Tips Usaha Jual Beli Rumah Murah, Dengan Modal Sangat Minimalis

Tips Usaha Jual Beli Rumah Murah, Dengan Modal Sangat Minimalis

Tips Usaha Jual Beli Rumah Murah, Dengan Modal Sangat Minimalis

Bicara soal bisnis jual beli rumah murah seakan tidak pernah berhenti tumbuh dan terus menunjukan prospek yang semakin baik tiap tahunnya, progress yang semakin baik tiap waktunya, tentu kita akan menunjuk satu jenis usaha. Apalagi kalau bukan usaha jual beli rumah murah alias usaha properti murah.

Usaha satu ini memang luar biasa, bila bisa dikatakan demikian. Setiap tahun harga hipotek beserta rumah selalu meningkat. Rumah dengan nilai 100 juta saat ini bisa berubah menjadi 250 juta hanya dalam tempo 3 -4 tahun. Itulah keajaiban dari usaha properti.

Bahkan ketika harga emas harus anjlok pada tahun 2013 dan menumbangkan gelar emas sebagai media investasi terbaik di dunia yang bebas efek inflasi, hingga kini belum pernah ada dalam sejarah harga rumah dan tanah berubah turun kecuali ada faktor eksternal yang mempengaruhi. Seperti peristiwa kerusakan struktur tanah pasca gempa Bantul yang menyebabkan harga property di kawasan ini anjlok drastis pada tahun 2006an.

Itu sebabnya, kini bisnis jual beli rumah murah kembali menjadi bisnis primadona. Pasar dari usaha jual beli rumah murah memang bukan pasar sembarangan. Semakin hari pasar dari property semakin berkembang dan meningkat.

Semenjak perubahan iklim di dunia investasi emas, banyak pelaku investasi merasa perlu melirik instrument investasi rendah resiko lain dan tentu saja dunia properti adalah salah satu pilihan terbaik dan meningkatkan permintaan property termasuk rumah. Sementara itu, selama selalu lahir keluarga baru, pasangan muda baru maka secara otomatis akan muncul pula permintaan baru akan rumah tinggal dan menumbuhkan pasar rumah setiap tahunnya.

Jadi Anda bisa lihat bagaimana masuk akalnya ketika dikatakan pasar dari properti tak habis-habisnya selalu tumbuh dan berkembang. Bahkan tidak jarang sebuah keluarga merasa perlu memiliki beberapa rumah sekaligus di beberapa kota. Semakin berkembanglah permintaan dari produk rumah ini.

Dengan pasar yang demikian besarnya, jelas sangat rasional kalau disertai pula dengan banyaknya pemain dunia properti dewasa ini. Dunia bisnis memang sangat familier dengan peribahasa “ada gula ada semut”. Hal ini menyebabkan persaingan dalam usaha jual beli rumah murah sangat ketat. Anda tidak hanya harus bersaing dalam menjual rumah, tetapi juga harus bersaing dalam mendapatkan rumah dengan harga cocok.

Apalagi seorang pelaku usaha jual beli rumah murah tidak mutlak harus memiliki dana besar untuk mengawali usaha. Bahkan tidak sedikit pelaku usaha properti yang mengawali semua dari angka tidak lebih dari 100 juta dan dalam tempo 8 tahun asetnya sudah beranjak di angka 25 milyar. Atau berawal dari modal hanya beberapa milyar dan akhirnya memiliki asset hingga 20 milyar dalam 2 tahun.

Lalu bagaimana cara dan tips jitu menjalankan bisnis jual beli rumah murah dengan sukses bahkan dengan moda yang minimalis? Mungkin beberapa tips ini bisa membantu Anda.

  1. Lakukan negosiasi pembayaran
    Seperti tadi dikatakan, Anda bisa saja memulai usaha jual beli rumah murah dengan modal relatif kecil, bahkan terkesan tidak rasional. Tetapi itulah kelebihan dari usaha satu ini, Anda bisa melakukan negosiasi pembayaran. Anda bisa menerapkan sistem termin, dengan mebayar sebagian di awal dan pelunasan beberapa bulan kemudian. Selama tenggat waktu ini Anda bisa melakukan renovasi peremajaan dan melakukan penawaran. Harapannya dengan cara ini Anda bisa melakukan penjualan bahkan sebelum tenggat pelunasan jatuh tempo. Inilah rahasia dibalik angka kecil dalam modal awal usaha macam ini.
  2. Kemas usaha ini sebagai media investasi
    Rumah memang tempat tinggal, itu tidak terbantahkan. Tetapi seperti tadi dikatakan di awal, kini rumah dan properti juga dipandang sebagai media investasi, karena nilainya yang relatif terus naik dan stabil. Anda harus bisa memikat pasar dan membuat pasar memandang rumah yang Anda tawarkan bukan sekedar tempat tinggal tetapi juga media investasi. Untuk itu Anda harus menampakan potensi ekonomis dari rumah yang Anda tawarkan. Harga yang Anda berikan, nilai KPRnya, potensi perubahan harganya di beberapa tahun ke depan, potensi ekonomis lain seperti potensi lingkungan. Membuat rumah sebagai dua manfaat sekaligus akan memudahkan Anda menjual rumah dengan lebih cepat.
  3. Pahami biaya dan harga pasaran dengan baik
    Kadang kesalahan yang cukup fatal dari pelaku usaha jual beli rumah murah adalah ketidak pahaman akan biaya dan harga. Rumah yang sudah Anda beli mungkin masih harus Anda renovasi atau setidaknya Anda cat ulang untuk peremajaan. Perhitungkan semua biaya-biaya tambahan ini sebelum Anda memutuskan harga jualnya. Tetapi sesuaikan dengan harga pasaran dari properti di kota Anda, jangan sampai Anda mematok harga terlalu jauh dari harga umum, dengan mempertimbangkan keuntungan rasional.
  4. Pahami Hukum Dan Aturan Perpajakan Porperti
    Salah satu celah yang perlu Anda pahami dalam menjalankan bisnis properti adalah urusan hukum dan perpajakan. Karena masalah properti dan hipotek cukup rentan dengan pelanggaran hukum dan kesalahan perpajakan, jadi sebelum Anda terjebak dalam kesalahan yang seharusnya tidak perlu Anda sebaiknya memahami betuk urusan ini. Anda juga perlu memastikan ukuran dan batas-batas dari properti yang Anda tangani, sebab di titik inipun kadang masalah bisa muncul dan akhirnya memaksa Anda berurusan hukum.
  5. Awali dengan sistem manajemen sederhana
    Bahkan banyak perusahaan properti kelas besar hanya berkonsentrasi pada urusan jual dan beli rumah dan pengelolaan keuangan. Sedang untuk urusan konstruksi, perencanaan dan hukum justru diserahkan pada partner. Jasa konstruksi professional dn jasa legal professional sudah tersedia di pasaran dengan cara kerja dan perencanaan yang lebih sempurna ketimbang Anda kelola sendiri, apalagi dalam industri ini Anda tidak selalu membutuhkan tenaga ini setiap saat. Anda bisa fokus pada perburuan properti dan pemasaran intensif. Lagipula cara ini dianggap lebih efektif karena Anda tidak harus merekruit tenaga kerja legal dan konstruksi.
  6. Teknik pemasaran intensif
    Pemasaran properti gaya lama seperti dengan media iklan koran dan spanduk masih menjadi salah satu cara klasik yang efektif. Tetapi di dunia serba digital. Anda bisa memanfaatkan media internet untuk memasarkan produk properti Anda. Misalkan dengan membuat page jual beli rumah murah di facebook , membuat blog khusus properti atau membuka channel jual beli rumah di jaringan forum jual beli. Cara ini akan memperluas cakupan pasar Anda, kadang pembeli rumah Anda datang dari konsumen luar kota yang tertarik menanamkan investasi properti di kota Anda. Selalu siapkan database properti yang Anda jual untuk memudahkan calon konsumen memilih.

 Artikel lainya: Bisnis jasa desain rumah minimalis

Itu tadi beberapa hal yang bisa Anda jadikan referensi dalam memulai usaha jual beli rumah murah. Selalu terus perhatikan kebutuhan pasar akan harga murah dan kualitas terjamin untuk bisa bersaing dalam pasar properti yang penuh persaingan ketat ini. -Tim Siap Bisnis-

Tag:

bisnis jual beli rumah, usaha jual beli rumah, usaha jual beli, Tips jual beli rumah, cara bisnis jual beli rumah, cara memulai bisnis jual beli rumah, #####################, bisnis jual beli, bisnis jual beli rumah bekas, Bisnis jual rumah
Tips Usaha Jual Beli Rumah Murah, Dengan Modal Sangat Minimalis | Hari Murti | 4.5

Komentar :