Usaha Modal Kecil Untung Besar, Usaha Budidaya Burung Puyuh

Usaha Modal Kecil Untung Besar, Usaha Budidaya Burung Puyuh

Usaha Modal Kecil Untung Besar, Usaha Budidaya Burung Puyuh

Burung puyuh memang memiliki perawakan tubuh yang kecil, tetapi jangan salah, dari si mungil ini Anda bisa membuka usaha modal kecil untung besar. Pasalnya pasar dari produk peternakan  puyuh semakin berkembang dan semakin menunjukan progress yang positif.

Saat ini diperkirakan permintaan telur puyuhnya saja untuk wilayah Jawa berada di kisaran 25 jutaan perminggu. Padahal pelaku bisnis burung puyuh belum sepadat pada usaha budidaya ayam ras dan ayam buras. Saat ini pelaku peternakan hanya mampu memenuhi 15 % dari total permintaan yang masuk untuk produk telur puyuh saja, ini berdasar data dari salah satu majalah agrobisnis.

Bahkan ada beberapa peternak yang mengaku sampai menerima permintaan 3000 butir perhari. Dan di daerah tertentu dengan pola konsumsi telur puyuh tinggi seperti di Yogya, permintaan bisa mencapai 8000  permintaa perhari. Menilik dari sini saja Anda sudah bisa tergiur kan dengan pesona bisnis budidaya burung puyuh ini?

Perkembangan pasar ini nampak dalam beberapa tahun ini karena maraknya penggunaan produk telur puyuh dan daging burung puyuh dalam berbagai usaha kuliner. Kini telur puyuh dan daging burung puyuh menjadi hidangan tetap pengisi berbagai acara mulai dari prasmanan hotel hingga hidangan ala kucingan yang merakyat.

Belum selesai hanya dari sisi progress pasar yang sangat potensial, ternyata usaha budidaya burung puyuh ini juga terbilang usaha dengan model investasi yang fleksibel. Anda bisa memulainya dengan modal kecil-kecilan hingga usaha skala besar. Berbeda dengan usaha ayam pedaging atau ayam petelur yang sebaiknya Anda jalankan dalam skala besar.

Bahkan saking mudahnya, Anda bisa kok membuka usaha peternakan burung puyuh dengan ukuran kandang hanya 1M3 yang biasanya sanggup menampung sekitar 200 ekor burung puyuh. Dari usaha kecil ini Anda hanya perlu menyisihkan sebagian kecil halaman rumah Anda dan sekitar 1 -2 jam waktu Anda setiap harinya untuk mengurus peternakan mini Anda.

Meski demikian, usaha peternakan dengan hanya 200 ekor burung puyuh ini tetap bisa menjanjikan hasil yang menggiurkan. Karena saking tingginya permintaan banyak peternak dalam skala besar mengaku cukup kewalahan menghadapi permintaan, malah kadang terpaksa membeli telur puyuh dan daging burung puyuh dari peternak kecil. Karena tingginya permintaan, mendesak mereka untuk menyiapkan stok dengan cepat. Jadi biasanya mereka cenderung toleransi dengan harga tinggi.

Anda lihat kan kalaupun Anda memutuskan untuk menjalanan usaha kecil-kecilan, usaha budidaya burung puyuh ini tetap bisa menghasilkan keuntungan besar. Usaha ini memang termasuk kategori usaha modal kecil untung besar. Mau bukti? Coba saja intip perhitungan modal dan estimasi hasil dari usaha ini.

Modal awal    
Kandang dan listrik 200.000  
200 ekor burung puyuh 400.000 600.000
     
Modal kerja    
Pakan 300.000  
Listrik 35.000  
Pengemasan telur 20.000  
Pengiriman 30.000 385.000
     
Penjualan telur ( 180 btr x 30 hari x Rp 180 ) 972.000
     
keuntungan   567.000

 

Dari gambaran di atas, Anda bisa melihat bahwa dari usaha dengan modal hanya 1 jutaan saja, Anda sudah bisa menghasilkan keuntungan bulanan sebesar 567.000 Angka ini terbilang fantastis mengingat modal yang Anda keluarkan juga terbilang kecil.

Keuntungan Anda akan semakin fantastis ketika memasuki bulan ke 5 -6 Anda mulai bisa menjual daging burg puyuh. Biasanya seekor burung puyuh dikenakan harga kisaran Rp 10 ribuan. Dengan perkiraan kapasitas pemotongan hanya sekitar 5 -8 ekor sehari, maka dalam satu bulan Anda sudah bisa membuahkan hasil sekitar 1,5  juta lebih.

Disaat bersamaan setelah menginjak usia 5 bulan, Anda bisa menambah kapasitas produksi telur puyuh Anda karena burung muda yang Anda miliki sudah mulai produktif. Bisa jadi setelah memasuki  masa 6 bulan Anda bisa berproduksi sebanyak 200an butir. Angka keuntungan yang bisa Anda keruk dari usaha ini makin besar saja kan?

Kalau Anda tergiur dengan pesona usaha modal kecil untung besar ini, saran saya adalah mulailah dengan mempelajari dengan mendalam mengenai teknik pemeliharaan dan pembiakan burung puyuh dengan tepat. Karena meski dikatakan mudah, bukan lantas mustahil gagal kan? Jangan sampai kegagalan datang dari kesalahan Anda dalam memulai usaha dengan terburu-buru. -Tim Siap Bisnis-

Tag:

ternak burung puyuh, burung puyuh, budidaya burung puyuh, budidaya puyuh, usaha burung puyuh, cara ternak burung puyuh, Usaha telur puyuh, ternak puyuh, budidaya telur puyuh, bisnis telur puyuh
Usaha Modal Kecil Untung Besar, Usaha Budidaya Burung Puyuh | Hari Murti | 4.5

Komentar :