Usaha Modal Kecil Untung Besar, Usaha Perkebunan Sengon

Usaha Modal Kecil Untung Besar, Usaha Perkebunan Sengon

Usaha Modal Kecil Untung Besar, Usaha Perkebunan Sengon

Indonesia adalah negara agraris, kata-kata ini sudah menjadi makanan kita sehari-hari di masa sekolah. Tidak ada yang salah dengan kata-kata ini, yang salah adalah justru banyak orang yang memandang kata-kata ini tak lebih sekedar teori masa sekolah belaka. Padahal justru dari dunia agraris ini Anda bisa menjadi seorang yang sukses.

Contoh saja para petani di desa, yang maaf, seringkali tidak makan bangku sekolah memadai, namun bisa sukses dan hidup dalam berkecukupan hanya dengan mengandalkan perkebunan atau sawah mereka. Tentunya para petani ini mengawali semua dari usaha modal kecil untung besar..

Saya katakan untung besar, karena dari usaha pertanian dengan modal tidak lebih dari 10 juta mereka bisa mengeruk hasil setidaknya puluhan juta. Salah satu yang bisa menjadi andalan untuk bisnis serupa ini adalah usaha perkebunan sengon.

Harga bibit sengon yang relatif rendah, perawatan yang mudah dan biaya operasional yang cukup terjangkau ternyata akan kembali dalam angka berkali lipat. Itulah sebabnya saya katakan bisnis ini sebagai usaha modal kecil untung besar.

Ini dia perincian biaya dan modal yang harus Anda siapkan untuk membuka usaha pertanian yang menguntungkan ini.

Modal awal    
Sewa tanah / lahan 5 tahun 6.000.000  
Bibit sengon 200 pohon 300.000  
Biaya penanaman 200.000  
Biaya perawatan 3.500.000 10.000.000
     

 

Rincian biaya ini adalah biaya yang harus Anda siapkan selama 5 tahun. Dengan rincian, sekitar 7,5 juta pada tahun pertama dan sisanya akan Anda bagi dalam 4 tahun berikutnya. Angka 7,5 juta berkaitan dengan pembukaan lahan pertama hingga penanaman dan perawatan tahun awal yang harus Anda lakukan lebih intensif.  Na setelah perhitungan dana modal, berikut langkah-langkah Anda selanjutnya.

  1. Mencari lokasi perkebunan
    Salah satu yang paling penting dalam menjalankan usaha perkebunan sengon ini adalah Anda harus memastikan bahwa lokasi yang Anda jadikan perkebunan adalah lokasi yang tepat. Jangan salah, lokasi juga akan berpengaruh pada besaran biaya yang nantinya Anda keluarkan sampai pada efisiensi. Misalkan jangan mencoba membuka perkebunan di kawasan dekat perumahan yang sudah pasti harga tanahnya mahal. Cari lokasi dekat dengan sungai, di pedalaman dengan harga tanah super miring, sampai harga sewanya hanya sekitar Rp 1000- Rp 2000 permeter.
  2. Seleksi Bibit
    Bibit sengon juga memiliki peran besar untuk bisnis Anda ini. Karena bibit dengan kualitas rendah jelas akan membuat kayu sengon Anda nanti di usia 5 tahun akan cebol. Siapa yang mau dengan kayu cebol? Kalau Anda cukup amatir soal ini, jangan ragu untuk belajar, tidak ada batasan usia untuk belajar kan? Kalau masih mentok juga coba cari seorang rekanan yang paham soal kayu sengon untuk mendampingi Anda. Tenang saja, meski harus sedikit berbagi hasil, Anda tidak akan rugi kok melibatkan seorang pakar dalam bisnis Anda.
  3. Mencari tenaga kerja terpercaya
    Masih berkaitan dengan ide di atas untuk melibatkan seorang pakar dalam usaha perkebunan sengon ini, Anda memang tetap harus mencari tenaga terpercaya untuk menjadi pengelola perkebunan Anda. Kecuali Anda memang sudah ahli dengan karakter tanaman sengon dan Anda berminat untuk menggarap sendiri perebunan kecil Anda ini, sebaiknya Anda mencari tenaga terpercaya yang akan menjalankan segala proses perawatan dan pemeliharaan tanaman sengon hingga siap panen. Untuk menjaga “kesetiaan” mereka Anda bisa menawarkan share keuntungan pada mereka di akhir masa panen. Cara ini sering cukup manjur membuat para pekerja ini memiliki rasa memiliki dan tanggung jawab yang lebih baik.
  4. Persiapkan supplier
    Dalam proses pemeliharaan Anda membutuhkan suplai pupuk, vitamin dan anti hama dalam jumlah yang cukup besar. Semakin besar perkebunan Anda semakin besar pula kebutuhan Anda. Jangan ragu untuk berburu supplier, tapi biasanya sih kalau Anda bukanya di desa atau daerah pedalaman malah mudah menemukan stok pupuk dan anti hama dengan cukup menyambangi KUD setempat. Makanya tidak disarankan buka di kota besar kan?
  5. Persiapkan pasar
    Sudah Anda pelihara selalam 5 tahun, percuma kan kalau akhirnya nanti tidak laku dijual. Jadi persiapkan pasar target Anda sejak usia pohon 3 tahun. Kalau perlu temukan setidaknya 3 pengepul supaya Anda punya alternatif. Survei dengan baik harga pasar log kayu sengon supaya Adna tidak tertipu, saat ini harga perlog sekitar 800 ribuan.

OK…siap memulai usaha modal kecil untung besar ini. Oh ya….untuk semakin meyakinkan Anda kalau untungnya beneran besar. Anda bisa asumsikan kalau dari 200 batang bibit Anda sukses panen 170 log kayu. Maka hasilnya pada tahun ke 5 Anda memperoleh 136 juta. Wow kan??

Tag:

usaha perkebunan, bisnis perkebunan, peluang usaha perkebunan, bisnis kayu sengon, bisnis sengon, bisnis pohon sengon, bisnis sengon 2016, peluang bisnis perkebunan, perkebunan sengon, prospek bisnis kayu
Usaha Modal Kecil Untung Besar, Usaha Perkebunan Sengon | Hari Murti | 4.5

Komentar :