Tertarik Usaha Ternak Ayam Pelung, Coba Beberapa Tips Sederhana Ini

Tertarik Usaha Ternak Ayam Pelung, Coba Beberapa Tips Sederhana Ini

Tertarik Usaha Ternak Ayam Pelung, Coba Beberapa Tips Sederhana Ini

Siapa bilang untuk mendapatkan ayam super yang handal di beragam pertandingan Anda perlu mencari ayam jenis hasil silangan, karena rupanya Indonesia cukup kaya dengan beragam jenis ayam yang cukup memiliki pesona untuk dihargai relatif tinggi. Salah satunya adalah ternak ayam pelung.

Itu sebabnya usaha ternak ayam pelung juga layak menjadi ide usaha potensial. Pasalnya dari seekor ayam pelung kualitas super dengan kemampuan yang sudah terlatih dengan baik, bahkan sudah mencetak kemenangan, bisa saja terjual di atas nominal 20 juta.

Bahkan untuk jenis pelung biasa dengan kualitas standar, Anda tidak bisa membelinya dengan harga di bawah 100 juta sebagaimana harga ayam kampung biasa. Itu sebabnya bisa dikatakan ayam pelung adalah jenis ayam asli Indonesia dengan harga yang relatif tinggi.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan ayam dengan postur tinggi besar ini dijual lebih mahal dari kebanyakan ayam kampung biasa. Utamanya karena ayam pelung memiliki bakat untuk menjadi ayam aduan suara. Kokokan ayam satu ini panjang dan memiliki nada yang memikat. Selain itu, ayam pelung memiliki postur besar sehingga bobot totalnya lebih besar dari ayam kampung.

Yang menarik, meski dijual dengan harga cukup tinggi, justru ayam pelung merupakan ayam yang memiliki daya tahan tubuh lebih baik dari kebanyakan ayam kampung. Bahkan karena daya tahan tubuhnya yang terbilang unggul inilah kemudian ayam pelung menjadi induk silangan calon indukan ayam bekisar kualitas super.

Dengan harga DOC atau anakan yang hanya berkisar 10 ribuan perekor, rasanya tidak sulit memulai usaha kecil ternak ayam pelung. Cukup diawali dengan beberapa ekor di awal dan membesarkan sekaligus Anda latih supaya memiliki suara kokokan yang bagus, maka Anda bisa berharap untuk mendapatkan keuntungan besar dari ayam pelung Anda.

Kalau Anda tertarik untuk menjalankan usaha ternak ayam pelung, berikut ini adalah beberapa tips tepat untuk sukses dengan usaha ternak Anda.

  1. Dapatkan anakan dari indukan unggul
    Kalau Anda tertarik untuk mengembangkan usaha ternak ayam pelung yang professional, carilah anakan dari indukan jenis ayam pelung yang unggul atau jawara. Setidaknya sifat dan bakat yang berasal dari indukan bisa menurun pada anakannya dan memudahkan Anda untuk pemeliharaan dan pelatihan supaya siap menjadi jawara baru dan tentu saja siap Anda jual dengan nominal yang besar.
  2. Penuhi kebutuhan asupan ayam pelung dengan optimal
    Untuk menjaga kualitas kondisi otot ayam sekaligus otot suaranya, ayam pelung membutuhkan banyak asupan protein dari hewani mentah. Asupan ini sangat membantu menjaga kegagahan postur ayam pelung sekaligus membantu meningkatkan kualitas suaranya. Selain itu ayam pelung membutuhkan banyak asupan kacang-kacangan yang baik untuk membentuk suara lebih renyah dan pisang kapok yang dipercaya membantu membuat suara lebih mulus dan tidak serak.
  3. Kebersihan dan penjemuran
    Ayam pelung tergolong sensitive dengan kotor, itu sebabnya pastikan kandang mereka nyaman dan bersih supaya mereka tidak tertekan, mandikan dan jemur setiap hari di pagi hari untuk membantunya lebih nyaman denga tubuhnya. Juga ditemukan bukti ayam yang segar cenderung lebih aktif di pagi hari sehingga lebih sering berkokok.
  4. Hilangkan lendir pada ayam
    Beri makan ayam dengan larutan jamu yang mengandung kencur untuk menjernihan suara sekaligus mencegah tenggorokan terserang lendir. Di sisi lain ada beberapa mitos yang masih dipercaya dapat mengangkat slam atau lendir pada tenggorokan, yakni dengan memasukan belut pada tenggorokan ayam pelung, menggosoknya hingga lendir terangkat dan keluar bersama belut.
  5. Ajak mengikuti lomba dari skala kecil
    Kadang ada ayam yang sebenarnya pandai berkokok indah namun akan diam saja ketika Anda ikutkan lomba, karena itu biasakan mereka dengan suasana lomba sedini mungkin dan libatkan mereka di dalam kejuaraan. Ini akan membuat mereka nyaman untuk berkokok dengan baik ketika dalam suasana lomba.
  6. Untuk mengawinkan ayam
    Dekatkan ayam betina dan pejantan di dalam kandang terpisah secara berjajar, diamkan mereka untuk berinteraksi hingga muncul sikap-sikap saling suka, baru kemudian satukan mereka dalam satu kandang supaya mereka bisa melakukan perkawinan.

Artikel lainya: Usaha ternak ayam kalkun

Itulah tadi beberapa tips sederhana untuk Anda bisa coba jajal ketika Anda ingin menjalankan usaha ternak ayam pelung. Semoga bermanfaat dan membantu Anda dengan usaha baru Anda ini. -Tim Siap Bisnis-

Tag:

ternak ayam pelung, jual beli pelung 2016, budidaya ayam pelung, bisnis ayam pelung, beternak ayam pelung, cara ternak ayam pelung, usaha ternak ayam pelung, usaha ayam pelung, Doc ayam pelung, budi daya ayam pelung
Tertarik Usaha Ternak Ayam Pelung, Coba Beberapa Tips Sederhana Ini | Hari Murti | 4.5

Komentar :