Temukan 6 Manfaat Dan Khasiat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil Di Sini

0
145

Adakah manfaat dan khasiat susu kedelai untuk ibu hamil? Adakah resiko dari mengkonsumsi susu kedelai oleh ibu hamil? Untuk bisa menjawab pertanyaan itulah dalam kesempatan ini kami mencoba mengulasnya untuk Anda.

Temukan 6 Manfaat Dan Khasiat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil Di Sini
Temukan 6 Manfaat Dan Khasiat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil Di Sini

Salah satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan oleh seorang ibu hamil adalah memastikan asupan nutrisi dalam tubuh terpenuhi. Kebutuhan kalori dan nilai nutrisi seorang ibu hamil akan bertambah setidaknya 3 -4 kali lipat dari kebutuhan normal. Itu sebabnya penting bagi ibu hamil meningkatkan jumlah asupannya dengan makanan yang memiliki nilai gizi tinggi.

Salah satunya adalah menambahkan menu susu dalam asupan harian ibu hamil. Kandungan nutrisi yang kaya dalam susu membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Susu sendiri termasuk jenis sumber nutrisi yang mudah dicerna sehingga tidak membebani pencernaan ibu hamil yang kerap mengalami masalah terkait konstipasi dan kembung karena peningkatan asam lambung.

Ada begitu banyak pilihan susu yang bisa Anda pilih. Bahkan Anda bisa dengan mudah menemukan beragam jenis merek susu di pasaran yang memang dibuat untuk memenuhi nutrisi ibu hamil. Tetapi masalahnya kebanyakan susu ini memiliki kandungan laktosa tinggi, sebagaimana sebagian besar susu ibu hamil berasal dari pemrosesan susu sapi murni.

Masalahnya beberapa orang memiliki masalah alergi terhadap susu dengan kandungan laktosa. Anda yang memiliki keluhan alergi bisa mengalami masalah mual hebat sampai diare yang akan membahayakan kondisi janin dalam kandungan.

Bila sudah seperti ini masalahnya, sebaiknya ganti susu berlaktosa tersebut dengan susu tana laktosa. Salah satu yang bisa Anda pilih dengan harga yang relatif terjangkau adalah susu kedelai. Apalagi ada sederet manfaat dan khasiat susu kedelai untuk ibu hamil yang tak kalah baik dari ragam susu berlaktosa di pasaran. Apa saja manfaat dan khasiat susu kedelai untuk ibu hamil tersebut?

  1. Susu kedelai mengandung vitamin B lengkap
    Dalam susu kedelai terdapat sederet vitamin B yang membantu memenuhi kebutuhan ibu hamil Vitamin B6 membantu mengatasi rasa mual, vitamin B9 alias asam folat mencegah masalah cacat kandungan dan janin, vitamin B1 dan B12 membantu mengatasi rasa pegal yang kerap menyerang ibu hamil terutama ketika sudah mencapai usia kehamilan akhir. Vitamin B juga membantu tubuh memproduksi hemoglobin sehingga mencegah anemia yang kerap menyerang ibu hamil.
  2. Susu kedelai kaya protein
    terdapat kandungan protein yang tinggi dalam kedelai yang otomatis bisa pula Anda dapatkan dari sarinya alias dari susu kedelainya. Protein sangat penting untuk Anda asup dikala hamil, bahkan kebutuhan protein ibu hamil bisa meningkat 3 kali lipat dari kebutuhan normal. Ada pembentukan sel dan jaringan yang besar-besaran dalam tubuh Anda dan proses ini jelas membutuhkan asupan protein dalam jumlah besar.
  3. Susu kedelai kaya karbohidrat kompleks
    Susu kedelai membantu Anda mengatasi rasa lapar yang terus menerus menyerang ibu hamil. Namun kadar kalori dan sifat karbohidratnya relatif kompleks karena kandungan selulosa di dalamnya. Ini membantu Anda mengatasi rasa lapar tanpa harus menjadi gemuk.
  4. Kandungan vitamin dan mineral susu kedelai cukup lengkap
    Dalam susu kedelai ditemukan adanya vitamin A dan E, ada pula kandungan mangaan, selenium fosfor, kalium, kalsium yang baik untuk kebutuhan nutrisi ibu hamil. Membantu proses pembentukan sel dan membantu proses pembentukan tulang janin lebih optimal.
  5. Susu kedelai memiliki kadar lemak baik
    Susu kebanyakan mengandung kadar lemak di dalamnya. Itu sebabnya pada kondisi tertentu ibu hamil justru diharapkan mengurangi asupan susunya karena khawatir janin menjadi terlalu besar dan sulit dilahirkan normal. Atau justru ibu menjadi terlalu gemuk sehingga otot area panggulnya menjadi lemah. Namun susu kedelai mengandung lemak yang lebih sehat, bahkan mengandung omega 9 yang aman untuk mereka yang memiliki masalah kegemukan.
  6. Susu kedelai mengandung zinc
    Zink dalam kadar tertentu memiliki khasiat baik membantu keseimbangan hormonal. Membantu memproduksi lebih banyak hormone estrogen yang baik untuk ibu hamil. Selain itu hormone ini penting untuk memproduksi ASI. Jadi bila rajin mengkonsumsi susu kedelai di masa hamil akan membantu melancarkan produksi ASi di masa menyusui.

Baca juga: Manfaat daun binahong

Itulah tadi 6 manfaat dan khasiat susu kedelai untuk ibu hamil. Jadikan susu kedelai sebagai alternatif asupan Anda semasa hamil demi menyerap lebih banyak manfaat yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin Anda.-Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar : www.godsdirectcontact.org

apakah sari kedelai bisa meningkatkan HB ibu hamil
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY