Tahapan Awal Untuk Mendapatkan Kerja Sampingan Online , Segera Pelajari 7 Tips Ini

Tahapan Awal Untuk Mendapatkan Kerja Sampingan Online , Segera Pelajari 7 Tips Ini

Tahapan Awal Untuk Mendapatkan Kerja Sampingan Online , Segera Pelajari 7 Tips Ini

Ketika kini dunia internet sudah demikian berkembang dengan kemudahan akses yang tidak luar biasa, ada kabar baik bagi Anda yang saat ini masih berada dalam ranah “pencari kerja” ada ribuan bahkan jutaan pekerjaan online yang siap menampung Anda. Baik itu kerja sampingan online atau kerja penuh waktu secara online.

Hanya saja dari ribuan atau jutaan peluang kerja tersebut, bukan mustahil Anda akhirnya terdampar dalam beberapa pekerjaan spamming yang sejak awal memang tidak akan membayar Anda. Jadi ketika Anda memutuskan untuk memulai bisnis atau kerja sampingan online, maka satu hal penting adalah pastikan Anda menanamkan kehati-hatian supaya Anda tidak menjadi korban para spammer.

Lalu bagaimana cara tepat untu mendapatkan kerja sampinga online dengan tepat dan aman? Beberapa panduan tahapan berikut ini pasti bisa membantu Anda.

  1. Tentukan bidang Anda
    Pada titik awal Anda memutuskan akan masuk ke dunia pekerjaan online, satu catatan penting untuk Anda adalah pastikan sejak awal Anda akan menjalankan pekerjaan macam apa. Setidaknya Anda tau apa kelebihan Anda dan pekerjaan online macam apa yang sanggup Anda jalankan. Ini membantu Anda bertemu dengan employer atau klien yang sesuai dengan kemampuan Anda dengan cepat.
  2. Masuklah dalam Job club atau Job grup
    Kebanyakan pelaku bisnis dan kerja online berada dalam satu komunitas tertentu. Jadi pastikan Anda menemukan komunitas dan wadah yang sesuai untuk mempromosikan diri Anda serta mempermudah Anda bertemu dengan para penyedia pekerjaan. Karena kebanyakan pelaku usaha yang membutuhkan tenaga kerja secara virtual ini cenderung mencari cara-cara aman yang menekan resiko karyawan spammer sehingga mereka akan lebih suka mencari tenaga kerja melalui wadah-wadah yang tersedia. Selain itu di sisi lain mereka yang mencari pekerjaan juga akan merasa lebih aman ketika mendapat pekerjaan dari wadah-wadah ini.
  3. Pastikan Anda mendapatkan review baik
    Untuk membuat calon employer atau klien Anda tertarik pada Anda, maka penting untuk membuat mereka percaya akan kualitas Anda. Salah satu cara jitunya adalah dengan meminta testimony dari klien atau mantan employer sebelumnya. Testimony ini membantu Anda membentuk citra baik di mata para penyedia kerja.
  4. Siapkan jalur komunikasi aman
    Karena Anda tidak berhadapan langsung dengan pihak pemberi kerja, artinya setiap aktivitas komunikasi Anda berjalan secara jarak jauh misalkan dengan media messanger, telepon dan email. Buat sistem komunikasi yang aman untuk menyimpan setiap aktivitas komunikasi Anda tetap rahasia dan tidak hilang begitu saja. Karena satu waktu aktivitas komunikasi Anda di waktu lalu dengan employer bisa jadi perlu Anda review ulang/
  5. Buat identitas online
    Saat ini dunia bisnis pasti sudah melek dengan sistem media sosial. Media sosial berfungsi sebagai sarana bagi Anda menyimpan resume Anda, menunjukan kemampuan Anda sampai memberikan pencitraan atas diri Anda. Jadi jangan campur aduk aktivitas kerja sampingan online dengan hal-hal diluar itu dalam akun sosial media yang sudah Anda pilih sebagai identitas Anda sebagai pekerja online. Ini sangat mempengaruhi citra Anda di kalangan para employer dan klien. Beberapa akun sosial media yang direkomendasikan sebagai identitas Anda sebagai pekerja online adalah Google+, Linkedin dan Facebook.
  6. Buatlah resume yang menjual kemampuan Anda
    Resume tetap bersifat wajib untuk sebuah pengajuan lamaran kerja online sebagaimana Anda membutuhkannya dalam pekerjaan konvensional. Tentu saja ada beberapa penyesuaian dengan format penyampaiannya secara online. Sertakan beberapa nilai lebih Anda yang bisa terjual secara online dan yang pasti adalah contoh pekerjaan Anda. Karena sebenarnya bagi klien atau employer kualitas hasil kerja Anda dan kemampuan serta pengetahuan Anda adalah pusat fokus penilaian terlepas dari bagaimana Anda bekerja.
  7. Menemukan pekerjaan yang tepat
    Sekedar menjadi bagian dari grup tidak akan membuat Anda pasti menemukan kerja sampingan online yang tepat. Anda masih harus melakukan perburuan dari semua pekerjaan yang masuk dan ditawarkan pada Anda, menemukan mana yang sesuai dengan Anda. Mulailah dari perusahaan dengan skala kecil sekedar untuk mendapatkan testimony lebih mudah. Kemudian beranjak paa taraf yang lebih tinggi. Pastikan Anda sudah memilah employer yang menawarkan pekerjaan yang sesuai dengan Anda. Cara tepat menemukan pekerjaan yang tepat bisa Anda lihat di sini.

Anda masih belum terpuaskan dengan tips dalam mendapatkan kerja sampingan online ini? Anda bisa menemukan tips lanjutan dari bahasan ini di sini. -Tim Siap Bisnis-

Tahapan Awal Untuk Mendapatkan Kerja Sampingan Online , Segera Pelajari 7 Tips Ini | Hari Murti | 4.5

Komentar :