Telusur Wisata Agro Di Taman Buah Mekarsari, Tempat Wisata Keluarga

Telusur Wisata Agro Di Taman Buah Mekarsari, Tempat Wisata Keluarga

Telusur Wisata Agro Di Taman Buah Mekarsari, Tempat Wisata Keluarga

Taman buah Mekarsari memang sudah cukup banyak dikenal di Indonesia, terutama oleh mereka yang bertempat tinggal di kawasan sekitar Jakarta dan Bandung. Sebuah wisata yang mengetengahkan konsep agro wisata modern ini menjadi salah satu alternatif menarik bagi Anda yang ingin mencari destinasi rekreasi menarik di kawasan Bogor.

Taman buah Mekarsari dibuka pertama kali di tahun 1995 atas prakarsa Ibu Tien Soeharto yang ingin menumbuhkan kecintaan masyarakat akan dunia agro sekaligus mewadahi kebutuhan riset atas dunia agro terutama terkait tanaman buah.

Taman buah Mekarsari ini memiliki luas area mencaai 264 hektar yang terdiri dari area perkebunan buah dan aneka tanaman agro lain sejumlah lebih dari 100 ribu tanaman yang terdiri dari ribuan jenis species asli termasuk beberapa species baru hasil perkawinan silang temuan tim riset dari Mekarsari sendiri.

Berbeda dengan taman bunga nusantara bogor. Taman buah Mekarsari memang menjadi salah satu usat riset tanaman buah di Indonesia. Mereka menemukan beragam bibit unggul untuk kemudian dijual ke petani di daerah. Anda juga bisa membeli berbagai bibit tanaman di pusat penjualan bibit, Garden Center.

Tim riset Mekarsari beberapa kali merilis beberapa jenis tanaman buah varietas baru dengan bentuk dan keunggulan yang unik hasil proses perkawinan silang berkelanjutan. Sebut saja beberapa tanaman unik macam jambu air toon claw, Barbados Cherry, Nangkadak, jambu air irung petruk, nanas arnis, jambu cengih juga beberapa buah unik seperti square melon dan square watermelon.

Tak hanya tanaman buah unik hasil riset dari tim peneliti internal Mekarsari, di taman buah Mekarsari ini juga terdapat beragam tanaman buah langka dan unik dari berbagai daerah di Indonesia. Beberapa bahkan tak lagi mudah Anda temukan, seperti Sawo kecik, Kepel, Kapulasan, Nanas merah, buah merah dan masih banyak lagi.

Pada tahun Agustus 2013, kawasan wisata ini pernah di tutup untuk kemudian dibuka kembali pada 15 Februari 2014. Pembukaan kedua ini merupakan awal dari era modern pengelolaan taman buh Mekarsari ini.

Kinipengelola memberlakukan sistem tiket dengan gelang RIFD yang berfungsi sebagai uang virtual yang real. Anda bisa menggunakannya seperti ATM dengan sistem top up. Dana yang tercatat bisa Anda gunakan menaiki semua wahana dalam taman termasuk pula berbelanja dan menikmati kuliner di dalam area taman.

Dalam area taman memang disediakan beragam wahana seru yang mengasyikan untuk sarana hiburan dan liburan pengunjung. Mulai dari area danau buatan seluas 20 hektar yang memberi Anda kesempatan seru berwisata air dengan perahu, kano dan bebek air. Meski buatan, nuansa dalam area danau dibuat sangat alami dan asri sehingga sangat menarik untuk tempat Anda bercengkerama dengan keluarga dan rekan.

Juga terdapat sebuah taman air atau waterpark bernama Water Kingdom. Area taman air yang diklaim sebagai yang terbesar di Asia dengan ukuran mencapai 5 hektar. Taman air ini memiliki berbagai wahana menarik yang layak menjadi tujuan wisata Anda termasuk lazy river terpanjang se Asia hingga 600 meter. Juga menara sliding dengan ketinggian mencapai 16 meter dengan jalur luncur sejauh 118 meter.

Wahana lain yang layak Anda singgahi dalam area taman buah ini adalah area outbond yang memiliki ragam permainan terlengkap di Indonesia. Cukup banyak kan ragam wahana dan area rekreasi yang menjadikan kawasan wisata ini layak menjadi destinasi wisata Anda dan keluarga di akhir pekan. Bahkan begitu banyak dan luasnya sampai Anda tak akan puas hanya satu hari saja bertandang ke kawasan wisata satu ini.

Itu sebabnya, pengelola sengaja menyediakan sarana akomodasi untuk memprasaranai kebutuhan penginapan para engunjung. Tak tanggung-tanggung, mereka masih mengetengahkan konsep agro dan nuansa natural dalam menghadirkan penginapan. Terbukti dari adanya penginapan yang berbentuk rumah pohon, kabin kayu dan kawasan camping.

Baca juga : Tanaman pengusir nyamuk

Menarik sekali bukan sarana dan wahana yang disediakan di Taman buah Mekarsari ini? Tak ayal kawasan wisata ini kembali diburu sebagai lokasi favorit para wistawan lokal asal kota Jakarta dan Bandung. Lokasi yang mudah dijangkau dari Jakarta, hanya sekitar 2 jam perjalanan menuju kawasan Cileunyi membuat kawasan ini makin diminati pengunjung. Mungkin termasuk Anda di akhir pekan ini? -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar : www.anekatempatwisata.com

Tag:

Analisis Swot tentang taman buah mekarsari, identifikasi manajemen taman buah mekarsari
Telusur Wisata Agro Di Taman Buah Mekarsari, Tempat Wisata Keluarga | Hari Murti | 4.5

Komentar :