. Harga jualnya yang demikian tinggi semakin mengesankan sajian mie pelangi adalah jajanan mie kelas menengah atas.

Padahal, mie pelangi ini juga bisa Anda jual dengan harga yang miring dan bisnisnya dimulai dengan modal terjangkau. Cukup dengan sebuah kunci simpel, yakni sederhanakan saja konsep usaha mie pelangi yang akan Anda buka dan bisnis ini siap menjadi usaha rumahan modal kecil.

Ambil contoh saja sebuah ide usaha rumahan modal kecil mie pelangi yang dijalankan oleh seorang pria asal Yogya bernama Syaiful yang menjajal ide usaha ini di garasi rumahnya daerah Sleman. Tinggal di tepian jalan utama dekat stadion Maguwoharjo membuatnya tertarik menjajal usaha dengan mengandalkan kekuatan huniannya yang dekat dengan jalan utama.

Ide ini muncul pertama kali ketika menjajal mie pelangi di salah satu restoran di tengah kota Yogya yang dibandrol dengan harga perporsi sekitar 12 ribuan. Menurutnya harga tersebut masih terlalu mahal, tetapi juga diakuinya memang konsep usaha mie pelangi yang disambanginya terkesan cukup mewah dan modern.

Justru disinilah tantangan bago Syaiful yang ingin membuka usaha rumahan modal kecil mie pelangi dengan harga jual lebih miring. Bermodal hanya 8 juta, bisnis kecilnya ini dimulai dalam kesederhanaan. Berikut adalah detil permodalan yang dibutuhkan Syaiful dengan bisnis mie pelanginya.

Alat masak                                               800.000
Mesin pembuat mie                                   850.000
Alat saji                                                   600.000
Kursi dan meja makan                               1.200.000
Etalase dan meja penyajian                        850.000
Lain-lain                                                  700.000             

TOTAL                                                   5.000.000

Sedang modal kerja yang dibutuhkan selama 1 bulan

Bahan baku                                        800.000
Bahan bakar                                       200.000
Tenaga kerja                                      800.000
Biaya lain-lain                                     250.000

TOTAL                                                   2.050.000

Jadi total kebutuhan modal sekitar 7 jutaan ditambah biaya pemasaran senilai 950 ribu sehingga total sekitar 8 juta.

Dana 1 juta yang dimanfaatkannya untuk pemasaran, digunakan untuk memasang banner besar di depan kedainya. Juga untuk membuat beberapa promosi dengan menyebar liflet di beberapa perumahan yang berada di sekitar lokasi usahanya dijalankan.

Baca juga : Buka Usaha Dengan Modal Kecil 3D Paper Craft, Untung 9 Juta Per Bulan

Diakui memang salah satu hal yang mendorongnya membuka usaha mie pelangi ini adalah lokasi rumahnya yang strategis, dekat dengan beberapa lokasi yang banyak menjadi tujuan orang dan dekat dengan banyak perumahan.

Berlokasi dekat dengan pasar tradisional yang relatif lengkap dan juga dekat dari salah satu hypermarket yang menyediakan layanan khusus grosir membuatnya mudah mendapat suplai bahan baku. Kebetulan untuk urusan pembuatan mie pelangi sendiri, Syaiful akui mendapatkan resepnya dari internet dan dikembangkan sendiri di rumah bersama istri.

Meski awalnya diakui Syaiful usahanya cenderung sepi, tetapi setelah tekun menyebarkan liflet ke beberapa kawasan perumahan, kampus dan sekolah di sekitar lokasi usaha, dalam 2 minggu usaha berjalan, penjualan mulai menampakan hasil.

Diakui Syaiful perlu waktu 3 bulan diawal untuk bisa mencapai omset stabil sekitar 450 ribuan perhari dengan perkiraan keuntungan sekitar 25%. Dan Syaiful juga membutuhkan masa sekitar 3 bulan pula untuk bisa balik modal.

Kini setiap bulan usaha rumahan modal kecil nya bisa menghasilkan omset sekitar 11 jutaan dengan nilai keuntungan tak kurang dari 2, 8 jutaan. Kadang diakui Syaiful kesempatan ketika musim pertandingan bola atau event di stadion juga turut membantu mendorong penjualannya.

Jadi kenapa tidak menjajal ide usaha rumahan modal kecil dengan mengadaptasi bisnis yang dikenal untuk kelas menengah atas menjadi lebih sederhana dan layak dijual dengan harga lebih murah. Jangan salah justru dengan sentuhan inilah Anda membuka pasar baru dengan peluang yang lebih luas.

Sumber gambar : www.tokomesin.com

usaha mie pelangi, resep mie pelangi bisnis, bisnis mie, usaha mie, usaha yg ringan tp menguntungkan, mie pelangi, bisnis burger mie, usaha menjanjikan tahun 2016, waralaba mie pelangi, mie ayam pelangi
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY