Tips Usaha Kecil Sukses Dengan Bisnis Limbah Kertas

0
137

Pada kesempatan sebelumnya kami sudah mengulas mengenai bagaimana seorang pelaku usaha kecil sukses meraih keberhasilan besar dari bisnis berbasis barang limbah kertas dan kardus. Sangat tidak terduga kertas dan kardus bekas layak masih bisa memberikan nilai manfaat bahkan hingga pendapatan 5 juta tiap harinya.

Padahal semua keberhasilan ini berawal dari ketertarikan Mario, sang pemilik usaha kecil sukses bisnis limbah ertas dan kardus ini dengan pasar barang loak yang diam-diam bisa memberi hasil untuknya sebagai tambahan uang jajan di masa skripsi.

Tips Usaha Kecil Sukses Dengan Bisnis Limbah Kertas

Dengan bermodal niat besar dan dana yang tak lebih dari 5 juta, pria muda itu berhasil mendapatkan suplai kertas dan kardus hingga lebih dari 3 ton tiap harinya dan mensuplai ke beberapa pabrik industri kertas bekas sebanyak 10 ton tiap 2 kali seminggu. Dan dengan menakjubkan sukses membukukan keuntungan bersih sampai lebih dari 40 juta tiap bulan.

Baca juga : Tips Mengembangkan Bisnis Usaha Rumahan Penjualan Sprei

Apa rahasia dari seorang Mario dengan usaha kecil suksesnya bersama bisnis penampungan limbah kertas dan kardus ini? Bagaimana dari kertas bekas yang terkesan tidak terpakai lagi ini bisa menjadi jutawan? Berikut beberapa tips keberhasilan dari seorang Mario, pelaku bisnis limbah kertas.

  • Pastikan mendapatkan penampung tangan pertama
    Jangan lagi libatkan pemasok pabrik atau menggunakan perantara untuk mensuplai kertas. Ini akan menurunkan nilai keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Jadi pastikan dulu Anda bisa mendapatkan penampung produk kertas bekas yang merupakan produsen langsung dari pengolahan kertas bekas. Ini akan membuat harga jual kertas bekas Anda cukup tinggi dan memberi Anda ruang keuntungan lebih baik.
  • Pasang tariff beli lebih baik
    Meski barang bekas, jangan anggap barang limbah ini sebagai barang tidak bernilai sampai Anda beli dengan harga terlalu miring. Untuk sukses menjalin kerjasama dengan pabrik, Anda harus pastikan sanggup memenuhi suplai rutin yang ditargetkan. Demi bisa mencapai target suplai, penting untuk Anda memastikan pasar pemasok lebih tertarik menjual kertas bekas mereka pada Anda ketimbang pesaing Anda. Jadi jangan ragu beli lebih mahal untuk memastikan suplai terpenuhi. Mario sengaja memasang harga beli sampai kisaran Rp 2000 perkilonya di atas harga pasaran dari pembeli loak lainnya.
  • Jalin kerjasama dengan supplier
    Bagi beberapa instansi dan perusahaan, tumpukan kertas dan kardus adalah masalah, karena memakan tempat dan tidak efisien. Jadi justru kehadiran Anda bisa mejadi solusi bagi mereka. Untuk itu ada baiknya jalin kerjasama dengan beberapa perusahaan, instansi, supermarket, pertokoan untuk secara periodik mengambil stok kertas dan kardus bekas mereka. Ini akan semakin membantu Anda menjaga suplai kertas dan kardus nda tetap stabil.
  • Perlakukan sebagai barang bersih
    Untuk menjaga nilai jual kertas bekas tetap tinggi, jangan perlakukan kertas bekas sebagai sampah. Tumpuk dengan rapi, hindari lipatan dan kerusakan pada kertas dan kardus. Pastikan ruang simpan bebas tikus, serangga dan jamur yang bisa merusak kualitas kertas. Hindari penumpukan sembarangan dengan gudang penyimpanan yang tidak layak. Semakin baik gudang penyimpanan semakin baik kondisi kertas yang tersimpan di dalamnya dan semakin baik pula nilai jualnya.
  • Perlakukan karyawan dengan baik
    Menurut Mario salah satu kunci keberhasilannya justru terletak pada hubungan baiknya dengan karyawan. Ada lebih dari belasan karyawan yang bekerja padanya sebagai penyortir kertas. Kertas dan kardus perlu disortir berdasar ketebalan, warna dan kondisi. Sedang proses ini memerlukan perlakuan manual yang memakan waktu. Mario memperlakukan karyawannya dengan baik menyadari bahwa roda usahanya sangat bergantung pada kinerja karyawan. Mario sendiri terhitung memberikan upah kerja yang baik untuk karyawannya supaya mereka betah. Sulit bagi Mario kalau karyawan keluar masuk karena memaksa dirnya menambah jam kerja untuk melatih karyawan.
  • Optimalkan masalah pengiriman
    Kadang kerusakan kertas dan kardus justru terletak pada proses pengiriman. Karenanya penting seorang pelaku usaha untuk memastikan setiap pengiriman berjalan aman. Bagi Mario dengan menyediakan sendiri kendaraan pengantar, maka bisa menekan biaya dan resiko pengiriman lebih baik.

Itulah beberapa tips yang dijalankan oleh Mario sebagai pemilik usaha kecil sukses dalam bidang suplai limbah kertas dan kardus. Anda bisa melihat bagaimana untuk mencapai sukses bukan pekerjaan instan tetapi upaya panjang yang berketerusan.

Sumber gambar : dutakertas.indonetwork.net

usaha dari kertas, usaha jual kertas, limbah pabrik kertas, kisaran dana untuk modal usaha kertas bekas, kertas bekas jadi bisnis, industri kertas rumahan, contoh usaha dari limbah kertas, cara usaha pengepul kertas, cara sukses bisnis penampungan, cara menjadi pemasok limbah perusahaan
SHARE
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY