Usaha Jual Beli Mobil Motor Bekas Murah, Anda Harus Baca Tips Ini Dulu

Usaha Jual Beli Mobil Motor Bekas Murah, Anda Harus  Baca Tips Ini Dulu

Usaha Jual Beli Mobil Motor Bekas Murah, Anda Harus Baca Tips Ini Dulu

Di Indonesia jual beli mobil motor bekas murah sangat di minati oleh kebanyakan orang namun berbeda dengan negara tetangga yang memasang tariff pajak relatif lebih tinggi untuk kendaraan bermotor dengan usia relatif tua, justru di Indonesia seakan dikondisikan untuk mengaktifkan pasar mobil dan motor bekas dengan pajak yang lebih terjangkau dan berbagai pengurusan peralihan yang juga tidak kalah mudah. Inilah yang membuat usaha jual beli mobil motor bekas murah menjadi salah satu bisnis yang cukup basah untuk Anda jalankan.

Di Indonesia sendiri usaha dalam kawasan ini sudah marak bahkan sejak puluhan tahun lampau. Mulai dari skala kecil-kecilan yang dijalankan secara non professional oleh perorangan alias biasa pula Anda kenal dengan istilah makelar mobil dan motor sampai yang dikelola professional dengan kantor pelayanan yang secara khusus dibuka untuk penjualan motor dan mobil bekas.

Boleh dikatakan bisnis jual beli mobil motor bekas murah termasuk bisnis yang potensial bila Anda jalankan dengan tepat. Karena prospek keuntungannya bisa mencapai angka setidaknya 30 % dari harga awal, bahkan lebih. Dengan data penambahan kepemilikan kendaraan bermotor yang terus meningkat setiap tahunnya hingga setidaknya di atas 10 juta unit pertahun, maka Anda bisa hitung berapa besar potensi dari bisnis ini sekedar dalam gambaran kasar saja.

Hanya saja untuk menjalankan bisnis jual beli mobil motor bekas murah ini sebenarnya bukan perkara yang mudah. Di sini Anda harus bersaing dengan pasar kredit kendaraan bermotor baru yang juga semakin lihai dalam mematok harga dan penawaran kredit hingga semakin menggiurkan pasar menengah yang selama ini menjadi incaran pasar kendaraan bermotor.

Untuk itu Anda memerlukan langkah yang cermat untuk bisa sukses dalam bisnis jual beli mobil motor bekas murah, sebelum Anda betul-betul terjun dalam bisnis yang sebenarnya juga memiliki banyak lubang jebakan ini. Salah langkah yang Anda lakukan bukan mustahil akan menceburkan Anda dalam kerugian yang cukup besar, bahkan tidak sedikit yang akhirnya hanya gulung tikar bahkan di tahun awal usaha mereka.

Pasalnya selain masalah persaingan pasar, dunia otomotif bekas jelas berbeda dengan produk baru yang 100% original dengan kualitas prima, karena di sini motor atau mobil yang dijual belikan adalah barang bekas pakai. Sudah mengalami keausan dengan prosentasinya masing-masing, kadang bukan rahasia lagi malah sudah di modifikasi, bongkar pasang atau malah pernah mengalami kecelakaan yang menyisakan cacat permanen pada kendaraan. Faktor-faktor ini adalah sesuatu yang juga perlu mendapat perhatian.

Lalu seperti apakah cara dan tips jitu dalam menjalankan bisnis jual beli mobil motor bekas murah? Beberapa saran berikut ini mungkin bisa menjadi referensi Anda.

