Tips 5 Langkah Penting Dalam Memulai Bisnis Online Shop Fashion

Tips 5 Langkah Penting Dalam Memulai Bisnis Online Shop Fashion

Tips 5 Langkah Penting Dalam Memulai Bisnis Online Shop Fashion

Bisnis online shop fashion bisa jadi adalah salah satu bisnis online shop yang paling banyak dari berbagi pilihan bisnis online shop lain. Fashion sendiri adalah satu kebutuhan yang tak ada habisnya , seakan bagi manusia, kebutuhan satu ini terus mengalir tanpa henti seiring perkembangan jaman, trend, usia, karier dan pekerjaan hingga tahapan hidup.

Begitu besarnya potensi dari bisnis online shop dengan genre fashion ini hingga sebuh website bertajuk smallbusiness mengatakan setidaknya 60% pemain pasar online shop masuk dalam ranah pasar fashion. Bukankah itu artinya ada persaingan super ketat menanti setiap pendatang baru? Tidak sepenuhnya benar, meski kenyataan jumlah 60% tadi jelas menunjukan porsi besar persaingan. Padahal angka ini belum menghitung pelaku bisnis fashion offline yang konvensional.

Persaingan memang ketat, tetapi fashion sarat inovasi dan perbedaan selera serta kebutuhan. Tidak semua produk dicari oleh semua kalangan. Artinya setiap produk fashion memiliki pangsa pasarnya masing-masing dengan harga, kreasi dan kualitas yang sesuai. Itu membuat pasar fashion serta produknya cukup terkotak-kotak sehingga persaingan menjadi terbatas.

Dengan persaingan semacam ini, ada kabar baik yang perlu menjadi perhatian Anda. Fashion adalah permintaan yang mengalir, artinya setiap beberapa saat seseorang akan membutuhkan item fashion baru. Jadi permintaan tidak akan habis,apalagi ditambah dengan perubahan trend, perubahan usia, perubahan bentuk tubuh dan sebagainya.

Potensi memang besar, tetapi bukan lantas Anda tidak mengindahkan masalah persaingan bukan? Jadi ketika Anda datang sebagai pendatang baru, ada beberapa langkah strategis awal yang perlu Anda lakukan untuk bisa membidik pasar dengan jitu dan mencuri perhatian konsumen. Apa saja kah itu?

  1. Lakukan riset awal
    Lakukan riset untuk melihat produk macam apa yang menarik minat Anda untuk Anda jual, kemana Anda akan menjualnya, atau dengan kata lain siapa target pasar Anda dan pahami dengan baik karakter dan motivasi mereka dalam membeli. Ini membantu Anda mempromosikan produk fashion Anda dengan tepat nantinya.
  2. Pastikan supplier Anda
    Sudah dengan riset, kini pastikan Anda menemukan supplier dari produk fashion Anda. Jangan teledor pada tahap ini karena supplier pilihan Anda harus menjadi support terbaik bagi kelangsungan usaha Anda , mulai dari kualitas produk mereka sampai kemampuan mereka memenuhi permintaan. Kadang perlu pula membahas mengenai termin di sini.
  3. Siapkan sistem operasional
    Pada saat ini, Anda harus mulai membentuk sistem operasi dari usaha fashion Anda. Bisnis online shop fashion akan tetap membutuhkan masalah sistem pergudangan (bila ada), sistem aliran kas dan perhitungan keuntungan, sistem jam kerja dan masih banyak lagi. Anda boleh saja memulainya dari skala kecil, tetapi ketika Anda menunda urusan manajerial macam ini, Anda akan terjebak pada masalah manajerial yang lebih rumit nantinya.
  4. Siapkan website
    Cara membuka bisnis online shop secara professional adalah dengan membuka toko online berbentuk website. Ada biaya yang perlu Anda keluarkan untuk urusan satu ini, tetapi relatif tidak terlalu besar. Desain web sesuai dengan target pasar Anda. Buat web yang mudah diakses dan mudah dipahami oleh pengunjung. Web yang terlalu rumit dan penuh kadang justru membuat pengunjung tidak betah. Mereka perlu dibuat betah untuk sekedar window shoping dulu, dari sinilah mereka baru akan membeli.
  5. Siapkan strategi pemasaran
    Kenali dimana Anda bisa menemukan populasi online dari target pasar Anda. Ini sangat penting untuk menembakan strategi pemasaran dengan jitu. Misalkan produk Anda adalah busana korea ala remaja, maka coba masuklah dalam komunitas penggemar korea di facebook dan forum-forum lain. Bila perlu jalin kerjasama dengan pemilik page dengan tema korea untuk mendapatkan space iklan yang layak. Berbeda bila produk Anda adalah produk pakaian kerja maka komunitas milist, dan facebook grup bertema senada bisa Anda pilih sebagai media promosi. Buat akun facebook page yang terkoneksi dengan web dan berikan sentuhan nuansa sesuai target pasar. Coba berbagi informasi terkait dengan dunia dari konsumen Anda dengan update status untuk memikat calon konsumen mereka.

Baca juga: cara menentukan harga produk

Tidak sulit memang membuka bisnis online shop fashion, tetapi juga bukan perkara sederhana dan mudah. Persaingan sudah demikian ketat meski pasar memang tidak kehabisan permintaan. Tetapi tetap saja, Anda membutuhkan strategi jitu untuk sukses di dalamnya.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

bisnis online shop fashion
Tips 5 Langkah Penting Dalam Memulai Bisnis Online Shop Fashion | Hari Murti | 4.5

Komentar :