Usaha Jual Ayam Cemani | Peluang Usaha Agrobisnis Yang Sangat Potensial

Usaha Jual Ayam Cemani|Peluang Usaha Agrobisnis Yang Sangat Potensial

Usaha Jual Ayam Cemani|Peluang Usaha Agrobisnis Yang Sangat Potensial

Beberapa orang mungkin sedikit asing dengan jenis ayam cemani. Untuk itu sebelum kita membahas lebih jauh soal bagaimana cara menjalankan usaha jual ayam cemani yang memiliki prospek tinggi ini, Anda perlu berkenalan dengan ayam unik asli kawasan Jawa ini.

Ayam cemani sebenarnya adalah jenis khusus dari ayam kedu sejenis ayam kampung dengan tubuh gemuk yang sering dijadikan pilihan ayam kampung potong di kawasan Jawa. Yang membuat ayam cemani berbeda dan istimewa adalah pigmen hitam yang memenuhi seluruh tubuhnya mulai dari bulu hingga seluruh permukaan kulitnya, jengger dan kuku. Bahkan untuk jenis cemani super Anda tetap bisa menemukan semburat hitam yang merata pada seluruh lapisan daging hingga tulangnya.

Keistimewaan ini membuat seekor ayam cemani bisa terjual dengan harga fantastis hingga belasan juta rupiah. Cukup tinggi untuk sekedar sebagai ayam konsumsi alias sebagai ayam potong. Harga mahal ini berawal dari kepercayaan masyarakat Jawa yang meyakini ayam cemani sebagai sejenis tolak bala dan memotong ayam cemani akan sangat ampuh menolak bala. Itu sebabnya ayam cemani sering hadir pada upacara ruwah atau syukuran khas masyarakat Jawa.

Bahkan menurut salah satu majalah dari Amerika Serikat, Phoenix New Times, dilansir sebuah berita mengenai penjualan ayam potong termahal di dunia dengan nilai transaksi mencapai US $ 2,500 atau sama dengan kisaran 25, 8 juta. Ayam ini diakui berasal dari JAVA dan untuk pembiakannya di Amerika sendiri masih terbilang anyar. Saat ini permintaan ayam cemani di pasar Amerika masih terbatas pada kalangan perhotelan dengan hidangan super mahalnya.

Selain untuk ayam potong, keunikan bulu dan warna hitam yang menghiasi seluruh permukaan kulit ayam ini, membuat ayam ini juga kerap menjadi pilihan ayam hias. Biasanya bentuk tubuh ayam cemani jantan lebih besar dan tampak gagah dengan suara kokokan yang terdengar besar. Beberapa orang menganggap memelihara ayam cemani juga baik sebagai tolak bala.

Lalu bagaimana cara tepat dalam menjalankan usaha jual ayam cemani?

  1. Sebaiknya pastikan Anda mendapat suplai ayam cemani dengan beberapa kualitas
    Untuk usaha jual ayam cemani sendiri. Ayam cemani sendiri terdiri dari beberapa kelas, mulai dari kelas standar hingga jenis yang super. Untuk jenis biasa ini mudah Anda kenali dari bola matanya yang normal dan kuku kakinya yang normal. Karena pada jenis ini daging dan tulangnya tetap normal, jenis ini lebih murah namun juga lebih terjangkau. Sedang jenis super dengan pigmen hitam yang menyeluruh bisa dihargai mencapai jutaan bahkan belasan juta. Pembelinya sangat jarang namun biasanya mereka yang mencari ayam cemani siap membeli dengan harga tinggi.
  2. Siapkan kandang suplai di lokasi sejuk dan jauhkan dari sinar matahari berlebihan
    Meski berpigmen hitam, justru ayam cemai lebih suka hidup di lingkungan yang sejuk dan rindang. Mereka kurang suka terlalu lama berjemur, meski sedikit penjemuran di bawah sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan mereka. Pastikan kandang memiliki lubang-lubang cukup besar untuk suplai udara. Ayam cemani juga tidak tahan hidup dalam kadang kotor, karena mereka sangat mudah sakit.
  3. Pakan Ayam Cemani
    Ayam Cemani sebenarnya membutuhkan asupan makanan biasa. Namun untuk memenuhi kebutuhan pembesaran tubuhnya sebagai ayam potong, sebaiknya suplai mereka dengan asupan kaya protrein dan karbohidrat non gluten, seperti serangga, cacing, kroto, dedak, jagung dan gabah. Tambahkan asupan vitamin yang rutin untuk membantu menjaga tubuhnya lebih optimal.
  4. Sediakan ruang umbar
    Tidak seperti ayam ras yang betah hidup sepenuhnya dalam kandang, biasanya ayam jenis kampung cenderung lebih suka mendapat kesempatan untuk berkeliaran di ruang bebas. Untuk itu berikan ruang umbar bagi ayam cemani ini. Namun karena ayam jenis ini sangat mahal, sebaiknya berikan ruang umbar dengan pagar tertutup demi menjaga keamanannya. Karena tingkat pencurian ayam cemani sendiri cukup tinggi.
  5. Penawaran
    Permintaan dari ayam cemani sangat terbatas karena harga mahalnya. Sebaiknya Anda lakukan penjualan via online untuk meluaskan cakupan pasar dalam usaha jual ayam cemani Anda demi mendapatkan penjualan yang lebih tinggi. Terlebih kalau Anda ingin membuka usaha ini dalam skala usaha yang cukup besar. Penawaran secara offline kadang membuat penjualan ayam cemani menjadi musiman.

Artikel lainya : Peternakan ayam bekisar super

Itu tadi beberapa cara dalam menjalankan usaha jual ayam cemani yang sangat potensial ini. Bahkan seorang pengusaha Amerika saja sudah mereguk suksesnya dari Javanesse black chicken satu ini, kenapa Anda tidak? -Tim Siap Bisnis-

Tag:

bisnis ayam cemani, usaha ayam cemani, cara jual ayam cemani, cara menjual ayam cemani, pemasaran ayam cemani, omset ayam cemani, pembeli ayam cemani, Usaha ternak Ayam cemani, cara budi daya ayam cemani, jual ayam cemani
Usaha Jual Ayam Cemani | Peluang Usaha Agrobisnis Yang Sangat Potensial | Hari Murti | 4.5

Komentar :