Tips Usaha Ikan Hias Aquarium, Si Elegan Black Ghost

Tips Usaha Ikan hias aquarium, Si Elegan Black Ghost

Tips Usaha Ikan hias aquarium, Si Elegan Black Ghost

Usaha ikan hias aquarium kendati sekilas tampak sepele bisa menjadi sumber memikat untuk pundi pundi uang Anda. Siapa yang tidak kenal dengan nama besar ikan-ikan hias aquarium legendaries macam ikan Arwana, ikan Louhan atau ikan Koi dan Koki yang sudah menjadi demikian populer di pasaran penggemar ikan hias.

Beberapa jenis spesies yang disebutkan barusan dibandrol dengan harga yang relatif tinggi bahkan bisa mencapai angka jutaan. Jadi rasanya memang tidak tepat bila kita katakan usaha ikan hias aquarium tergolong usaha sepele.

Tetapi rupanya dalam usaha ikan hias aquarium terdapat pula jenis jenis ikan yang tidak dibandrol dengan harga yang besar namun justru lebih banyak dicari oleh penggemar ikan hias kalangan awam. Mereka pada umumnya memelihara ikan tidak terfokus pada unsur nilai keberuntungan atau prestis sebagaimana ketika berbicara soal jenis ikan dari jenis di atas tadi. Melainkan hanya memelihara untuk unsur estetika belaka.

Salah satu yang cukup banyak dicari dari kelompok ikan hias aquarium ini adalah black ghost. Ikan unik dengan warna hitam berukuran sekitar 5 -7 cm dengan tubuh slim berjumbai di sisi bawah ini memang unik. Ada kesan elega, tenang dan misterius dari ikan ini yang memikat konsumen untuk memajang ikan jenis ini di akuarium air tawar mereka.

Meski penjualannya tidak sederas ikan hias murah meriah lain macam ikan koki di pasar lokal, rupanya ikan black ghost ini sudah memiliki pasar yang cukup potensial di pasar internasional. Mungkin karena bentuknya yang unik dan karakternya yang tenang dengan gerakan berenangnya yang unik berkat adanya sisi bergelombang pada bagian bawah tubuhnya yang seakan berjumbai memberi ras tenang bagi mereka sebagai penggemar.

Yang menarik ikan hias aquarium satu ini tergolong tidak agresif sehingga cukup aman bila Anda sandingkan bersama ikan hias air tawar lain selama dari jenis yang tidak agresif lain. Karena ikan ini sedikit introvert sehingga ketika mereka rentan pada serangan ikan agresif.

Bahkan untuk menunjang hidup ikan ini, Anda perlu menambahkan beberapa ruang sembunyi seperti terumbu karang berpori besar atau justru bata nako untuk memberikan ruang bagi ikan ini bersembunyi di siang hari. Anda juga bisa menambahkan ruang sembunyi alternatif seperti rumput yang justru juga bisa menjadi sumber makanan sehat alternatif untuk mereka.

Ikan satu ini rupanya jenis ikan yang hidup lebih aktif di malam hari. Sehingga jangan heran bila di siang hari mereka cenderung bersembunyi di liang-liang atau dibalik dedaunan tanaman air. Mereka memang bukan jenis yang berenang hilir mudik, namun di setiap gerakannya, ikan ini terus menggerakan sisi bawah tubuhnya secara bergelombang membuat ikan ini tetap memikat.

Kabar baiknya, Anda bisa memanfaatkan ruang sisa dari kediaman Anda untuk memulai usaha budidaya ikan hias aquarium satu ini. Pasalnya ikan ini memang berukuran relatif kecil, sehingga tidak membutuhkan ruang pemeliharaan yang besar. Cukup dengan 4-5 buah kolam berukuran sekitar 1 x 0,5 m, Anda sudah bisa memulai usaha budidaya ikan black ghost. Malah beberapa pelaku usaha budidaya hanya menggunakan sebuah ruangan dengan beberapa akuarium besar untuk proses pemeliharaan.

Untuk lebih jelasnya berikut ini ada beberapa tips dalam menjalankan usaha ikan hias aquarium black ghost.

