Tips Usaha Sampingan Ternak Burung Jalak Suren

Tips Usaha Sampingan Ternak Burung Jalak Suren

Tips Usaha Sampingan Ternak Burung Jalak Suren

Satu lagi legenda jawara dari arena burung kicauan di Indonesia,yang bisa di jadikan usaha sampingan ternak burung jalak suren. Jenis satu ini tak kalah mantapnya dalam mengukir prestasi jawara dalam beragam kompetisi layaknya burung murai batu atau burung cucok ijo.

Itu sebabnya banyak pula pelaku usaha agro yang tertarik untuk terjun pada industry usaha sampingan ternak burung jalak suren. Burung satu ini juga bisa menjanjikan potensi yang tidak kalah menggiurkan, bahkan bisa mencapai angka jutaan hingga puluhan juta perekor dari jenis burung jalak suren jawara. Jadi menjalanan usaha sampingan dengan beternak burung jalak suren bisa jadi akan menjadi jalur sukses Anda secara financial.

Apalagi secara umum burung satu ini termasuk sangat mudah adaptasi. Juga termasuk jenis yang tidak terlalu rewel, sehingga mudah dipelihara. Permintaan di pasaran juga tergolong tinggi karena namanya jalak sebagai burung kicauan juga sudah cukup populer, bahkan di kalangan awam yang tidak aktif di arena kompetisi.

Ada beberapa tips dalam meningkatkan potensi dari usaha sampingan ternak buruk jalak suren ini, dan berikut ini adalah beberapa diantaranya.

  1. Menyiapkan kandang yang tepat
    Kandang yang nyaman bagi burung adalah kunci utama pertama dari usaha sampingan ternak burung jalak suren. Karena disinilah burung burung ini akan tinggal. Anda bisa sesuaikan ukuran kandang dengan ukuran lahan. Kisaran ukuran kandang perekor burung sekitar 1m3, lebih besar tentu saja lebih baik. Gunakan kawat ram untuk menutupi sisi depan dan ½ dari atap, gunakan bata disusun di sisi belakang dan sket antar kandang, gunakan asbes sebagai ½ atap yang lain dan cukup gunakan tanah tanpa plester untuk dasar kandang. Sediakan tangkringan bisa berupa pohon kayu pendek atau cukup balok kayu lebar serta sediakan kolam dengan ukuran sekitar 1/10 dari dasar kandang untuk suplai minum dan tempat mandi. Terkahir sediakan sarang dengan papan kayu dengan posisi di sisi atas kandang.
  2. Memiih Indukan dan perjodohan
    Pililhan indukan dari jenis trah jawara, karena dengan ini mereka akan menurunkan bakat pada anakannya, pilih indukan dengan usia matang 1 -2 tahun, dengan karakter jinak namun cukup agresif dan aktif. Berhati-hati dengan kualitas indukan, pastikan kedua indukan sehat dan benar-benar fit secara bersamaan. Untuk membuat merek berjodoh Anda perlu mendekatkan kandang mereka hingga muncul reaksi birahi di antara keduanya,seperti sikap super aktif pada pejantan dan tanda merah pada kloaka pada betina. Satukan mereka selama satu jam dan segera pisahkan.
  3. Pakan
    Kunci utama lain dalam usaha sampingan ternak burung jalak suren adalah kualitas pakan yang baik. Ketika Anda memastikan kualitas pakan dengan keseimbangan antara sayuran, sumber protein dan mineral sesuai dengan kebutuhan fase hidup burung, maka burung Anda sudah terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Pada umumnya pakan yang disarankan adalah beberapa jenis buah, kroto, serangga, ulat dan cacing.
  4. Pemeliharaan anakan
    Anak dengan usia 1 bulan bisa Anda pisahkan dari indukan. Anda pelihara dalam kandang dan sarang terpisah dengan penghangat. Anda bisa memberikan makan dengan cara diloloh menggunakan voer yang halus yang dimasukan dalam spet. Lakukan hingga burung bisa makan sendiri dan mulai bisa memakan jangkrik, sumber protein awal untuk mulai mengasah kemampuan kicaunya.
  5. Pelatihan kicauan
    Anda bisa melatih burung jalak suren untuk berkicau baik dengan cara memancingnya menggunakan master gacor. Suara merdu yang nyaring dari master akan memancing mereka untuk turut bersuara dan mulai berkicau. Biarkan burung jarak suren matang untuk sering mendapatkan udara segar di pagi hari dan sore hari serta suplai sinar matahari pagi karena ini juga membantunya mengatasi rasa stress yang bisa membuatnya enggan berkicau. Libatkan dalam kompetisi dimuali dari skala kecil untuk mengasah mental jawaranya. Jangan mulai dari kompetisi skala berat karena kadang burung bisa merasa trauma ketika kalah.

Artikel lainya: Usaha ternak kacer juara

Itulah beberapa tips sederhana dalam menjalankan usaha sampingan ternak burung jalak suren. Dengan ketekunan Anda bisa menuai hasil besar dari bisnis satu ini, dengan hasil bahkan berkali lipat dari modal awalnya. Menarik bukan? -Tim Siap Bisnis-

Tag:

ternak jalak suren, cara ternak jalak suren, cara ternak jalak suren pemula, ternak burung, cara ternak burung jalak suren, ternak jalak, ternak burung jalak suren, bisnis jalak suren, ternak jalak suren lengkap, ternak burung jalak
Tips Usaha Sampingan Ternak Burung Jalak Suren | Hari Murti | 4.5

Komentar :