Tips Usaha Kucing Anggora Murah, Anda Harus Pelajari Dan Terapkan

Tips Usaha Kucing Anggora Murah, Anda harus Pelajari Dan Terapkan

Tips Usaha Kucing Anggora Murah, Anda harus Pelajari Dan Terapkan

Kucing Anggora– Ada bisnis menarik bagi Anda yang merupakan penghobi binatang peliharaan. Yakni usaha budidaya kucing atau cattery. Ada banyak jenis kucing yang bisa Anda budidayakan, namun kali ini kami akan mengangkat usaha kucing anggora murah.

Kucing anggora pasti tidak lagi asing bagi mereka penggemar binatang peliharaan, dan tentu saja penggemar binatang peliharaan juga sudah mahfum soal harga kucing jenis ini yang bisa mencapai belasan juta seekor.

Namun bukan mustahil Anda bisa menjual dengan harga yang lebih terjangkau.

Kucing anggora adalah salah satu jenis kucing impor yang paling banyak digemari oleh mereka penggemar hewan peliharaan.

Hanya saja karena harga pasarannya cenderung tinggi, tidak banyak pengemar kucing yang sanggup memilikinya. Mereka tentu saja akan sangat tertarik ketika akhirnya bisa menemukan kucing anggora murah yang bisa mereka beli dengan harga terjangkau. Misalkan ketika Anda bisa menjual anakan kucing anggora murah dengan harga tak lebih dari 500 ribu.

Pertanyaannya bagaimana mendapatkan kucing anggora murah ini? Mungkinkah Anda bisa menjalankan budidaya dan penjualan kucing anggora dengan harga yang lebih terjangkau di pasaran? Bukankah hal tersebut tampak mustahil mengingat sejauh ini harga pasaran kucing anggora memang terbilang tinggi ?

Sebenarnya ada kiat khusus untuk bisa menghasilkan kucing anggora murah namun tetap memberikan keuntungan besar untuk Anda. Bukan kiat yang tidak realistis tetapi justru kiat dan tips yang sangat mudah Anda jalankan, bahkan dengan hanya memanfaatkan asset yang Anda miliki, rumah Anda sendiri.

Berikut beberapa tips sederhana yang mudah Anda jalankan untuk bisa memulai usaha kucing anggora dan menghasilkan kucing anggora murah yang bisa lebih terjangkau di pasaran kalangan penggemar kucing peliharaan kelas menengah.

1. Pilih indukan non kualifikasi kontes
Pilihlah indukan yang bukan hasil atau memiliki kualifikasi kontes. Di satu sisi memang indukan kucing dengan kualitas kontes memiliki kondisi dan karakter yang sangat unggul. Namun sebenarnya kemampuan dan karakter kucing bisa Anda latih, sedang soal kondisi dan kualitas fisiknya, Anda memang harus sedikit mengalah demi bisa menghasilkan kucing anggora dengan harga yang lebih terjangkau di pasaran.

Pilihlah indukan dari kelompok hewan pet atau peliharaan rumahan yang lebih murah dan cukup pastikan kondisi kucing 100% sehat. Justru kesehatan kucing indukanlah yang paling berpera mensukseskan hasil anakan yang Anda produksi.

2. Angkat kucing anakan untuk menjadi indukan
Anda bisa memadukan dua ekor kucing anggora dari dua kelas berbeda untuk menghasilkan kucing berkualitas namun dengan harga murah. Misalkan memadukan kucing anggora pet biasa dengan kucing anggora dengan kualitas semi kualifikasi kontes.

Untuk jenis kedua ini, Anda bisa mencari kucing anakan dari keturunan kualifikasi kontes dan Anda pelihara hingga cukup matang sebagai indukan. Bisa dipastikan Anda sudah mendapatkan kualitas yang cukup baik untuk menghasilkan kucing anakan yang bersaing baik di pasaran.

3. Pastikan setiap kucing Anda bersetifikat
Satu lagi yang perlu Anda camkan dalam menjalankan usaha kucing anggora murah adalah tetap memastikan setiap kucing dalam operasi usaha Anda ini sudah tersertifikasi.

Meski memang urusan sertifikasi ini memakan biaya, namun akan lebih aman bagi roda usaha Anda ketimbang Anda harus berurusan dengan hukum dan razia-razia yang mengganggu. Konsumen juga akan merasa lebih aman dengan membeli kucing bersertifikat yang legal. Mereka memang tertarik membeli kucing murah, namun bukan yang beresiko bukan?

