Tips Bisnis Sampingan Ternak Burung Kacer Juara

Tips Bisnis Sampingan Ternak Burung Kacer Juara

Tips Bisnis Sampingan Ternak Burung Kacer Juara

Dikalangan penggemar kicau mania, nama burung kacer terbilang primadona. Pasalnya suara merdu yang khas dari burung hutan satu ini memang sangat memikat. Burung ini termasuk jenis aduan suara yang paling populer dan banyak penggemarnya. Jangan kaget kalau banyak pula yang tertarik terjun pada bisnis sampingan ternak burung kacer juara.

Secara teknis, untuk mendapatkan burung kacer juara adalah dengan menghasilkan anakan dari jenis burung kacer yang memang sudah mengukir prestasi. Bakat alam dari indukan konon dipercaya akan turun pada anakannya. Tinggal dirawat dengan seksama dan latihan yang teratur untuk memoles bakat alamnya, maka burung kacer anakan ini juga akan menyusul prestasi indukannya.

Tetapi rupanya teori klasik dalam memelihara burung juara tidak lantas sesederhana itu. Ada beberapa aspek spesifik dari karakter burung kacer dan pasaran burung kacer ini yang perlu Anda pahami ketika Anda memilih terjun pada bisnis sampingan ternak burung kacer juara.

Burung kacer termasuk jenis burung yang sedikit rewel dan meminta perlakuan khusus atau dia akan memilih untuk diam saja serta tidak berkicau. Padahal bila tidak berkicau rupanya burung kacer ini akan kembung dan pada akhirnya justru bisa sakit. Jadi tidak sederhana bukan memilihara burung kacer, jelas saja kalau harga di pasaran burung kacer jenis juara bisa mencapai jutaan rupiah, malah puluhan juta.

Mungkin untuk memudahkan Anda yang tertarik pada bisnis sampingan ini, berikut ini adalah beberapa tips sederhana dalam menjalankan bisnis sampingan ternak burung kacer juara, terutama dalam memelihara burung kacer untuk menjadi jawara.

  1. Burung kacer membutuhkan udara segar pagi, jadi jangan lupa menganginkan kacer di udara terbuka pagi hari sekitar pukul 07 pagi. Kala itu matahari belum terik dan udara masih segar sehingga sangat baik untuk rongga udara dari burung kacer.
  2. Segarkan burung kacer dengan memandikannya, bisa dengan disemprot dengan spray khusus atau dengan dimasukan dalam keramba mandi. Memandikan burung kacer sangat baik untuk menjaga kebersihan burung ini.
  3. Sementara itu, bersihkan kandangnya, hilangkan dari kotoran dan genangan air dang anti air minumnya dengan air minum bersih, sebaiknya dari jenis air dengan kandungan mineral untuk membantu menjaga metabolismenya.
  4. Jemur burung pasca dimandikan supaya tetap hangat di matahari pagi. Selain untuk membuatnya hangat dan untuk mengeringkan bulunya, Penjemuran ini sangat penting untuk menjaga kondisi metabolisme dan imunitasnya. Karena ketika metabolisme dan imunitasnya menurun maka kualitas suaranya juga menurun bahkan burung bisa enggan berkicau.
  5. Setelah matahari mulai panas, burung kacer sebaiknya Anda kerodong. Mereka kurang suka denga udara panas.
  6. Pada sore hari Anda bisa memancing burung kacer untuk berlatih menggunakan rekaman suara burung kacer master. Contoh suara akan memancing mereka untuk ikut bersuara dan melatihnya meniru suara sama persis dengan contoh yang diperdengarkan setiap saat.
  7. Pada sore hari Anda perlu pula anginkan kembali burung kacer kesayangan Anda ini supaya dia merasa nyaman setelah Anda kerodong seharian.
  8. Asupkan 3 ekor jangkrik dipagi hari dan 2 ekor jangkrik di sore hari dalam pakan burung kacer, karena jangkrik merupakan pakan terbaik untuk burung kicau. Anda bisa menambahkan asupan jangkrik di hari menjelang kejuaraan.
  9. Tambahkan asupan kroto dan cacing secara berselang seling untuk membantu meningkatkan kualitas protein dalam tubuhnya. Burung kacer membutuhkan banyak asupan protein.
  10. Biarkan burung kacer Anda umbar sesekali di kandang umbaran untuk memberinya ruang leluasa beberapa saat, Anda bisa lakukan setiap 3 hari sekali selama setidaknya 4 jam, pastikan lokasi kandang umbaran tidak terlalu panas dan mendapat suplai sinar matahari berlebihan.
  11. Ketika malam hari, kerodong kembali kandang dan pasang suara kacer master kembali hingga pagi untuk membantunya merekam suara yang seharusnya dia produksi ketika berkicau.

Artikel lainya: Ternak burung cucak ijo

Demikian tadi beberapa tips sederhana dalam mencetak kacer jawara dalam menjalankan bisnis sampingan ternak burung kacer juara. Anda bisa mencobanya sendiri dalam bisnis burung kacer yang Anda rintis

Tag:

Keuntungan ternak kacer, keuntungan ternak burung kacer, untungnya ternak kacer 2016, ternak kacer menguntungkan, ternak kacer, budget untuk usaha ternak kacer, beternak kacer usaha rumahan, berapa keuntungan tetnak brung kacer, www ternak kacer bisnis, analisa burung kicau
Tips Bisnis Sampingan Ternak Burung Kacer Juara | Hari Murti | 4.5

Komentar :