Tips Bisnis Bumbu Resep Masakan Sederhana, Di Jamin Cepat Panen Laba

Tips Bisnis Bumbu Resep Masakan Sederhana, Di Jamin Cepat Panen Laba

Tips Bisnis Bumbu Resep Masakan Sederhana, Di Jamin Cepat Panen Laba

Resep masakan sederhana -Dalam kesempatan penulisan sebelumnya, kami sudah membahas mengenai bagaimana cara tepat dalam menjalankan usaha bisnis bumbu masakan Indonesia.

Namun, alih-alih menjalankan bisnis yang memerlukan keahlian khusus terutama dalam hal pemahaman beragam resep nusantara, tidak ada salahnya Anda mencoba usaha yang lebih simpel dalam bidang yang sama, dengan memproduksi bumbu resep masakan sederhana.

Berbeda dengan bisnis masakan nusantara yang secara spesifik menyediakan bumbu masak untuk masakan tertentu yang siap pakai dan tinggal tumis atau olah saja. Maka di sini Anda hanya menyediakan bumbu dasar dan masih menuntut sang koki untuk meracik sendiri perpaduan bumbu yang tepat untuk menciptakan bumbu yang lebih baik dan berkualitas.

Bagi mereka yang tidak pakar dengan urusan dapur dan masakan, produk bumbu resep makanan sederhana ini memang kurang menarik. Karena konsumen tetap dituntut memahami resep dengan baik dan perpaduan racikan dengan tepat untuk bisa menciptakan masakan yang nikmat.

Namun bagi mereka yang hobi masak dan cukup mahir dengan masakan yang beragam, cara ini lebih menarik. Bagaimanapun para ibu penghobi masak ini sudah memiliki racikan mereka sendiri dengan rasa dan kenikmatan yang original.

Jadi tentu mereka akan merasa lebih mantap dengan resep milik mereka sendiri ketimbang menggunakan bumbu jadi yang nyatanya memang bumbu milik orang lain.

Hanya saja kebutuhan akan bumbu siap pakai, bebas dari urusan mengupas, menghaluskan dan menumis tetap menjadi tuntutan kelompok konsumen ini. Inilah yang kemudian melahirkan ide produk bumbu resep masakan sederhana.

Karena dari resep masakan sederhana ini mereka menyediakan beragam bumbu dasar yang memberikan keleluasaan sebebasnya bagi konsumen untuk meracik dengan selera dan gaya masakan mereka sendiri.

Memang harus diakui potensi dari pasar bisnis bumbu resep masakan sederhana ini tidak seluas usaha bisnis bumbu siap pakai masakan nusantara yang sudah lebih banyak digemari. Untuk itu ada beberapa kiat khusus yang membantu mendorong peningkatan penjualan bagi produk bumbu resep masakan sederhana ini, seperti berikut ini :

  1. Pastikan kualitas dan originalitas rasa
    Kebanyakan konsumen akan tertarik pada bumbu dasar putih, bumbu dasar merah dan bumbu dasar kuning. Namun Anda juga bisa memberikan inovasi lain dalam ramuan bumbu dasar sesuai dengan standar bisnis yang Anda jalankan.
    Hanya saja yang tetap perlu Anda utamakan di sini adalah originalitas rasa. Karena fungsi bumbu dasar tak ubahnya dengan bahan asli yang sudah dihaluskan dan ditanakan, maka pastikan rasa memang tidak berubah. Hindari menambahkan bumbu yang diluar standar tanpa rujicoba mendalam karena bisa jadi justru merusak rasa.
  2. Promosikan ke pelaku usaha kuliner
    Seperti sudah dikatakan di atas kebanyakan konsumen dari produk bisnis bumbu resep masakan sederhana ini adalah para pakar dalam bidang kuliner. Justru tidak banyak konsumen dari kelompok rumahan yang memilih produk bumbu dasar sederhana ini.
    Jadi alih alih berpromosi dengan menyentuh pasar rumah tangga, Anda bisa mencoba menembus pasar usaha kuliner macam catering dan restoran. Selama bumbu Anda tetap original dengan rasa dan aroma yang tetap asli, maka Anda bisa menawarkan solusi praktis bagi pelaku kuliner. Mereka bisa meracik masakan khas restoran milik mereka dengan bumbu dasar sederhana dari Anda.

Untuk memasuki pasar ini Anda bisa dengan memberikan sampel bumbu pada chef dari restoran atau catering bersangkutan. Dari sana berikan mereka pengalaman pribadi dalam menjajal bumbu Anda untuk memasak resep andalan mereka dengan lebih praktis.