  1. Survei data harga
    Anda harus mengantongi harga pasaran dari segala merek motor dan mobil bekas dari berbagai tahun dengan segala spesifikasi kondisi. Ini membantu Anda dalam menentukan harga beli motor mobil untuk Anda jual kembali. Tentunya Anda harus pastikan harga pembelian berada di bawah harga jual dengan porsi yang reliable.
  2. Survei pasar
    Sebelum Anda benar-benar membuka usaha jual beli mobil motor bekas murah langkah lain yang harus pula Anda siapkan adalah survey pasar. Anda harus memiliki data lengkap perihal target pasar dari produk motor dan mobil yang akan Anda jual. Serta dari mana Anda bisa mendapatkan motor dan mobil bekas di kawasan Anda.Dengan mengetahui dengan pasti sumber produk Anda dan pasar tujuan Anda, Anda bisa menentukan pendekatan terbaik untuk untuk mencapai pasar ini.
  3. langkah strategi promosi
    Terkait dengan langkah promosi, Anda perlu spesifik dengan karakter pasar dan kota tempat Anda menjalankan usaha. Misalkan bila Anda bertempat di kota besar, Anda bisa memasang iklan Koran, namun cara ini belum tentu sama efektifnya bila Anda berada di kota kecil yang jarang tercakup dalam media Koran. Mungkin penyebaran brosur bisa lebih efektif dengan memilih spot potensial seperti di pasar, pertokoan, pabrik dengan buruh yang banyak atau kawasan sekolah.
  4. Perhatikan kondisi fisik motor atau mobil
    Kini tiba pada bagian pembelian dan pemilihan produk ototmotif bekas. Anda perlu memahami betul soal permesinan otomotif, mulai dari karakter suara mesin, kualitas perangkat onderdil, kelistrikan, pembakaran yang masih mulus, termasuk adanya cacat fisik pada mesin karena pengubahan dan modifikasi. Kondisi fisik juga berkaitan dengan chasis dan onderdil yang digunakan. Kadang motor atau mobil sudah di modifikasi dengan menggunakan body imitasi, dengan mengubah bentuk seperti ceper, dashboard, interior, stir, stang, lampu hingga knalpot. Anda juga perlu memperhatikan detail kemulusan chasis, karena kadang di sela-sela Anda bisa saja menemukan sesuatu yang patah, longgar atau lepas yang tentu bisa menurunkan harga. Jangan lalai dalam pemeriksaan atau Anda hanya akan terjebak dengan barang jelek yang sulit Anda jual.
  5. Perhitungan biaya bengkel
    ketika Anda memutuskan untuk membeli motor bekas atau mobil bekas untuk kemudian Anda jual kembali, selalu perhitungkan biaya-biaya yang perlu Anda keluarkan untuk memperbaiki kerusakan dari kendaraan. Anda harus menghitung skala keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari biaya pembelian hingga perbaikan. Lakukan ini di awal sebelum Anda memutuskan membeli, supaya lagi-lagi Anda tidak terjebak oleh biaya yang terlalu mahal. Untuk itu sebaiknya Anda memiliki data biaya perbengkelan untuk membuat sekedar perhitungan cepat.
  6. Manfaatkan tenaga pakar
    Untuk memastikan kualitas kendaraan bermotor yang Anda jual belikan, tidak ada salahnya melibatkan tenaga ahli otomotif untuk memeriksa langsung kondisi kendaraan. Ini membantu Anda yang tergolong bukan pakar otomotif. Tenaga ini juga nantinya turut berperan ketika Anda berhitung biaya reparasi kendaraan untuk mengembalikan kondisi kendaraan menjadi laya jual. Meski memakan biaya lebih tetapi cara ini lebih efektif daripada harus merugi karena salah memutuskan.
  7. Kelengkapan dokumen
    Urusan satu ini juga tidak boleh Anda abaikan. Soalnya kesalahan Anda pada urusan satu ini bisa jadi berakibat fatal bagi usaha jual beli mobil motor bekas murah Anda. Anda bisa saja dituduhkan sebagai penampung kendaraan curian. Selalu cek kesesuain nomor pada dokumen dengan nomor rangka, jangan pernah mengabaikan soal keaslian dokumen karena masalah ini sangat riskan. Upayakan memiliki data lengkap jadwal servis untuk menyempurnakan dokumen.
  8. Membaca momentum
    Dalam menjual motor bekas Anda perlu tau bahwa ada momen khusus yang kadang menciptakan pola pembelian lebih aktif dari masa lainnya. Misalkan ketika sedang musim kenaikan kelas atau kelulusan. Banyak mahasiswa baru yang mencari kendaraan bermotor bekas untuk kebutuhan transportasinya. Kendaraan bermotor bekas juga sering dicari ketika sedang musim panen raya khusus untuk Anda yang membuka usaha di kota kecil dengan konsep agraris. Anda juga perlu memperhatikan pola gajian karyawan karena pada kota besar faktor ini cukup relevan dengan pola membeli.

Artikel lainya: Tips jual beli hp android murah

Itulah beberapa tips dalam menjalankan bisnis jual beli mobil motor bekas murah. Kriteria murah memang selalu melekat pada produk otomotif bekas, tetapi jangan terpacu menekan harga hingga Anda kehilangan kemampuan menilai dengan objektif terhadap kualitas dan pasar. Itulah aspek penting dari bisnis semacam ini. -Tim Siap Bisnis-

Tag:

bisnis mobil bekas, tips jual beli motor bekas, cara bisnis motor bekas, bisnis jual beli mobil, cara menjadi makelar motor, tips jual beli motor, bisnis motor, bisnis motor tua, bisnis makelar mobil, belajar jual beli mobil
Usaha Jual Beli Mobil Motor Bekas Murah, Anda Harus Baca Tips Ini Dulu | Hari Murti | 4.5

Komentar :