Tips Bisnis Hari Ini, Kiat Sukses Dengan Pameran, Pelajari 7 Tips Berikut Ini

Tips Bisnis Hari Ini, Kiat Sukses Dengan Pameran, Pelajari 7 Tips Berikut Ini

Tips Bisnis Hari Ini, Kiat Sukses Dengan Pameran, Pelajari 7 Tips Berikut Ini

Ada banyak cara brilian dalam mengembangkan bisnis hari ini. Tidak melulu harus berkutat dengan dunia online. Karena kini berkembang pemasaran offline yang jauh lebih efektif dan tersistem baik dengan hasil yang cukup memuaskan.

Salah satunya adalah dengan teknik pemasaran melalui media pameran.Cara ini terbukti jitu dalam membidik target pasar Anda dengan efektif. Karena pameran tak ubahnya pasar yang dibuat sekondusif mungkin sehingga memudahkan pertemuan Anda dengan para konsumen dan buyer.

Sayangnya banyak orang yang tidak sukses dengan langkah mereka mengikuti pameran. Alih-alih mendapatkan banyak konsumen dan buyer, mereka malah buntung karena harus memenuhi sederet tagihan dari kebersertaan mereka dalam pameran.

Untuk itu dalam tips bisnis hari ini, kami akan mencoba berbagi tips mengenai bagaimana seharusnya mempersiapkan sebuah pameran dan termasuk hal-hal awal yang harus Anda lakukan demi mencapai hasil yang optimal.

  1. Tentukan tujuan pameran di awal
    Ada banyak tujuan dari Anda mengikuti sebuah pameran, meski bermuara pada satu arah mempromosikan usaha atau produk Anda. Hanya saja tentu akan berbeda ketika Anda mengikuti pameran untuk mempromosikan produk tas hasil kerajinan Anda dengan mempromosikan jasa bimbel calistung dan akan berbeda lagi kalau Anda bermaksud mempromosikan sistem bisnis waralaba yang Anda kembangkan.
  2. Rencanakan sistem promosinya
    Ketika Anda sudah siap dengan tujuan, kini implementasikan ide dan tujuan ini dalam konsep promosi yang matang. Bagaimana menarik minat pengunjung pameran datang ke booth Anda, bagaimana memberi penjelasan yang menarik, bagaimana membuat pengunjung memutuskan transaksi pada booth Anda.
  3. Pemilihan event pameran
    Ada banyak pameran diselenggarakan tiap tahun. Masalahnya kalau Anda mengikuti semua pameran tanpa Anda pilah dulu, bukan mustahil Anda malah terjerumus dalam pemborosan. Pilihlah pameran yang sekiranya menguntungkan, sesuai antara biaya dengan prospeknya dan diselenggarakan oleh even organizer yang kompeten, dalam cakupan yang cukup besar sehingga memungkinkan tingkat kunjungan yang tinggi dan mendapat dukungan dari asosiasi terkait untuk membangun sinergi yang baik. Sesuaikan pula pameran dengan target pasar Anda, seperti bila Anda mentargetkan pasar manca maka pameran kelas global macam Inacraft bisa menjadi pilihan meski harus mengeluarkan dana lebih besar sebagai peserta.
  4. Lokasi Booth
    Anda sudah memastikan untuk mengikuti sebuah pameran, maka yang perlu Anda lakukan adalah Anda memastikan memilih booth yang strategis. Tentu saja tetap harus Anda sesuaikan dengan kemampuan dana Anda, karena semakin strategis lokasi booth semakin besar harga yang akan dikenakan. Kata strategis tidak selamanya berarti harus terletak di depan, kadang memilih booth di tengah dengan lokasi tak jauh dari booth atau spot yang populer pada tiap pameran saja sudah bisa menjadi cara jitu menarik pengunjung. Yang jelas booth semacam ini jelas lebih murah ketimbang booth paling depan.
  5. Penataan display dan desain
    Selain lokasi yang strategis di dalam pameran, desain dan tampilan dari booth juga menempati urutan penting dalam sebuah pameran. Diantara sederet booth dengan aneka produk, pengunjung akan melihat secara khusus pada booth dengan tampilan mencolok dan menimbulkan rasa penasaran. Bahkan booth yang tidak berada pada lokasi strategis bisa saja mencuri perhatian berkat tampilannya yang menarik. Pasang spot utama sebagai pencuri perhatian seperti etalase dengan produk yang paling eye catching atau stand banner dengan gambar yang menimbulkan pertanyaan.
  6. Siapkan sistem
    Dalam pelaksanaanya Anda membutuhkan beberapa instrument dalam sistem, yakni personal in charge, marketing tools dan program. Siapkan tiga instrument ini dengan seoptimal mungkin seerti memilih tenaga kerja yang sudah cukup berkualifikasi dengan pemahaman yang baik soal produk dan sistem, siapkan semua bahan dan materi promosi secara lengkap dan pastikan Anda juga membuat program promosi yang memikat pengunjung untuk memutuskan transaksi di booth Anda.
  7. Siapkan produk
    Point ini khusus untuk Anda yang mengikuti pameran untuk menjual produk, yakni pastikan stok Anda cukup lengkap dan mencukupi. Akan sangat memalukan dan mengecewakan kalau Anda tidak menyediakan produk dengan stok yang memadai di pameran. Pengunjung akan meliaht Anda tidak serius karena tidak memastikan stok terlebih dulu.

Itu dia tips bisnis hari ini seputar mempersiapkan bisnis Anda mengikuti pameran. Anda bisa mencicipi sukses dengan mengkoleksi penjualan dan pesanan dari hanya serius menjalankan pameran sesuai dengan tips bisnis hari ini di sini.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

tips sukses usaha jasa dlm pameran
Tips Bisnis Hari Ini, Kiat Sukses Dengan Pameran, Pelajari 7 Tips Berikut Ini | Hari Murti | 4.5

Komentar :