Ternak Burung Kenari Merah, Sebagai Bisnis Sampingan Yang Menguntungkan

Ternak Burung Kenari Merah, Sebagai Bisnis Sampingan Yang Menguntungkan

Ternak Burung Kenari Merah, Sebagai Bisnis Sampingan Yang Menguntungkan

Belakangan ini nama kenari merah semakin populer di kalangan penggemar burung hias. Warnanya yang merah cerah menjadi pesona tersendiri bagi penggemarnya. Harganya makin lama juga makin meroket seiring dengan meningkatnya popularitas. Itu sebabnya mulai bermunculan pelaku usaha sampingan ternak burung kenari merah.

Secara umum memang memelihara ternak burung kenari merah terbilang mudah. Burung satu ini cukup kuat meski bertubuh mungil. Perawatannya sederhana dan jauh dari kata ribet. Hanya saja Anda perlu memiliki waktu yang cukup karena bagaimanapun menjalankan usaha yang berkaitan dengan hewan tetap membutuhkan waktu perawatan yang cukup besar.

Tidak banyak perbedaan siginifikan antara menjalankan usaha sampingan ternak burung kenari merah dengan jenis ternak burung kenari lain pada umumnya. Bila sebelumnya faktor utama penilaian di pasar adalah suara meski penampilan mungil dan cerah dari burung kenari juga menjadi pertimbangan, dengan kenari merah maka unsur penampilan bisa jadi menempati posisi yang lebih besar.

Masalahnya ternak burung kenari merah memiliki kerentanan tinggi untuk memudar warna bulunya hanya karena faktor pakan, lingkungan, sinar matahari atau karena kondisi metabolismenya yang menurun. Padahal untuk seekor burung kenari merah dipasaran Anda bisa mendapatkan hasil sekitar 1 jutaan, meninggalkan jauh harga kenari standar yang hanya pada kisaran 400 ribuan saja.

Itu sebabnya sebagai pelaku usaha Anda berkepentingan memastikan kualitas warna dari bulu burung kenari merah, tidak hanya fokus pada kualitas suara nyaringnya yang merdu. Selain itu, pemasaran dari burung kenari juga lebih spesifik karena kelas pasarnya lebih tinggi dari jenis burung kenari biasa. Keuntungan dari usaha sampingan ternak burung kenari merah memang besar, tetapi tetap membutuhkan ketekunan khusus terutama memperhatikan beberapa aspek.

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah tips usaha sampingan ternak burung kenari merah.

  1. Kandang
    Secara umum burung kenari merah membutuhkan suplai sinar matahari untuk membentu pigmentasi pada bulunya. Tidak berlebihan tetapi secukupnya, jadi upayakan sediakan kandang di tempat terbuka dengan lubang yang cukup baik untuk menyediakan suplai sinar matahari bagi burung di dalamnya.
  2. Pakan
    Ini adalah unsur paling terpenting bagi burung kenari merah, karena beberapa ahli burung kenari merah meyakini pakan adalah salah satu unsure utama pemebentukan warna merah pada bulu. Pakan dengan kandungan beta karoten tinggi, seerpti cabe, pepaya, wortel, ubi, tomat, berry dan sebagainya adalah pakan terbaik untuk burung kenari merah. Karena betakaroten adalah sejenis antioksidan dengan kandungan pigmen merah yang membantu proses pembentukan warna merah pada bulu. Ada pula penambahan enzim canthaxanthin sejenis pewarna merah khusus yang ditoleransi oleh pencernaan burung selama dalam kadar wajar. Cara ini bersifat sebagai tambahan untuk membantu warna merah tetap awet.
  3. Kebersihan kandang
    Burung kenari merah lebih sensitive terhadap kandang yang kotor, mereka akan stress dan mengalami penurunan metabolisme hanya karena tidak merasa nyaman dengan kandang mereka. Jadi pastikan Anda rutin membersihkan kandang sebelum kandang benar-benar kotor. Lagipula kandang yang kotor memudahkan penyakit menyerang burung dan kembali akan merusak kualitas bulu dan suaranya.
  4. Pemilihan indukan
    Upayakan memilih indukan yang sudah matang setidaknya berusia di atas 8 bulan atau malah 1 tahun, tidak pula terlalu tua atau justru terlalu sering memiliki anak. Pada usia belum matang burung kenari juga belum memiliki alat reproduksi yang matang sehingga menurunkan kualitas, di sisi lain terlalu tua atau terlalu sering memiliki anak juga menyebabkan burung kenari merah cenderung lemah metabolismenya, sehingga kualitas anakan menurun. Kadang beberapa kasus dari indukan kenari merah tidak dijumpai anakan dengan kualitas merah yang baik karena kesalahan dalam memilih indukan.
  5. Pemasaran
    Untuk memasarkan burung kenari merah, ada baiknya Anda menyediakan semacam penanda peternakan, ini terkait dengan menunjukan kualitas burung sesuai dengan reputasi peternakan. Karena itu reputasi Anda perlu Anda jaga dengan baik dengan sendirinya maka nama peternakan Anda akan menjadi jaminan mutu. Pasalnya di pasaran juga muncul pemalsu burung kenari merah yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Artikel lainya: Bisnis ternak burung jalan suren

Itulah beberapa tips dalam menjalankan usaha sampingan ternak burung kenari merah dengan sukses. Anda tidak harus memulai dari skala besar, karena dengan potensi hasil yang besar dari burung kenari merah ini, dari modal beberapa juta saja Anda bisa mereguk hasil memuaskan.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

ternak burung yang menguntungkan, ternak burung yang paling menguntungkan, ternak burung paling menguntungkan, prospek ternak kenari 2016, ternak kenari merah, ternak burung rumahan, ternak burung menguntungkan, bisnis burung kenari, bisnis ternak burung kenari, ternak burung 2016
Ternak Burung Kenari Merah, Sebagai Bisnis Sampingan Yang Menguntungkan | Hari Murti | 4.5

Komentar :