Tips Sukses Peluang Usaha Budidaya Ikan Hias Air Tawar

Tips Sukses Peluang Usaha Budidaya Ikan Hias Air Tawar

Tips Sukses Peluang Usaha Budidaya Ikan Hias Air Tawar

Ikan Hias – Menjalankan peluang usaha budidaya ikan hias air tawar memang sangat memikat untuk menebalkan kantong dengan cara yang relatif mudah dan tanpa modal besar. Ini karena dengan modal awal yang tergolong kecil, Anda bisa menjual ikan hias air tawar matang dengan harga yang cukup mencengangkan. Bahkan beberapa jenis ikan bisa Anda jual dengan harga tak kurang dari digit 6 alias dibandrol dengan harga jutaan rupiah.

Dalam menjalankan peluang usaha budidaya ikan hias air tawar ini, Anda harus menerapkan tekni spesifik. Karena dalam memelihara ikan hias air tawar, masing –masing jenis ikan membutuhkan cara pemeliharaan yang berbeda. Memelihara ikan cupang jelas berbeda dengan memelihara ikan jenis molly juga akan berbeda lagi dengan ikan jenis koi.

Untuk Anda yang tergolong pemula dalam peluang usaha budidaya ikan hias air tawar ini, berikut ini adalah beberapa tips jitu dalam menjalankan bisnis ini dengan modal terbatas namun hasil memuaskan.

  1. Tempat pemeliharaan
    Sediakan akuarium dalam ukuran memanjang. Akuarium model ini lebih mudah Anda aplikasikan sebagai wadah pemeliharaan ikan hias air tawar yang beragam jenis. Sediakan suplai air dengan kandungan kimiawi yang zero atau setidaknya minimal. Air untuk ikan sebaiknya dalam suhu air 24 – 300C, PH 6-7, oksigen terlarut > 3 ppm dan kecerahan air 30 – 60 cm. Pastikan semua perangkat penyaringan dan pengairan air dalam kondisi baik ketika Anda memulai usaha ini. Untuk beberapa jenis ikan sebaiknya Anda sediakan sket akuarium untuk mencegah mereka bertarung. Cara ini akan sedikit berbeda dari teknik pemeliharaan ikan cupang yang cenderung menyukai air diam dan akuarium yang relatif lebih kecil. Sifat bertarungnya lebih besar jadi sebaiknya Anda pisahkan satu persatu dalam wadah berbeda. Pisahkan pula akuarium untuk pembesaran , penjodohan dan pemijahan. Ini untuk melindungi ikan kecil dan telur dari gangguan ikan lain yang lebih besar.
  2. Sediakan beragam jenis
    Untuk Anda yang tergolong pemula dalam peluang usaha budidaya ikan hias air tawar ini, akan lebih baik bila Anda memilih menjalankan budidaya dari jenis ikan yang beragam. Pilihlah dari jenis yang populer di pasaran macam oscar, cupang, discus, manvis, ghost, lemon, siklid, guppy, molly, palmas dan sebagainya.
  3. Teknik perjodohan
    Pilihlah indukan usia matang sesuai dengan jenisnya masing-masing, pada umumnya bisa Anda lihat dari warna merona pada kelaminnya, pada pejantan kadang muncul sperma ketika Anda urut perutnya. Satukan ikan yang akan Anda kawinkan dalam satu wadah dengan sket terlebih dulu setidaknya dalam 1 -2 hari, kadang bisa sampai 3 -4 hari tergantung jenisnya. Kemudian setelah nampak mulai jodoh, buka sket dan biarkan mereka selama setidaknya 3 -4 jam. Teknik pemijahan di sini sangat spesifik karena ada jenis ikan yang butuh bantuan hormon, ada yang cukup menhadirkan indukan betina ada pula yang penjantan juga aktif hingga telur menetas. Bahkan lama telur menetas juga tempat meletakan telur pun tergantung pada jenis ikan.
  4. Pembesaran
    Setelah telur menetas, telur masih akan berbentuk larva yang selama beberapa hari tidak memerlukan pakan karena masih tersuplai dari kuning telurnya. Namun dalam periode masing-masing, larva mulai besar dan membutuhkan makanan kaya protein macam cacing sutra atau kutu air untuk membantu pertumbuhannya. Pada fase lanjut ikan mulai tampak seperti ikan kecil dan bisa makan makanan ikan biasa dalam bentuk lembut, cacing sutra, jentik nyamuk dan pellet dari jenis yang halus. Lakukan kontinyu 3 kali sehari hingga usia matang dan Anda bisa memberi makan dalam konsentrasi normal.
  5. Kebersihan akuarium
    Bagian kebersihan menempati posisi terakhir namun sangat penting bagi keberlangsungan hidup ikan, terutama pada fase pembesaran. Pada fase ini kotoran ikan lebih banyak sementara mereka juga lebih rentan dengan air kotor. Jadi bersihkan akuarium pembesaran setidaknya 3 hari sekali dan akuarium dewasa setidaknya seminggu sekali.

Artikel lain: usaha ternak sapi potong

Siap mencoba menjajal peluang usaha budidaya ikan hias air tawar? Kenapa tidak dengan modal ringan dan lahan terbatas Anda bisa saja menghasilkan keuntungan yang tidak hanya sekedar menebalkan kantong Anda.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

bisnis ikan hias, usaha ikan hias, budidaya ikan hias, budidaya ikan hias air tawar, ternak ikan hias, usaha ternak ikan hias, cara usaha ikan hias, peluang usaha ikan hias, usaha budidaya ikan hias, usaha ikan hias rumahan
Tips Sukses Peluang Usaha Budidaya Ikan Hias Air Tawar | Hari Murti | 4.5

Komentar :