Tips Jitu Usaha Budidaya Ternak Kacer Poci Juara

0
51

Kalau Anda adalah penggemar burung kicauan, sudah pasti Anda akan cukup akrab dengan burung Kacer dan salah satu yang cukup banyak diminati adalah ternak kacer poci juara. Jenis Kacer poci ini terbilang salah satu yang atraktif sehingga tak sedikit dari Anda juga mengincar jenis Kacer Poci Juara.

Tips Jitu Usaha Budidaya Ternak Kacer Poci Juara
Tips Jitu Usaha Budidaya Ternak Kacer Poci Juara

Kacer poci bersaing ketat dengan jenis kacer jawa dan kacer blorok dalam kompetisi kicauan burung. Khusus jenis terakhir ini merupakan jenis perkawinan silang dari kacer jawa dengan kacer poci dengan corak campuran hitam dan putih yang berkombinasi, dalam bahasa jawa biasanya corak macam ini disebut blorok.

Baca juga : Teknik Memilih Jalak Nias Jantan Agar Menang Dalam Kejuaraan

Soal warna memang menjadi salah satu pengenal utama dari jenis burung Kacer. Kacer jawa cenderung berwarna gelap dan berkesan solid. Sedang pada jenis Kacer Poci, pada ekor, dada dan sayapnya tampak berbulu putih. Biasanya jenis ini lebih mudah Anda jumpai di daerah melayu seperti Sumatera dan daerah Kalimantan.

Kacer Poci merupakan salah satu jenis kacer dengan harga yang relatif tinggi. Harga jualnya bisa mencapai kisaran 300 – 400 ribuan untuk jenis bakalan. Sedang untuk jenis kacer Poci juara harga pasarannya setidaknya mencapai angka di atas 1, 5 juta. Bahkan ada jenis Kacer Poci juara di tingkat Nasional yang mencapai harga 250 juta.

Tetapi tak mudah sama sekali merawat dan menjalankan ternak Kacer Poci juara. Selain karena mereka membutuhkan perawatan ekstra, mereka juga membutuhkan pakan khusus yang menunjang kemampuan kicaunya. Juga sudah tentu latihan yang mematangkan kemampuan kicaunya.Untuk lebih jelasnya berikut ini tips perawatan burung Kacer Poci juara yang diambil dari teknik perawatan khusus para pemilik Kacer Poci juara

  1. Kandang
    Untuk memulai usaha ternak Kacer Poci juara, Anda membutuhkan beberapa lokasi kandang. Kandang pertama untuk indukan, kandang kedua untuk anakan dan kandang terakhir untuk pelatihan. Kandang bisa Anda buat dengan bahan kayu yang berkualitas atau jenis besi, dengan lokasi yang cukup terpapar matahari pagi, ditambahkan pangkringan, glodok sarang dan wadah pakan. Khusus untuk jenis anakan, sebaiknya Anda lokasikan di daerah yang tidak mudah terpapar hujan dan angin dengan sistem penghangat. Khusus untuk pelatihan pastikan Anda bisa mengatur kandang untuk bisa Anda pindahkan dengan leluasa.
  2. Pilih Indukan
    Indukan menempati posisi penting untuk usaha ternak Kacer Poci juara Anda. Mulai dengan mencari indukan dengan fisik yang sehat dan baik, memiliki kemampuan kicau yang baik dan lengkap, karena sebenarnya kacer memiliki kemampuan unik menirukan ragam suara kicau burung. Memiliki sifat cukup atraktif dan berada dalam periode kawin. Ini membantunya sangat produktif dan membuat Anda akan mudah mendapatkan banyak anakan dengan cepat. Satukan indukan kacer berpasangan pada satu kandang untuk membantu mereka cepat berjodoh.
  3. Masa anakan
    Ketika kacer indukan mulai bertelur, mereka akan mengerami telur selama 2 minggu. Sebelum itu selama masa hamil, beri lebih banyak tulang sotong untuk menunjang asupan kalsium yang mereka butuhkan.

    Setelah telur menetas beri lebih banyak jangkrik kecil untuk membantu induk menyuapi anakan kecil. Memberi pakan jangkrik sejak kecil akan mebantu anakan membentuk pita suara mereka lebih kuat sejak kecil.
    Pada masa 3 minggu pasca menetas, biasanya Anda siap menyapih anakan dan dipisahkan pada kandang anakan sampai mereka siap melalui proses pelatihan. Kenalkan pakan voer, serangga kecil macam belalang dan jangkrik dan padukan dengan kroto.
  4. Masa pelatihan
    Bila masa pembesaran usai dan burung Kacer mulai nampak berkicau, di saat inilah saatnya Anda untuk mulai mengajarkan Kacer Poci kemampuan berkicau. Bila mereka siap berkicau Anda bisa membantu mendongkrak harga jual ketimbang hanya menjual Kacer Poci bakalan yang masih polos.

    Cara sederhana adalah dengan selalu menjaga asupan makananya dengan jenis jangkrik dan kroto, membantunya tetap bersih dan mendapat paparan matahari pagi yang cukup, serta membantunya berlatih suara dengan suara burung gacor berbagai jenis.
    Ajarkan suara gacoran yang berbeda setiap hari untuk membantunya mengenal banyak suara. Bila mereka bisa menirukan setidaknya 3 – 4 jenis suara saja harga jualnya sudah bisa mencapai angka memuaskan di kisaran lebih dari 800 ribuan sampai 1,5 juta.

Itu tadi 5 panduan dalam memelihara dan menjalankan usaha ternak Kacer Poci juara. Dengan ketekunan dan kesungguhan Anda bisa saja sungguh-sungguh mencetak satu Kacer Poci juara yang siap gacor dan menghajar kompetisi.

Sumber gambar : www.situshewan.com

gambar kacer kawin, Kacer angka satu, kacer poci, modal ternak kacer poci, pelatihan ternak kacer, peluang bisnis kacer skoci, poci, prospek ternak kacer poci, ternak poci
SHARE
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY