Usaha Kecil Sukses Dengan Kreasi Kain Flanel

Usaha Kecil Sukses Dengan Kreasi Kain Flanel

Usaha Kecil Sukses Dengan Kreasi Kain Flanel

Ide kreatif selalu menjadi modal terbaik dalam memulai sebuah usaha dengan modal kecil. Pasalnya dengan modal kreatifitas ini, sesuatu yang tampaknya remeh atau bahkan tak bernilai mampu berubah menjadi produk dengan nilai yang cukup tinggi.

Ide kreatif pula yang menjadi titik awal seorang pemilik usaha kecil sukses asal Solo, Rullie Megawaty. Ide kreatifnya untuk membuat bonek wisuda dengan bahan kain flannel yang murah meriah kini mengantarkannya menjadi jutawan.

Semua berawal dari upayanya untuk memberikan bingkisan wisuda untuk rekan sejawatnya masa kuliah dulu di Universitas Sebelas Maret Solo pada tahun 2009. Kala itu kebanyakan bingkisan yang tersedia di pasaran untuk wisuda hanya berupa rangkaian bunga yang tentu saja tidak awet dan lekas layu.

Itu sebabnya, Rullie mencoba berkreasi dengan membuat bingkisan boneka yang sengaja dibuat menyerupai rekannya tadi dengan mengenakan pakaian wisuda. Ternyata hasil karyanya yang cantik ini langsung mendapat sambutan positif dari rekan-rekan kuliahnya yang lain.

Pada periode wisuda berikutnya, Rullie sudah memulai usaha boneka wisudanya. Boneka buatannya sengaja dibuat custom sesuai dengan pesanan. Untuk membuat boneka Rullie membutuhkan foto untuk menjadi model miniatur wisudawan atau wisudawati sehingga boneka buatannya bisa mendekati orang yang akan diberi bingkisan.

Itu sebabnya pada saat awal usahanya di luar jadwal wisuda UNS, Rullie terus mencoba menjajal model dan gaya baru untuk menambah referensi.  Kebetulan pada saat itu Rullie hanya memasarkan produknya di kampus UNS saja.

Tetapi kini dengan membuka jalur pemasaran yang optimal, Rullie berhasil mengantarkan usahanya menjadi usaha kecil sukses. Rullie sendiri membuka jalur pemasaran online dengan membangun website resmi untuk usahanya juga membangun jalur pemasaran keagenan dan reseller di beberapa kota besar di kawasan Jawa.

Kini dalam satu bulan Rullie harus memproduksi sekitar 3000 unit boneka wisuda. Untuk memenuhi produksi ini Rullie merekruit 50 orang tenaga lepas yang terdiri dari pada ibu rumah tangga di kawasan Rullie tinggal di kota Solo.

Untuk memenuhi permintaan ini, Rullir juga membuka beberapa workshopnya di luar kotas seperti di bekasi, Purwokerto dan Semarang. Workhop ini memanfaatkan koleganya setempat untuk mengelola produksi lokal bersama para pekerja ibu rumah tangga setempat. Untuk menjaga standar kualitas, para ibu pekerja lepas ini terus menerus mendapat pelatihan dari pusat produksi Solo.

Pasalnya dalam perkembangan usaha kecil sukses ini, Rullie memproduksi 2 kategori produk boneka wisuda. Yang pertama produk regular dengan ukuran standar dan wadah kotak dari bahan mika. Sedang pada produk boneka eksklusif, boneka wisuda memiliki ukuran yang lebih besar dengan detail lebih baik. Menariknya untuk boneka eksklusif, boneka wisuda ditempatkan dalam wadah yang lebih mewah.

Bisa Anda bayangkan dari hanya bermodal kreatifitas dan beberapa lembar kain flannel yang murah meriah, kini seorang Rullie bisa mengantongi omset hingga di atas 200 juta tiap bulannya. Dengan penjualan 50 ribu untuk produk regular dan 500 ribu untuk produk eksklusif, ternyata keuntungan yang bisa dikantongi Rullie mencapai 70 %.

Nah…bila Anda tertarik dengan usaha kecil yang teryata bisa menghasilkan keuntungan luar biasa ini Anda bisa mencoba untuk membuka usaha ini dari skala kecil dulu. Untuk lebih jelasnya, berikut ini informasi mengenai skema keuangan untuk memulai usaha kecil sukses usaha produksi boneka wisuda ini dengan modal tidak sampai Rp 500 ribu.

Modal Awal

Peralatan Jahit DLL             Rp  75.000

TOTAL Modal Awal                                                         Rp  75.000

Biaya Operasional

Kain Flanel                          Rp 50.000
benang                              Rp   2.000
Aksesoris                           Rp   5.000
Lem                                   Rp   8.000
Plastik Mika                        Rp 10.000
Karton Tebal                      Rp 10.000            
Kertas lapisan                    Rp   5.000

Tenaga Kerja                      Rp300.000
Biaya Lain-lain                    Rp   5.000

TOTAL Biaya Operasional                                             Rp 395.000

Dari sejumlah bahan tersebut di atas dapat menghasilkan 20 buah boneka wisuda ukuran standar. Artinya,

Harga per buah boneka wisuda                             Rp 19.750

Harga jual                                                          Rp 50.000

Maka keuntungan per paket boneka                      Rp 30.250

Total Keuntungan                                            Rp 605.000

Dari gambaran di atas, Anda bisa lihat hanya dengan produksi terbatas Anda bisa mengeruk hasil yang cukup  memuaskan. Padahal menurut Rullie yang sudah menjalankan usaha ini selama 5 tahun, untuk setiap perhelatan wisuda di sebuah kampus saja, beliau bisa menerima pemesanan setidaknya 200 buah hingga lebih paket boneka wisuda reguler dan setidaknya 30 boneka eskklusif.

Apakah Anda berlokasi di kawasan dekat kampus yang belum tesentuh produk boneka wisuda ini? Kenapa Anda tidak mencoba untuk memasarkan produk serupa di kota Anda? Atau temukan ide unik yang kreatif lain untuk usaha anyar Anda. Anda bisa juga turut mencicipi usaha kecil sukses milik Anda sendiri dengan kegigihan dan kreatifitas Anda. -Tim Siap Bisnis-

Tag:

awal bisnis flanel, usaha flanel rumahan, usaha dari kain flanel, kreasi rumahan, kreasi usaha, usaha rumahan dari kain flanel, usaha kain flanel, bisnis flanel, usaha flanel, bisnis kain flanel
Usaha Kecil Sukses Dengan Kreasi Kain Flanel | Hari Murti | 4.5

Komentar :