Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Yang Potensial, Usaha Produksi Puding

Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Yang Potensial, Usaha Produksi Puding

Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Yang Potensial, Usaha Produksi Puding

Pada kesempatan sebelumnya saya sudah membahas mengenai beberapa hal dalam menjalankan usaha puding cantik Tapi nanti dulu, Anda mungkin merasa ragu dengan potensinya. Bukan hal yang salah kan kalau untuk memulai sebuah usaha rumahan ibu rumah tangga Anda harus memastikan prospek usaha ini memang cukup besar untuk Anda jalankan.

Karena kebanyakan ibu rumah tangga terbentur oleh keterbatasan modal, jadi tentu mereka harus lebih cermat dalam memulai usaha. Salah satunya dengan memilih jenis usaha rumahan yang memiliki potensi besar sehingga kemungkinan resiko gagalnya lebih kecil.

Nah, untuk bisa memberikan Anda gambaran soal bisnis satu ini, saya akan coba membagikan kisah sukses dari dua orang ibu rumah tangga yang memutuskan menggeluti produksi puding dan bagaimana mereka menjadi sukses dengan puding, meski berawal dari modal kecil.

Adalah ibu Anita dari Bogor yang sejak muda memang sudah gemar dengan dunia dapur. Salah satu hidanga favoritnya adalah puding dan sejak muda sudah hobi berkreasi dengan aneka macam puding. Salah satu kreasi uniknya adalah pudding cake yang memadukan konsep cake dengan pudding.

Saking jagonya, sekilas puding buatannya malah terlihat seperti cake dan baru akan terasa pudingnya kalau sudah dinikmati. Dari kebisaannya inilah beliau memutuskan untuk resign dari pekerjaannya di Jakarta dan membuka usaha kecil-kecilan puding cake di kediamannya di Bogor pada tahun 2008.

Semua hanya berawal dari modal tidak lebih dari 300 ribu untuk membuat beberapa sampel, difoto dan di upload melalui media sosial dan blogging. Karena Anita sejak awal penghobi masak, jadi tidak ada peralatan baru yang harus Anita lengkapi.

Dalam 2 minggu Anita mulai mendapat order, awalnya hanya 1 -2 buah puding cake dalam satu minggu. Namun rupanya dari kepuasan tiap konsumennya mendatangkan pembelian berikutnya dan berikutnya lagi. Puding buatannya dibandrol dengan harga Rp 6 ribu hingga Rp 175 ribu, tergantung ukuran, bahan baku dan hiasan yang dibuat.

Kini Anita sudah memiliki outlet kecil di depan rumahnya dengan Rumah Puding Cake (RPC) di Saung Kuring Bogor.Outletnya ini merupakan hasilnya menabung keuntungan sejak awal usaha  Selain itu juga Anita membuka outlet kecil di kisaran Bogor. Dalam satu bulan usahanya ini sudah mampu membukukan omset sekitat 70 jutaan dengan 10 orang karyawan yang membantunya.

Kisah senada juga diceritakan oleh sepasang suami istri Herman Wibawa dan Henny Wibawa yang mengawali usaha puding cupnya sejak tahun 2001 dengan brand Sweet Mom. Puding dari Sweet Mom ini sengaja dibuat dalam kemasan cup sehingga bisa lebih mudah dibawa dan dibeli dalam satuan porsi kecil. Sesuai dengan target pasarnya anak-anak dan remaja.

Awalnya Henny yang memang sudah pandai membuat puding sengaja membuatkan puding cup untuk acara di sekolah minggu anaknya. Ternyata banyak yang menyukai puding santan rasa buah buatan Henny dan dari sana pesanan mulai berdatangan. Dengan modal awal sekitar 650 ribu, Henny mulai mencoba melayani pesanan dan memproduksi dalam skala kecil untuk dititipkan ke penjaja kue disekitar rumahnya di Meruya Jakarta Barat.

Ternyata sambutan pasar cukup besar, Henny memang tidak hanya mahir membuat puding santan yang enak, tetapi juga mahir membuatnya tampil sangat cantik dengan aneka warna dan bentuk. Anak-anak mudah sekali kan tergoda dengan puding cantik berbentuk boneka kelinci dengan warna pink yang memikat?

Artikel lain: kisah sukses dapur cokelat

Sempat Henny ini harus merasakan jatuh bangun dalam usaha rumahan ibu rumah tangga nya, Karenanya Herman mulai turun tangan untuk membantunya terutama dalam hal pemasaran dan penjualan. Supaya Henny bisa lebih terkonsentrasi pada produksi. Meski awalnya keputusan ini sempat membuat biduk rumah tangga mereka terombang-ambing karena kesulitan keuangan, rupanya tidak memakan waktu lama, mereka mulai bisa menata ekonomi dari usaha rumahan satu ini.

Akhirnya pada tahun 2005, Herman dan Henny berhasil membuka outlet pertama mereka di kawasan Meruya dan berlanjut ke outlet keduanya di kawasan Serpong pada tahun 2006.Saat ini puding buatan Henny sudah bisa menghasilkan omset sekitar 85 juta perbulan.

Anda lihat kan? Usaha puding ternyata cocok sekali untuk para ibu yang ingin memulai usaha rumahan ibu rumah tangga. Modal relatif sangat kecil, potensi pasar cukup besar dan terbukti bisa menghasilkan keuntungan dan omset luar biasa asal dijalankan dengan tekun dan gigih. -Tim Siap Bisnis-

Tag:

puding, puding mini lezat buatan sweet mom, gambar puding, Produksi rumah tangga, Usaha rumahan puding cup, usaha puding tart, peluang usahamproduksi dirumah, usaha rumahan yang potensial, produksi usaha rumah tangga, cerita awal bisnis puding rumahan
Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Yang Potensial, Usaha Produksi Puding | Hari Murti | 4.5

Komentar :