4. Manfaat ruang kosong dari rumah Anda
Ketimbang Anda harus memiliki unit khusus untuk usaha cattery Anda yang tentu saja akan memakan biaya, akan lebih bijak kalau Anda hanya memanfaatkan ruang kosong yang tersedia di rumah Anda.

Pastikan ruangan ini cukup untuk memuat semua kucing budidaya Anda. Pisahkan kucing yang sedang melahirkan beserta anak-anaknya di tempat terpisah seperti kandang atau ruanga khusus.

Sediakan kotak-kotak dengan kain perca untuk memberikan ruang tidur khusus bagi para kucing. Pastikan Anda selalu membersihkan ruangan supaya tidak ada penyakit yang mengganggu tumbuh kembang kucing.

5. Sediakan permainan dalam ruangan
Kucing membutuhkan olahraga untuk menjaga kualitas jantung dan ototnya. Kucing yang banyak bermalasan justru lebih cepat mati. Untuk itu, sediakan permainan dalam ruangan untuk memancing mereka bermain. Justru dengan permainan ini mereka akan melatih kemampuan kardiovaskularnya dan membentuk ototnya lebih kencang.

6. Pemeliharaan optimal
Tetap lakukan pemeliharaan yang optimal pada setiap kucing budidaya Anda meskipun akan Anda jual dengan harga miring. Tetap jaga kebersihan kucing dengan rutin memandikannya setidaknya setiap 10 hari, melakukan pengelapan bulu tiap pagi, pembersihan kutu dan penyisiran.

Penyisiran sendiri selain mencegah bulu kucing menjadi gimbal dan rusak juga sangat penting mencegah bulu mati tertelan ketika kucing menjilati tubuhnya. Bulu tidak mudah dicerna dan akhirnya justru menggumpal dan mengganggu saluran cerna.

Di sini Anda juga bisa hindari penggunaan sampo khusus kucing yang mahal dan ganti dengan sampo manusia yang ringan dan lembut, seperti sampo anak.

7. Persoalan pakan
Kebanyakan pelaku usaha kucing anggora kelas kontes memilih memberikan kucing mereka makanan instant pada nutrisi yang tersedia di pasaran. Untuk menurunkan biaya pemeliharaan, Anda bisa ganti makan kalengan ini dengan ikan segar murah meriah.

Anda bisa berbelanja ikan murah di pelelangan ikan, demi mendapatkan suplai ikan segar dengan harga miring. Anda bisa mendapatkan ikan segar setidaknya 5 kilo hanya dengan modal belasan ribu saja. Simpan di freezer demi menjaga kesegaran ikan ini.

8. Cara menemukan pembeli
Tidak mudah menemukan pembeli kucing anggora murah karena kalangan ini kadang memilih menghindari bursa kucing sekalipun mereka sebenarnya sangat mencintai kucing.

Pasalnya di bursa-bursa yang tersedia harga kucing anggora bisa menjadi sangat mahal. Untuk itu Anda perlu mencari celah untuk mendapatkan pembeli sesuai kualifikasi kucing Anda. Misalkan dengan membuka stand di pameran hewan yang dibuka di kawasan pertokoan. Lokasi ini lebih merakyat sehingga lebih mudah dijangkau kalangan awam.

9. Jujurlah soal kualitas kucing
Anda akan ditertawakan para pakar kucing ketika Anda berbicara tinggi soal kucing yang Anda jual. Justru ketika Anda berbicara apa adanya soal kualitas kucing dan bagaimana Anda bisa menjual dengan harga yang lebih murah, maka dengan sendirinya akan membangun citra tersendiri di bursa kucing.

Percaya diri saja ditengah harga kucing lain yang selangit, karena Anda memiliki alasan masuk akal untuk bisa menjual dengan harga murah dengan kualitas yang tidak bisa dikatakan mengecewakan.

Artikel lainya: Usaha ikan hias arwana

Siapa bilang mustahil menjual kucing anggora murah dengan harga yang lebih terjangkau kalangan menengah? Dengan sedikit cara berbeda bahkan Anda masih bisa menjanjikan kucing yang berkualitas meski dengan harga miring. Dan bukan mustahil dalam beberapa waktu Anda bisa memiliki tempat tersendiri di pasar bursa kucing anggora. -Tim Siap Bisnis-

Tag:

ternak kucing anggora, ternak kucing, cara ternak kucing anggora, bisnis kucing anggora, cara beternak kucing anggora, budidaya kucing anggora, budidaya kucing, usaha ternak kucing, cara berternak kucing anggora, Cara berternak kucing
Tips Usaha Kucing Anggora Murah, Anda Harus Pelajari Dan Terapkan | Hari Murti | 4.5

Komentar :