Usaha Dengan Modal Kecil Untung Besar, Bisnis Karet Bekas 30 Juta Perbulan

Usaha Dengan Modal Kecil Untung Besar, Bisnis Karet Bekas 30 Juta Perbulan

Usaha Dengan Modal Kecil Untung Besar, Bisnis Karet Bekas 30 Juta Perbulan

Kayaknya memang tidak ada habisnya kalau sudah bahas bisnis yang terkait dengan sampah, ada saja peluang baru yang bisa kami temukan dan bagikan dengan Anda seputar sampah. Rupanya ketika banyak orang melihat sampah sebagai barang tak bernilai, masih banyak gelintiran orang yang melihatnya sebagai sebuah komoditas dan bisa menjadi potensi peluang usaha dengan modal kecil untung besar.

Untuk kali ini, kami akan membahas potensi dar sampah karet. Memang tidak sebarangan karet, tetapi karet dengan kualitas baik macam karet ban. Rupanya sampah ban bekas ini, bisa menjadi sumber pundi uang bagi yang memahaminya. Malah dari sini Anda bisa menembus pasar ekspor.

Bisnis ini bekerja bukan sekedar mengumpulkan sampah ban bekas dan menumpuknya, tetapi mengolahnya dengan mesin penghancur karet macam refinell mil yang fungsinya mengubah karet kualitas tinggi menjadi serbuk karet. Itu sebabnya diperlukan limbah karet dari jenis berkualitas tinggi karena dengan begitu akan menghasilkan serbuk karet kualitas tinggi.

Serbuk karet dari bahan karet bekas biasanya masuk dalam kategori serbuk karet kualitas 2. Pasalnya memang karena faktor kemurniannya yang menurun, maka kualitas dan daya mulurnya juga sudah tidak sebaik serbuk karet original.

Hanya saja dengan harga serbuk karet orginal yang berfukltuasi mengikuti gerakan harga pasar komoditi Internasional, banyak pengusaha merasa direpotkan. Harga serbuk karet orginal bisa bergerak dari harga 7 ribu seklo sampai bahkan lebih dari 40 ribu sekilo. Luar biasa kan?

Fluktuasi harga ini merepotkan bagi pelaku usaha kelas menengah, karena struktur modal mereka tidak cukup kuat menahan fluktuasi harga. Dan dari sini muncul peluang usaha dengan modal kecil untung besar yang cukup potensial untuk Anda tekuni.

Meski memiliki kualitas tingkat 2, namun dari sisi harga serbuk karet bekas ini cenderung stabil, lebih rendah dan tidak sepenuhnya terpengaruh harga fluktuasi perdagangan komoditi dunia. Saat ini harga pasarannya sekitar 3 – 5 ribu perkilonya.

Bagi industry karet suplai serbuk karet bekas sangat membantu mereka, terutama untuk industry yang tidak butuh kualitas terbaik. Nyatanya tidak semua industry membutuhkan karet dengan kualitas tinggi. Sebut saja industry bola,karpet, sepatu, sarung tangan dan pembuatan lapangan futsal.semua itu bisa mentoleransi ketidak sempurnaan dari serbuk karet bekas.

Banyaknya permintaan akan serbuk ban bekas di industry pengolahan karet balakangan ini menjadikan potensi usaha dalam bidang ini juga terus meningkat. Bahkan seorang pelaku usaha asal Simalungun Sumatera Utara Reinhard Aswen mengaku bisa menghasilkan keuntungan bersih tak kurang dari 30 juta tiap bulan.

Reinhard mengaku hanya mengeluarkan modal sekitar 80 juta saja untuk membeli mesin, bahan baku membangun bedeng dan menyewa tanah di kawasan pinggiran selama 5 tahun. Tetapi kini dari usahanya ini Reinhard sempat mengirim serbuk karet bekas ini ke berbagai negara seperti Cina Eropa dan Jepang.

Menarik bukan bisnis ini? Untuk lebh jelasnya berikut ini beberapa tips yang sempat Reinhard sampaikan dalam memulai usaha serbuk ban bekas.

  1. Pilihlah lokasi terbuka luas sebagai ruang tampung dan ruang pengolahan. Mesin dari penyerbukan ban bekas terbilang berukuran sedang jadi kapasitas ruang tidak boleh terlalu kecil dan sebaiknya hindari dari kawasan pemukiman mengingat mesin relatif bersuara.
  2. Pilihlah mesin dari pasar lokal yang lebih murah, hanya pada kisaran 20an juta, ketimbang mengimpor yang mahal. Produk lokal memang kapasitasnya lebih rendah, tetapi di sisi lain harganya yang terjangkau terlihat lebih masuk akal bukan ketimbang langsung beli 90 juta.
  3. Pastikan Anda memiliki suplai bahan baku dengan baik, bila perlu ikat kerjasama dengan beberapa bengkel ban dan para pelaku usaha bis dan truk. Tampung sampah ban bekas ini sebagai bahan baku produk Anda.pastikan pula jumlah sesuai dengan target produksi.
  4. Temukan pula pasar mana yang akan menjadi target Anda, misalkan dengan menjalin kerjasam dengan sebuah pabrik sepatu terdekat di kota Anda untuk menjadi supplier bag ipabrik bersangkutan.

Sudah puas melihat bagaimana potensi karet bekas bisa menjadi sebuah usaha dengan modal kecil untung besar. Tidak mutlak kecil memang, tetapi termasuk bisnis yang mampu menghasilkan dengan cepat dan balik modal dengan kecepatan tinggi pula.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

mencari pengepul di semua pilihan, bisnis ban bekas, mencari ban bekas di semua pilihan, usaha ban bekas, bisnis karet, harga serbuk ban bekas, harga limbah karet ban bekas, limbah ban bekas, karet ban, harga mesin penghancur ban bekas
Usaha Dengan Modal Kecil Untung Besar, Bisnis Karet Bekas 30 Juta Perbulan | Hari Murti | 4.5

Komentar :