Ternak Burung Cucak Ijo, Sebagai Bisnis Sampingan Yang Menjanjikan

Ternak burung cucak ijo, Sebagai Bisnis Sampingan Yang Menjanjikan

Ternak burung cucak ijo, Sebagai Bisnis Sampingan Yang Menjanjikan

Ketika Anda bermaksud untuk menjalankan bisnis sampingan ternak burung cucak ijo, Anda perlu memperhatikan dua nilai dari burung jenis satu ini. Pertama adalah sisi suara kicauanya yang menjadi salah satu favorit penggemar burung kicauan, kedua adalah sisi tampilannya yang cerah, cantik sekaligus tampak lincah.

Untuk itu, Anda tidak bisa hanya fokus pada satu sisi saja, karena kedua unsur ini menjadi penilaian kualitas burung cucak ijo termasuk dalam menentukan nilai jualnya. Hanya fokus pada kualitas kicauan saja tidak akan membuat burung yang terkenal sangat lincah bergerak ini mampu menggapai posisi jawara dalam kejuaraan.

Bicara soal tampilan bulu dan bentuk burung, ada satu masa dari siklus hidup burung dimana bulu-bulu dari burung mengalami proses meranggas. Ini adalah masa yang sangat riskan dari burung cucok ijo, karena ketika Anda salah menangani masa meranggas yang juga lebih banyak dikenal dengan istilah masa mabung, maka bulu yang tumbuh baru akan mengecewakan.

Masalah masa mabung ini adalah aspek penting dari perawatan ternak burung cucak ijo. Keberhasilan Anda melalui masa ini dengan baik akan menjadi salah satu kunci keberhasilan bisnis sampingan ternak burung Cucak ijo. Seperti apakah tips tepat dalam melalui masa mabung ini bagi pelaku tips bisnis sampingan ternak burung Cucak ijo?

  1. Jaga asupan protein
    Masa mabung ini membutuhkan sangat banyak asupan protein. Setidaknya masa ini akan memakan 25% kadar protein dalam tubuh burung cucak ijo. Karena 90% bagian dari bulu burung adalah jenis asam amino khusus bernama keratin. Ketika kadar protein dalam tubuh burung berkurang, maka massa otot dan kekenyalan otot akan berkurang, itu sebabnya Anda perlu menambahkan porsi asupan protein bagi burung selama masa mabung ini. Seperti dengan menambah asupan serangga, daging dan cacing.
  2. Tambahkan asupan mineral
    Proses pembentukan bulu juga membutuhkan kandungan mineral khusus semacam kalsium dan magnesium. Selain itu meranggasnya bulu bisa menurunkan metabolismenya, sehingga Anda perlu menambahkan asupan mineral yang sifatnya baik untuk menjaga kondisi tubuh dan menjaga kadar ion dalam tubuh. Itu sebabnya air dnegan kandungan mineral sangat baik untuk Anda suplaikan pada burung cucak ijo yang sedang melalui masa mabung.
  3. Tambahkan asupan vitamin
    Asupan vitamin C, A, E dan B sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh burung. Karena di dalam masa mabung ini kondisi tubuh burung menurun, massa otot juga menurun kualitasnya. Vitamin C dan A sangat penting untuk menjaga kondisi daya tahan tubuhnya, vitamin E untuk proses pembentukan regenerasi sel pada akar bulu dan vitamin B untuk membantu proses pembentukan kembali massa otot.
  4. Jaga kebersihan
    Masa mabung menyebabkan burung cucak ijo kehilangan tameng awalnya dari serangan penyakit sementara waktu. Jadi Anda perlu ekstra dalam menjaga kebersihan kandang dan tubuh burung. Sayangnya Anda juga tidak bisa leluasa memandikan burung cucak ijo sebagaimana biasa Anda mandikan pada saat kondisi normal. Anda bisa mengganti air dengan air hangat atau sekedar melap tubuh sementara waktu. Semprotkan secara berkala air rebusan sirih dan desinfektan yang bersifat ringan untuk mencegah infeksi pada kulit.
  5. Hindari burung dari stress
    Stress adalah masalah yang sangat riskan pada masa mabung ini. Ketika burung cucak ijo mengalami stress, maka proses pertumbuhan bulu bisa jadi akan gagal, tumbuh tidakmerata dengan bentuk yang buruk. Jadi selama masa mabung, berikan lebih banyak waktu bagi burung menikmati udara bebas di tempat yang teduh dan cenderung sepi ketimbang Anda kerodong terus menerus.
  6. Hindari pemberian obat-obatan kimiawi
    Sementara masa mabung sebaiknya hindari pemberian obatan kimiawi karena kadang beberapa diantaranya dapat mempengaruhi kualitas bulu yang tumbuh. Malah terdapat jenis bahan obat kimiawi Mebendazole yang terkenal sebagai obat cacing burung menyebabkan burung gagal menumbuhkan bulunya.

Artikel lainya : Budidaya jangkrik

Ketika Anda berhasil merawat burung cucak ijo pada masa mabungnya, Anda sudah satu tahap berhasil menghasilkan burung cucak ijo dengan kualitas tinggi dan tentu saja Anda akan menuai hasil dengan bisnis sampingan ternak burung Cucak ijo. -Tim Siap Bisnis-

Tag:

ternak burung yang menjanjikan, ternak burung apa yg menjanjikan, burung ijo, ternak burung yg menjanjikan, peluang ternak burung kicau, budidaya burung yang menjanjikan, bisnis sampingan burung, ternak burung menjajikan 2017, bisnis burung kicau, ternak burung yang prospek
Ternak Burung Cucak Ijo, Sebagai Bisnis Sampingan Yang Menjanjikan | Hari Murti | 4.5

Komentar :