Tas Lukis Kreasi Maritjee, Usaha Modal Kecil Menguntungkan Dari Kain Karung Beras

Tas Lukis Kreasi Maritjee, Usaha Modal Kecil Menguntungkan Dari Kain Karung Beras

Tas Lukis Kreasi Maritjee, Usaha Modal Kecil Menguntungkan Dari Kain Karung Beras

Untuk menjadi besar dari usaha skala kecil sebenarnya memang membutuhkan modal besar yang tidak bersifat finansial. Itu sebabnya ide kreatif bisa menjadi sebuah modal terbaik untuk mendukung usaha modal kecil menguntungkan.

Salah satu yang bisa menjadi contoh nyata adalah usaha tas lukis kreasi Maritjee. Yang unik dari tas ini, bahan bakunya berasal dari kain karung beras dan karung goni. Sesuatu yang sama sekali hampir tidak bernilai mampu menjadi tas apik yang bernilai ratusan ribu berkat sentuhan tangan Maria Gorreti.

Wanita belia berusia 26 tahun ini memang memiliki latar belakang desain grafis. Hobi melukisnya pada awalnya hanya sekedar Maria kerjakan di sela-sela waktu senggangnya. Apa saja bisa menjadi pilihan kanvas bagi Maria, termasuk karung plastik bekas kain karung beras. Kebetulan ibu dari Maria memiliki usaha makanan di rumahnya, jadi ada sangat banyak sisa kain karung beras menumpuk di gudang rumahnya dan tidak terpakai.

Keisengannya untuk melukis tas yang terbuat dari karung beras ini kemudian dia pamerkan di blog pribadi miliknya. Awalnya sekeda untuk pamer-pamer hasil karya, tidak lebih. Rupanya kecantikan tas buatannya justru memikat seorang kawan jauh dari Inggris.

Teman jauhnya ini kemudian memesan sebuah tas untuk kado saudaranya. Dari temannya inipula, produk tas unik buatan Maria ini dipromosikan ke beberapa rekan di Inggris. Hasilnya tentu saja dalam sekejap, Maria sudah menerima 10 tas pesanan pertama dari Inggris. Siapa sangka sesuatu yang bagi kita tampak remeh, justru sukses memikat pasar manca dengan secepat kilat.

Dari sinilah dengan hanya bermodal 500 ribu hasil pinjaman dari teman asal Inggris ini, Maria berproduksi pertama kali. Dana sebesar itupun sebagian besar habis untuk membeli bahan pewarna khusus plastik yang memang sedikit mahal. Soalnya untuk bahan bakunya sendiri sangat murah, tidak lebih dari Rp 1000 per lembarnya.

Hebatnya, hasil ide kreatif Maria ini bisa dijual dengan harga cukup tinggi di Inggris. Sebuah tas bisa dibandrol hingga 3 juta karena kerumitan dan pewarnaannya yang menarik. Bagi Para konsumennya, tas lukis Maritjee ini lebih dari sekedar tas biasa, tetapi juga sebuah karya seni bernilai tinggi. Itulah sebabnya harga tas buatannya bisa demikian tinggi.

Bila Anda melihat tas buatannya, memang tas Maritchee ini sangat unik, baik dari sisi lukisan yang menghiasi tas itu sendiri, juga desain dan bentuk tas yang unik. Karakter lukisan yang tegas, unik, feminin dengan warna-warna ceria berpadu menjadi sebuah lukisan yang sangat memikat dengan konsep abstrak.

Selain itu tas buatan Maria ini bersifat eksklusif, karena hand made. Setiap lukisan digarap secara pribadi oleh Maria, dengan hanya dibantu seorang penjahit. Itu sebabnya pula Maria sangat membatasi produksi tas buatannya, karena memang kapasitas produksi dari tas buatannya masih terbatas. Satu bulan biasanya Maria hanya menggarap setidaknya 40 tas saja. Meski membatasi produksi, Maria mampu mengeruk hasil setidaknya 15 jutaan perbulan.

Malah pada awalnya di tahun 2007, Maria hanya mampu menggarap tidak lebih dari 15 tas. Ini karena Maria kala itu masih bekerja sebagai karyawan. Setelah dia melihat potensi dari usaha modal kecil menguntungkan ini tampaknya menjanjikan, Maria melepas kariernya dan serius sepenuhnya untuk usaha tas kreasinya ini.

Saat ini tas kreasi buatan Maria ini sudah merambah ke pasar Amerika Serikat, Australia, Inggris dan New Zealand. Ini semua berkat promosinya via blog yang sebelum Maria gunakan sebagai media promosi sudah menjadi portal komunikasinya dengan kenalan-kenalan internasionalnya.

Terlebih Maria juga aktif di beberapa komunitas idesain grafis baik lokal maupun internasional. Jaringan pertemanannya yang luas ternyata membawa manfaat lebih dalam perkembangan usahanya. Para rekan-rekannya ini dengan sukarela membantu promosi produk tas buatan Maria ke kolega mereka di kota lain.

Selain dengan media bloging dan jaringan pertemanan, Maria juga sangat rajin mengikuti pameran-pameran. Mulai dari pameran EastWest 2007, Brangerous 2008, Bravity 2009 dan masih banyak pameran lain. Pameran membantunya lebih di kenal di pasar lokal dan juga membantunya mendapatkan pasar dari Amerika Serikat.

Setelah kesuksesan dari usaha modal kecil menguntungkan nya ini sudah mencapai hasil yang memuaskan seperti sekarang, Maria masih berencana untuk meluaskan pasarnya dan meningkatkan ragam produknya. Saat ini Maria sudah mulai merambah produk sepatu lukis meski masih dalam jumlah terbatas. Selain itu Maria juga sudah memproduksi varian lain seperti tas kecil, dompet, kotak maka up dan wadah aksesoris.

Bagaimana menurut Anda dengan kesuksesan yang digapai Maria? Bukan mustahil Anda juga bisa mencicipi kesuksesan yang sama, karena moda Maria hanyalah kegigihan dan kreatifitasnya yang tinggi untuk bisa memiliki usaha modal kecil menguntungkan, tas lukis kreasi Maritjee. – Tim Siap Bisnis-

Tag:

bisnis tas lukis, usaha tas unik, desain tas terbuat dari karung, usaha tas yang unik, contoh tas goni lukis, bisnis tas unik, design untuk tas karung plastik, gambar kreasi tas dari karung goni, karung beras bekas kreasi, karung beras lukis
Tas Lukis Kreasi Maritjee, Usaha Modal Kecil Menguntungkan Dari Kain Karung Beras | Hari Murti | 4.5

Komentar :