Mau Membidik Peluang Usaha Baru ? Inilah Syarat Yang Harus Anda Miliki

Mau Membidik Peluang Usaha Baru ? Inilah Syarat Yang Harus Anda Miliki

Mau Membidik Peluang Usaha Baru ? Inilah Syarat Yang Harus Anda Miliki

Jiwa wirausaha yang tumbuh dalam diri seseorang akan selalu mendorong seseorang untuk ingin selalu mencoba peluang usaha terbaru yang memiliki prospek menjanjikan, jiwa kewirausahaan tersebut akan selalu tumbuh karena di pengaruhi oleh kemauan yang di dukung oleh pengetahuan yang dimiliki seorang pengusaha.

Seorang pengusaha adalah seseorang yang memiliki jiwa untuk berkreasi dan berkemampuan berinovasi serta mampu untuk menciptakan gagasan dan ide nya menjadi sesuatu yang bermanfat untuk bisnis dan pelangganya, kemampuan itu biasanya akan terlihat disaat seorang wirausaha telah terjun dalam usaha nyata, segala kemampuan tersebut akan sangat bermanfaat untuk :

  1. Menghasilkan produk atau jasa yang berkualitas
  2. Menghasilkan nilai tambah untuk produk yang di hasilkan
  3. Merintis dan membuka usaha baru
  4. Melakukan berbagai inovasi baru
  5. Mengembangan sistem manajemen yang lebih efektif

Seorang pengusaha juga di tuntut untuk mahir dalam membuat sebuah perencanaan bisnisnya, jenis perencanaan yang harus bisa di lakukan adalah:

  1. Merancang sistem manajemen perusahaan
  2. Mengatur segala strategi perusahaan untuk berkembang
  3. Membuat ide-ide cemerlang jangka panjang
  4. Merancang visi dan misi perusahaan

Sedangkan sebagai bagian pelaksana dari manajeman, seorang pengusaha harus:

  1. Selalu bisa untuk menemukan ide dan inovasi terbaru
  2. Menemukan segala resiko dan peluang pemasukan untuk perusahaan
  3. Mengembangkan ide dan produk, dan sistem manajemen yang lebih baik

Selain itu ada 6 poin penting yang sebaiknya juga di miliki oleh seorang pengusaha, sebagai syarat untuk membidik peluang usaha terbaru, di antaranya adalah:

  1. Self knowledge : seorang pengusaha harus benar-benar mengetahui seluk beluk bisnis yang sedang dia tekuni dan jalankan.
  2. Imagination : seorang pengusaha yang memiliki imaginasi yang positif untuk bisnisnya, agar selalu selangkah lebih maju dari para kompetitornya, kemampuan berimajinasi untuk menemukan ide dan perspektif yang lain merupakan hal yang sangat penting.
  3. Partical knowledge : selain ahli dalam manajerial, seorang wirausaha sebaiknya memiliki keahliah dan pengetahuan khusus, misalnya pengetahuan teknik, desain, pemasaran atau yang lainya.
  4. Search skill : seorang wirausaha juga di tuntut untuk selalu memiliki keahlian yang baru untuk lebih bisa berkreasi.
  5. Foresight : Memiliki visi ke depan yang baik
  6. Computation : Memiliki kemampuan bernegosiasi dan berkomunikasi dengan baik, bisa menjaga hubungan dengan para kolega dan ramah dengan para pelanggan.

Menurut Dan & Bramstreet Business Credit Service, dia melengkapi kompetensi yang harus di miliki seorang pengusaha, sebagai bekal untuk menjalankan peluang usaha baru, ke 10 poin penting kompetensi tersebut di antaranya adalah :

  1. Knowing your business : seorang pengusaha harus mengerti betul peluang usaha yang sedang dia jalankan, seseorang yang membuka bisnis garment harus mengetahui betul seluk beluk dunia garment, seseorang yang sedang menggeluti bisnis perhotelan tentunya harus mengetahui benar bisnis tersebut.
  2. Knowing the basic business managemant : pengetahuan tentang mengelola dan mengetahui dasar-dasar manajeman usaha sangat di perlukan bagi seorang pengusaha, seperti merancang strategi penjualan, mengendalikan sistem yang ada di perusahaan, administrasi, pelaporan keuangan, mengetahui ilmu dasar manajemen, juga mengetahui segala alur dan proses sebuah pelaporan dan pengelolaan semua sumber daya yang ada di perusahaan.
  3. Having the proper attitude : memiliki sikap dan tanggung jawab yang baik terhadap sesuatu yang di lakukanya merupakan merupakan suatu hal yang wajib di miliki oleh pelaku usaha, dia harus bersikap sebagai seorang professional dalam berbagai bidang usaha secara total dan tidak setengah-setengah.
  4. Having adequate capital : memiliki modal sebagai seorang pengusaha, baik modal yang berwujud material maupun modal non material, seperti rasa percaya diri yang baik, mental dan spiritual yang baik, keteguhan dan rasa optimis yang tinggi serta memiliki keuletan dan jiwa disiplin yang tinggi, hal semacam ini adalah modal dasar sebagai seorang pengusaha, selain modal material.
  5. Managing finances effectively : memiliki sistem manajemen keuangan yang baik, mengelola sumber dana, mengatur arus kas, mengatur pemasukan dan pengeluaran secara efektif dan efisien.
  6. Managing time efficiently : dapat mengatur waktu dengan baik, sehingga akan tercapai sesuatu yang efektif dan efisien.
  7. Managing people : mampu mengelola sumber daya manusia yang ada, mampu mengatur, mengendalikan dan merencanakan sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan.
  8. Satisfying customer by profiding high quality product : selalu memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan, serta memberikan produk-produk barang dan jasa dengan kualitas yang sangat baik dan bermanfaat.
  9. Knowing how compete : mengetahui cara memenangkan persaingan, mengetahui keunggulan, kelemahan, kesempatan yang di miliki oleh perusahaan dan kompetitor, sehingga akan mampu merumuskan strategi yang baik untuk memenangkan sebuah persaingan.
  10. Copying with regulation and paperwork : membuat aturan manajemen kerja yang baik, membuat standar operasional prosedur sistem kerja di perusahaan secara tertulis dan terdokumentasi.

Artikel terkait: Untuk Menjadi seorang wirausaha, anda harus memiliki jurus ini

Membidik sebuah peluang usaha memang membutuhkan banyak persiapan yang matang, dan beberapa poin di atas sebaiknya di miliki dan di jalankan dengan baik oleh para pelaku usaha. Dari uraian di atas setidaknya sudah di jelaskan secara rinci poin-poin yang perlu di perhatikan seorang pelaku usaha, kami berharap jika para pelaku usaha melaksanakan hal tersebut maka target dan cita-cita yang di inginkan oleh para pelaku usaha akan tercapai secara baik dan memuaskan. Semoga uraian di atas akan selalu bermanfaat untuk para pelaku usaha di Indonesia. –Tim Siap Bisnis-

Tag:

Syarat Peluang Usaha, peluang usaha baru, persyaratan produk dalam peluang usaha, syarat syarat peluang usaha, persyaratan dasar memiliki jiwa usaha, tulis syarat peluang usaha yang baik, membidik usaha yang baik, mau dan siap udaha atau bis nis, keunggulan dan kompetensi yang dimiliki seseorang dalam membuka usaha, cara membidik usaha
Mau Membidik Peluang Usaha Baru ? Inilah Syarat Yang Harus Anda Miliki | Hari Murti | 4.5

Komentar :