Tips Bisnis Sampingan Budidaya Ikan Lele Sangkuriang

Tips Bisnis Sampingan Budidaya Ikan Lele Sangkuriang

Tips Bisnis Sampingan Budidaya Ikan Lele Sangkuriang

Beberapa waktu lalu kami sudah berbagi mengenai beberapa tips mengenai pemeliharaan beragam burung kicauan yang sedang menjadi salah satu trend menarik di dunia agro. Kali ini kita mencoba merambah industry perikanan yang rupanya tidak kalah potensial sebagai bisnis agro dengan hasil memikat. Apalagi kalau bukan bisnis sampingan budidaya ikan lele sangkuriang.

Selama ini untuk menjalankan bisnis ikan lele sangkuriang, orang identik menjalankannya dalam skala besar, dengan lahan berhektar hektar yang tentu saja berarti juga memakan biaya besar. Tidak banyak yang tau kalau usaha lele sangkuriang juga cocok menjadi usaha sampingan. Hanya memanfaatkan lahan kecil secukupnya di halaman belakang rumah Anda.

Bahkan seorang pelaku bisnis sampingan budidaya ikan lele sangkuriang mengaku hanya memulai usaha dengan modal 1,5 juta dan memanfaatkan lahan kecil di belakang rumahnya untuk sekitar 1000 bibi lele sangkuriang. Dalam 5 tahun kini pelaku usaha asal Bogor bernama Fauzan ini sudah membukukan omset sekitar 200 juta tiap bulan.

Bagaimana caranya dan apakah tips-tips spesifik dari bisnis sampingan budidaya ikan lele sangkuriang ini? Ini dia informasinya untuk Anda.

  1. Siapkan kolam
    Karena di sinilah tempat hidup ikan lele sangkuriang ini nantinya, jadi inilah langkah awal yang harus Anda lakukan. Ukuran kolam harus Anda sesuaikan dengan ukuran lahan yang tersedia. Gali dengan kedalaman sekitar 120 cm. Tutupi kolam tanah buatan Anda tadi dengan terpal. Konon justru dengan kolam terpal ikan lele tidak akan bau tanah dan lebih tahan penyakit. Pastikan Anda menggunakan air dengan kualitas baik, bebas bahan kimia seperti kaporit. Dan tentu saja lakukan pengurasan rutin setiap 2 minggu sekali, meski ikan lele termasuk ikan yang tahan air kotor, tetapi mengurasnya membantu ikan lebih tahan sakit.
  2. Penyediaan bibit
    Pastikan Anda menyediakan bibit sesuai dengan ukuran kolam terpal yang Anda miliki. Beberapa pelaku bisnis sampingan budidaya ikan lele sangkuriang ini mengaku bisa mempertahankan bibit ikan antara 40 % hingga 70 %. Tergantung kualitas air dan perawatan Anda. Pilihlah bibit dengan ukuran sekitar 5 -8 cm, karena di usia ini daya tahannya sudah lebih matang dan cukup kuat untuk beradaptasi dengan kolam baru.
  3. Pemberian pakan
    Ikan lele adalah sejenis omnivora, alias pemakan segala. Jadi jangan kaget kalau mereka bisa memakan apapun yang Anda berikan. Mulai dari dedak, bekatul, jagung hingga serangga dan sayuran macam daun talas. Namun ada baiknya Anda menambahkan pellet karena di dalamnya sudah tersedia konsentrat yang memenuhi kebutuhan nutrisinya. Secara umum berikan asupan makanan 5 % dari total berat tubuhnya sebanyak 3 kali sehari. Karena sisa makanan yang berlebihan akan mengganggu kenyamanannya di kolam, selain itu ikan lele sebaiknya tidak terlalu kenyang karena membuat mereka malas bergerak. Bila mereka jarang bergerak mereka akan lebih mudah sakit
  4. Penjualan
    Dari seekor bibit 8cm Anda bisa mendapatkan seekor ikan lele sangkuriang dewasa seukuran 250 gram dalam 130 hari. Konon rasanya lebih gurih dengan daging ikan yang lebih lembut. Itu sebabnya kebanyakan pelaku usaha restoran professional lebih menyukai ikan lele sangkuriang dari lele biasa dan lele dumbo. Di sinilah celah yang bisa Anda ambil. Anda bisa masuk dalam kelompok koperasi lele sangkuriang yang akan mengumpulkan ikan dan memasukannya ke pasar secara rombongan. Atau dengan cara bekerja sama dengan restoran atau hotel secara langsung sebagai supplier tetap ikan lele sangkuriang. Pilihan pertama lebih banyak diambli pelaku bisnis sampingan budidaya ikan lele sangkuriang karena dalam skala sampingan Anda hanya mampu mensuplai ikan dalam jumlah kecil dan sulit menawarkan jumlah terbatas untuk posisi supplier tetap.

Artikel lainya: Budidaya Burung puyuh

Itu tadi beberapa tips dalam menjalankan bisnis sampingan budidaya ikan lele sangkuriang. Tidak sulit memang memelihara ikan lele sangkuriang dan menjadikannya sebagai usaha potensial sampingan untuk Anda dan keluarga. Kesederhanaannya memungkinkan Anda bisa menyambinya dengan pekerjaan utama dengan mudah. Siapa tau Anda akan menjadi Fauzan berikutnya, menjadi jutawan dari modal pas-pasan dengan bisnis sampingan budidaya ikan lele sangkuriang.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

budidaya lele sangkuriang, modal usaha lele sangkuriang, peluang budidaya lele sangkuriang, omset lele sangkurian, omset lele, modal kecil awal ternak lele sangkuriang, modal awal usaha lele sangkuriang, memulai usaha ternak lele sangkuriang, manisnya bisnis ternak lele sangkuriang, ternak lele modal awal
Tips Bisnis Sampingan Budidaya Ikan Lele Sangkuriang | Hari Murti | 4.5

Komentar :