  • Sediakan kemasan besar
    Berhubung Anda membuka pasar di kalangan produsen, maka Anda juga harus mengakomodasi kebutuhan mereka. Termasuk menyediakan kemasan yang lebih ekonomis dan dalam jumlah grosir. Jadi sediakan wadah yang lebih besar untuk memenuhi permintaan pasar catering dan restoran ini.
    Tentu dengan pengemasan lebih besar, harga jual dari produk bumbu dasar sederhana yang Anda sediakan ini bisa lebih ditekan juga lebih praktis bagi pelaku usaha dalam menyimpan dan membeli tanpa harus bolak balik transaksi.

Menyikapi konsep pengemasan dalam ukuran besar ini dan adanya pola pembelian yang lebih besar dan berketerusan ketika Anda mulai menjual produk ke pasar catering dan restoran, maka tidak ada pilihan lain untuk Anda pun harus memperbesar skala produksi.

Tidak ada lagi eksklusifitas karena di sini bahkan bukan tidak mungkin nama brand Anda nantinya hanya menjadi rahasia dapur dari banyak dapur besar. Target Anda adalah menyediakan suplai bumbu dasar dalam jumlah besar dengan tetap mempertahankan kualitas dan originalitas.

  • Memastikan suplai bahan baku dan dapur produksi yang sesuai
    Menyikapi tuntutan untuk memproduksi dalam jumlah besar dengan standar kualitas dan originalitas yang tinggi, maka Anda harus menyediakan waktu lebih untuk memastikan keberlangsungan suplai bahan baku yang memenuhi standar kualitas. Anda harus memastikan setiap harinya tersedia bahan baku yang berkualitas untuk operasional dapur.
    bukan hanya soal bahan baku saja, karena di sini Anda akan masuk dalam pasar suplai kuliner professional, maka pastikan pula soal kualitas dan standar operasional dapur yang sesuai. Perhatikan dengan baik higienitas, suplai bahan bakar dan peralatan yang sesuai standar operasi. Karena dari sini Anda juga bisa mendapatkan ijin depkes yang akan menambah nilai jual Anda di pasar kuliner professional.
  • Jalur penjualan dan jalur distribusi
    Untuk memastikan produk sampai dengan baik ke tangan para pelaku usaha, Anda harus memastikan jalur distribusi yang baik dengan tetap menjamin kesinambungan suplai untuk para konsumen. Ketepatan pengiriman suplai merupakan salah satu tuntutan professional dari bisnis bumbu resep masakan sederhana yang bekerja dengan usaha professional macam usaha catering dan restoran.
    Di sisi lain, pemilik bisnis bumbu resep masakan sederhana ini juga berkepentingan untuk menjual dengan jalur diluar sistem penjualan langsung ini. Anda bisa mencoba jalur supermarket horeka yang memang lebih fokus untuk mensuplai kebutuhan pasar horeka (Hotel, Restoran dan Katering). Jalur ini akan memperluas penjualan Anda ke usaha horeka yang belum Anda jangkau di kota tersebut.

Menariknya kebanyakan supermarket horeka macam ini menggunakan sistem member kepada konsumennya, jadi mereka secara kontinyu mengadakan gathering dengan konsumen mereka yang bisa Anda manfaatkan untuk promosi dengan ikut serta dalam paket produk promosi atau dengan mengadakan demo masak.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda contek untuk mengembangkan bisnis bumbu resep masakan sederhana. Dengan menerapkan beberapa tips dan trik di atas bisa jadi usaha Anda akan berkembang dengan lebih cepat

Artikel lainya: Bisnis bumbu resep masakan Indonesia

Persaingan yang belum seketat usaha bumbu masakan nusantara yang sudah keburu dikuasai para vendor besar di pasaran, membuat Anda bisa lebih leluasa memasuki pasar. Bahkan tidak mustahil bumbu resep masakan sederhana yang Anda kembangkan ini akan menjadi pioneer di kota Anda.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

resep makanan nusantara pakai paket, cara bisnis bumbu dapur, bisnis bumbu dapur, resep masakan simple, resep masakan sederhana, masakan sederhana rumahan, resep sederhana, menu masakan rumahan yang sederhana, cara mempromosikan bumbu masakan yg kreatif, bisnis bumbu racikan
Tips Bisnis Bumbu Resep Masakan Sederhana, Di Jamin Cepat Panen Laba | Hari Murti | 4.5

Komentar :