Tips Cari Pekerjaan Sampingan Online, Awas Dan Waspadai 5 Model Spam Berikut Ini

Tips Cari Pekerjaan Sampingan Online, Awas Dan Waspadai 5 Model Spam Berikut Ini

Tips Cari Pekerjaan Sampingan Online, Awas Dan Waspadai 5 Model Spam Berikut Ini

Sebagai pelaku pekerjaan sampingan online, Anda mungkin sudah memahami betapa banyaknya peluang pekerjaan yang sanggup memberi Anda hasil lebih dari sekedar memuaskan. Namun pada sisi lain, Anda juga sepatutnya menyadari, betapa riskannya Anda untuk menjadi incaran para pemain nakal dunia virtual.

Banyak sekali dari peluang-peluang yang bermunculan di dunia internet adalah jebakan dan penipuan yang bukan mustahil akan menelan Anda sebagai korban. Untuk itu Anda perlu mempersenjatai diri Anda setidaknya untuk mampu lebih waspada terhadap setiap penawaran pekerjaan sampingan online dan peluang yang Anda dapatkan di dunia maya. Dan cara paling jitu adalah dengan mengenali para pemain nakal atau spam ini dengan lebih baik.

Bila sebelumnya kami sudah membahas mengenai bagaimana mengenali ciri ciri dari para spammer pekerjaan sampingan online yang bisa Anda lihat di sini, kini giliran Anda mendapatkan informasi mengenai bagaimana mengetahui apa saja bentuk dari spammer ini.

  1. Spammer email
    Spam merupakan salah satu serangan yang boleh kami katakana sangat mengganggu pada kebanyakan email. Mereka mengaku mendapatkan contact email Anda dari sebuah grup ataujob seeker, dan tampak begitu tertarik menarik Anda menjadi bagian perusahaan mereka. Meski tidak lantas 100% ini adalah spam, tetapi Anda perlu curiga ketika mulai muncul konsep pembayaran dalam jumlah tertentu sebagai uang prasyarat atau sejenisnya dan menggunakan personal email massal macam yahoo.com, gmail.com atau hotmal.com. Mereka bisa saja menyebut diri berasal dari instansi atau perusahaan resmi yang sudah familier Anda dengar, tetapi bila benar demikian seharusnya mereka menggunakan email resmi perusahaan bukan?
  2. Spam website
    Membuat website relatif tidak mahal, apalagi kalau seseorang sudah memiliki modal cukup baik soal desain website dan programmer. Malah kadang cukup dengan modal tak lebih dari 200 ribu. Bisa dikatakan biayanya relatif rendah dan ini membuat penipuan dengan media website juga cukup sering muncul. Jangan mentah-mentah percaya pada lowongan pada website yang membawa sebuah nama instansi atau perusahaan ternama. Lakukan double cek pada alamat url mereka dan pastikan ulang dengan search engine untuk memastikan website ini asli dan bukan abal abal.
  3. Spam pada job seeker website
    Tidak bisa dikatakan ada jaminan 100% semua lowongan yang terpasang di website job seeker adalah aman dan bebas spam. Semakin pandai saja orang bermain dengan penipuan dunia online termasuk membuat spam menjadi terlihat legal sepenuhnya dimata para admin dari website job seeker. Lakukan penelusuran dengan search engine dari setiap ID dari penyedia pekerjaan untuk mengetahui bagaimana track record mereka. Kadang Anda bisa menemukan fakta-fakta buruk yang tersembunyi di dalam beberapa forum, komunitas, milis dan grup di dunia maya. Jangan terkecoh dengan mereka harus membayar sejumlah uang untuk bisa terdaftar dalam website job seeker tersebut, bahkan mereka bisa membayarnya dengan kartu kredit bajakan bukan?
  4. Spam website denga perusahaan abal abal
    Websitenya memang meyakinkan bahkan terlihat jelas dikelola dengan professional. Hanya saja rupanya Anda tidak akan menemukan perusahaan ini karena perusahaannya tak lebih dari fiksional. Meski ini sedikit sulit dilacak, tetapi bukan tidak bisa Anda lacak. Lagi-lagi coba telusuri dari search engine untuk memastikan keberadaan perusahaan. Anda juga bisa telusuri SIUP atau nama badan hukumnya langsung ke departemen perdagangan.
  5. Spam website job seeker
    Ini kadang yang lebih buruk lagi, kalau Anda terdampar pada website job seeker abal abal. Itu sebabnya sangat disarankan untuk sangat selektif mendaftarkan diri Anda dan memasukan informasi dan identitas Anda pada website job seeker, karena bisa jadi Anda malah terjebak dalam website abal abal. Mereka hanya bertujuan menampung data Anda, menjadikannya bagian dari bank data dan menjual data Anda kepada konsumen yang membutuhkan. Kabar buruknya, Anda bisa jadi terjebak dalam masalah yang tidak Anda lakukan atau ketahui dan Anda sama sekali tidak bertemu satupun peluang kerja di sana.

Itulah 5 model spam yang perlu Anda waspadai ketika Anda berminat berburu pekerjaan sampingan online. Meski pekerjaan sampingan yang Anda incar, bukan lantas Anda ikhlas kalau Anda menjadi korban penipuan bukan? Jadi selalu kedepankan kewaspadaan dalam perburuan Anda.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

kerja jadi spammer
Tips Cari Pekerjaan Sampingan Online, Awas Dan Waspadai 5 Model Spam Berikut Ini | Hari Murti | 4.5

Komentar :