  1. Gunakan air tanah bersih
    Pada umumnya air dari PAM cenderung menggunakan bahan-bahan kimia khusus pacam klorin yang sebenarnya kurang mampu ditoleransi oleh ikan black ghost. Akan lebih baik kalau Anda menyiapkan mesin pompa air tanah untuk bisa mendapatkan air tawar dari tanah. Anda bisa menetralisir kandungan air tanah dengan proses demineralisasi alami menggunakan proses penyaringan menggunakan batuan alam.
  2. Bangun habitat dalam kolam
    Sebagaimana dijelaskan sebelumnya tadi, ikan satu ini sangat gemar bersembunyi dan berdiam diri. Untuk itu sediakan ruang, celah atau liang-liang untuk tempat ikan balck ghost bersembunyi. Ikan ini akan merasa stress bila Anda tidak memberikan mereka kolam sesuai dengan habitatnya.
  3. Sediakan aliran sanitasi air dengan arus kecil
    Ikan ini hidup dalam kawasan air berarus rendah, untuk itu sebaiknya tetap buat arus air untuk menjaga kesehatan air kolam namun dalam arus yang ringan. Namun untuk kolam khusus pemijahan sebaiknya jangan berikan air berarus karena ukuran telur dan larva yang kecil renta terbawa arus hingga kerusakan. Proses penggantian air setidaknya untuk 30 % bagian saja.
  4. Memilih indukan
    Pilihlah indukan dari jenis jantan dan betina dengan ukuran mencapai 15 cm dengan usia sekitar 1 -2 tahun. Ikan jantan biasanya lebih ramping dari ikan betina yang berperut sedikit besar. Pastikan ikan sehat dan cukup gesit.
  5. Pemisahan kolam
    Ikan dipisahkan antara ikan indukan calon pemijahan, ikan dalam proses pemijahan, pembesaran larva dan terakhir proses pembesaran hingga panen. Pemisahan ini untuk membantu ikan remaja untuk lebih mudah tumbuh, membantu indukan lebih siap dalam menghadapai proses pemijahan dan melindungi ikan kecil dari penyakit ikan dewasa. Selain itu juga untuk memudahkan Anda dalam pemberian pakan karena masing-masing kelompok membutuhkan asupan yang berbeda.
  6. Masalah pemberian pakan
    Seperti dikatakan sebelumnya, setiap pengelompokan ikan mendapatkan asupan makanan yan berbeda. Pada kelompok ikan dewasa indukan, mereka cenderung membutuhkan cacing darah, jentik nyamuk dan cuk merah. Sedang pada larva, mereka belum akan makan selama masih ada kuning telur yang mampu memenuhi kebutuhan pakan mereka setidaknya selama 3 hari. Setelah itu, Anda bisa asupkan Aflemia dan kutu air sebagai pakan. Sedang pada tahap pembesaran, pakan terbaik adalah cacing dan sedikit pelet.
  7. Proses pemeliharaan larva
    Setelah proses pemijahan, setelah telur yang dikeluarkan oleh betina dibuahi oleh penjantan, telur akan melekat pada substrat yang sudah Anda sediakan dulu semacam akar pakis dengan mangkuk keramik. Angkat dan pindahkan telur berwarn kekuningan yang artinya sudah dibuahi dalam kolam terpisah berukuran kecil dengan diberikan sedikit methylin blue untuk antikuman yang aman. Diamkan dalam rendaman selama 4 hari untuk kemudian muncul larva kecil. Diamkan lagi sampai larva kehitaman dan sudah tidak lagi memiliki kuning telur.
  8. Proses pembesaran
    Setelah larva berusia 4 hari, angkat dan pelihara khusus di kolam terpisah untuk proses pemeliharaan dan pembesaran. Berikan pakan yang sesuai dan pastikan kondisi air cukup bersih. Berikan garam dalam air kolam untuk mencegah munculnya penyakit pada ikan kecil.
  9. Proses panen
    Setelah ikan berukuran sekitar 5 -8 cm, maka ikan black ghost siap dipanen. Cukup dengan menggunakan serok lembut dengan hati-hati untuk bisa memanen tanpa merusak bentuk tubuhnya yang unik. Simpan dalam plastik ukuran volume 15 l dengan isian sekitar 200 ekor.

Artikel lainya: Peluang usaha ikan hias Arwana

Bagaiaman menurut Anda informasi mengenai cari pemeliharaan ikan hias aquarium jenis black ghost tadi? Apakah Anda tertarik menjajal usaha ringan satu ini? -Tim Siap Bisnis-

Tag:

harga ikan black ghost, bisnis aquarium, usaha aquarium, bisnis akuarium, usaha akuarium, harga ikan black ghost dewasa, bisnis ikan hias aquarium, manfaat ikan black ghost, peluang usaha aquarium, cara memulai usaha aquarium
Tips Usaha Ikan Hias Aquarium, Si Elegan Black Ghost | Hari Murti | 4.5

Komentar :