Tips Mengembangkan Peluang Usaha Kaos, Jalankan Dan Nikmati Hasilnya

Tips Mengembangkan Peluang Usaha Kaos, Jalankan Dan Nikmati Hasilnya

Tips Mengembangkan Peluang Usaha Kaos, Jalankan Dan Nikmati Hasilnya

Pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai peluang usaha kaos. Peluang usaha satu ini sebenarnya sudah berkembang sejak puluhan tahun lalu, hanya saja dengan perkembangan sistem digital printing di era modern saat ini ditambah dengan penggunaan internet yang semakin memudahkan segala akses untuk mendapatkan kaos dengan kualitas tinggi, maka kini usaha satu ini juga menjadi semakin kompleks.

Bersamaan dengan perkembangan marak dari dunia sablon dan cetak kaos yang udah demikian modern, persaingan dalam peluang usaha kaos juga menjadi sangat padat. Dan yang memperburuk keadaan dunia peluang usaha kaos memaksa Anda untuk selalu update perkembangan teknologi digital printing dan sablon. Dan apa yang kini sedang menjadi teknologi teranyar bisa saja menjadi tertinggal dalam hitungan beberapa bulan dan tahun saja.

Situasi ini meperketat persaingan dengan saling melempar produk dengan kualitas dari mesin berteknologi terbaik di masanya. Lalu bagaimana sebenarnya cara jitu melawan arus ini? Anda hanya harus menemukan pasar yang tepat dan menggarapkan dengan tepat pula. Tentu saja kunci dari situasi ini salah satunya dengan pemasaran yang optimal dengan penjagaan kualitas. Untuk lebih mendalam, berikut beberapa tips dalam mengembangkan usaha peluang usaha kaos.

1. Temukan kelas dari produk Anda
Ada beberapa usaha kaos yang memang berada di ranah kelas menengah ke atas dengan kualitas sablon, originalitas dan kualitas kaos yang tentu saja berbeda. Kenali dan identifikasi kelas dari produ Anda yang akan sangat penting untuk menentukan pasar yang akan Anda incar untuk penjualan produk Anda.

2. Tentukan konsep usaha Anda
Ada beberapa usaha yang sepenuhnya hanya memproduksi kaos kemudian disalurkan melalui usaha distro dan sejenisnya. Kemudian ada lagi sebagian yang juga menerima kaos pesanan khusus dengan desain custom hingga pesanan khusus partai besar. Masing-masing konsep usaha memiliki pendekatannya sendiri-sendiri da inilah yang perlu Anda pahami. Karena pemahaman di sini nantinya akan memberi peran penting dalam pembacaan karakter pasar yang nantinya akan menjadi incaran Anda. Konsep usaha macam ini juga perlu untuk memahami teknologi apa yang perlu Anda adaptasi dalam usaha yang Anda jalankan ini.

3. Kenali pasar Anda
Ini adalah kunci dari segalanya, bahkan akan lebih signifikan dibandingkan peran teknologi yang Anda adopsi untuk produksi sekalipun. Karena tidak selamanya pasar incaran Anda membutuhkan desain rumit, full warna dengan kualitas sablon super. Fokuslah pada konsumen Anda dan pahami kebutuhan dan selera mereka. Jadikan produk Anda terbaik untuk mereka tanpa mutlak harus menjadi yang terbaik di pasaran.

4. Peka dengan gejolak pasar
Selain memahami selera pasar, adakalanya Anda bisa membaca situasi-situasi khusus di masyarakat dan pasar. Misalkan fenomena, momentum atau perubahan yang muncul di pasar dan bisa menjadi kesempatan baru untuk Anda. Misalkan ketika musim piala dunia lalu Anda bisa beralih sementara menjadi produsen kaos T shirt bola, atau ketika muncul berita akan datangnya band atau artis manca yang datang show di Indonesia, Anda bisa mencuri keuntungan dengan mengalihkan sebagian produksi Anda untuk mencetak kaos dengan tema artis tersebut. Ide lain adalah dengan peka terhadap situasi sosial di masyarakat dan mengangkat situasi khusus ini menjadi tema sablon.

5. Mencari pasar spesifik
Anda bisa mencoba berburu pasar secara spesifik dengan menjalin kerjasama dengan sebuah pasar khusus, misalkan saja dengan mengikat kontrak dengan sebuah kampus untuk membuat kaos seragam panitia untuk setiap acara yang diselenggarakan kampus atau kerjasama dengan event organizer soal suplai kaos untuk panitia dari event-event yang mereka gelar. Bahkan Anda bisa saja membuka jalur kerjasama dengan perusahaan atau instansi bahkan partai politik untuk perihal yang sama.

6. Membuka jalur keagenan
Cara pemasaran klasik ini masih bisa menjadi andalan usaha Anda meski saat ini era online sudah berjalan. Meski di sisi lain cara ini mungkin tidak semurah cara penjualan online, tetapi masih banyak kalangan masyarakat bahkan yang modern sekalipun belum bisa percaya untuk membeli tanpa bisa meraba dan melihat langsung kaos yang Anda jual. Dengan sistem agen, konsumen yang berjarak ratusan bahkan ribuan kilo dari lokasi Anda tetap bisa berinteraksi dengan kaos buatan Anda dan menilai langsung kecocokan kaos ini dengan selera dan kebutuhannya.

Artikel lainya: Peluang usaha sablon kaos

Bisa Anda lihat kan? Sebenarnya tidak selamanya bersaing ketat dalam hal teknologi selalu menjadi solusi tepat. Dan ketika Anda sudah berada diambang persaingan ketat dalam menjalankan peluang usaha kaos, maka kunci utamanya justru berada pada strategi pemasaran yang Anda siapkan.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

peluang pasar untuk produksi kaos
Tips Mengembangkan Peluang Usaha Kaos, Jalankan Dan Nikmati Hasilnya | Hari Murti | 4.5

Komentar :