Sejauh Mana Potensi Nyata Dari Bisnis Pulsa Online?

Sejauh Mana Potensi Nyata Dari Bisnis Pulsa Online?

Sejauh Mana Potensi Nyata Dari Bisnis Pulsa Online?

Bisnis pulsa online – Dalam beberapa tahun terakhir muncul bisnis kecil-kecilan yang merambat naik menjadi sebuah trend, yakni bisnis pulsa online. Ide ini berangkat dari tingginya pemakaian pulsa di Indonesia untuk kebutuhan aktivitas komunikasi dan data. Penggunaan modem dan android menjadi salah satu pemicu terbesar dalam pemakaian pulsa yang sangat tinggi.

Kesempatan  ini kemudian menjadi awal prospek bisnis. Usaha bisnis pulsa menjadi sangat marak hingga kini tidak ada lagi kata sulit sekedar untuk mencari pulsa. Pedagang pulsa menyebar, dari rekan Anda di kantor, tetangga dekat rumah Anda, teman kost Anda, toko kelontong samping rumah,  sampai langganan sayur Anda sehari-hari.

Dan kini muncul pula konsep berbeda dari keagenan pulsa, berkat adanya sistem internet. Yakni bisnis pulsa online. Di sini Anda tidak hanya bisa meraih untung dari penjualan pulsa langsung yang Anda jalankan, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari aktivitas penjualan pulsa referal Anda atau orang yang join dalam grup Anda.

Sistem ini mengadopsi sebagian sistem dalam bisnis jaringan dengan tetap mempertahankan sistem penjualan langsung sebagaimana biasa. Jadi Anda bisa mendapatkan dua sumber penghasilan bahkan bisa memilih fokus bisnis referal atau bisnis berjualannya. Setidaknya dengan bisnis referal, Anda tidak perlu repot mencari modal karena di sini Anda hanya mencari sebanyak-banyaknya rekanan yang mau join dalam grup Anda, dan biarkan mereka yang berjualan.

Yang kemudian menjadi pertanyaan, apakah bisnis serupa ini cukup potensial? Bagaimana kenyataannya di lapangan?

Bila Anda melihat potensi dari tingginya kebutuhan pulsa di Indonesia, memang usaha ini cukup menjanjikan. Anda bisa menjadikan bisnis pulsa online ini sebagai sambilan, ditengah kesibukan Anda sebagai mahasiswa, karyawan kantor atau sekedar ibu rumah tangga. Anda melayani penjualan pulsa dengan rekan-rekan Anda di sekitar Anda.

Selain itu bisnis pulsa online memungkinkan Anda menjual pulsa, mendapatkan grosir pulsa hingga menanbah jaringan dengan cara online. Manfaatkan media sosial untuk mempromosikan program referal ini ke rekan-rekan Anda.

Dari sisi ini memang bisnis ini cukup menggiurkan. Meski bukan bisnis dengan hasil luar biasa, tetapi sangat cocok untuk Anda yang mencari penghasilan sampingan yang cukup menarik tanpa mengganggu usaha atau profesi utama.

Tetapi ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan bila Anda memilih bisnis pulsa online. Kesalahan Anda dalam memutuskan bisa jadi akan menikam Anda dikemudian hari. Meski ada potensi besar menanti Anda, bisnis pulsa online juga memiliki resiko yang harus Anda perhatikan.

Terutama dalam keputusan memilih agen bisnis pulsa online yang tepat. Bisnis macam ini cukup rentan dengan penipuan. Bila hanya Anda saja yang tertipu bukan masalah. Kalau Anda juga sudah terlanjur melibatkan banyak kolega dan rekan Anda untuk masuk dalam grup Anda, bagaimana jadinya nanti.

Anda harus waspada, lakukan komunikasi 2 arah dulu untuk bisa mendapatkan informasi yang lengkap dengan pihak agen. Pastikan Anda memiliki informasi mengenai lokasi dan contact person yang bisa Anda pastikan kebenarannya. Jangan ragu mencari tau dari jaringan lain soal hasil yang sudah mereka dapatkan. Pastikan Anda bisa mendapatkan agen yang tidak memiliki sejarah buruk soal pembayaran.

Dari sisi potensi juga cukup beragam. Karena biasanya dengan tingginya permintaan, maka jumlah penawaran juga ikut tinggi. Setiap pengguna pulsa bisa memiliki lebih dari 3 alternatif penjual pulsa dalam lingkungannya saja.  Jadi dengan tingginya permintaan, tidak serta merta membuat Anda pasti akan untung besar. Karena bisa jadi Anda justru akan dilibas habis oleh persaingan yang sangat tinggi.

Untuk itu Anda harus riset pasar terlebih dulu. Sejauh mana persaingan dalam wilayah perdagangan Anda nanti. Akan sangat baik bila Anda memang merupakan karyawan sebuah pabrik garmen dengan karyawan ribuan. Atau Anda seorang mahasiswa dari sebuah kampur ternama dengan jumlah siswa yang juga ribuan. Potensi Anda dengan pasar demikian besar tentu saja berimbang dengan populasi dalam pasar yang Anda targetkan.

Anda juga perlu tau bagaimana peta harga dalam kawasan penjualan Anda. Peta harga ini akan menjadi patokan bagi Anda dalam membandrol harga pulsa yang Anda jual. Jangan sampai harga dari Anda terlalu tinggi karena bisa-bisa bisnis pulsa Anda tidak laku.

Jangan masuki pasar yang potensiya kurang optimal. Karena penjualan pulsa hanya akan memberi Anda margin yang relatif kecil, jadi Anda harus mengandalkan jumlah transaksi yang banyak untuk dapat menghasilkan untung yang cukup.

Soal sistem referal, jangan mencari referal dari lingkungan Anda sendiri kecuali Anda mau bersaing dengan jaringan Anda sendiri. Anda juga sebaiknya tidak menjadikan sistem referal ini sebagai sumber utama dari bisnis ini. Karena selain sharenya kecil, pada umumnya Anda akan cenderung mendapatkan referal yang menggunakan pulsa untuk kebutuhan pribadi dan bukan komersial.

Jadi, menurut hemat saya, bisnis pulsa online ini masih bisa Anda jadikan salah satu andalan pendapatan sampingan. Tetapi belum sepenuhnya bisa Anda jadikan andalan utama sehari-hari. Itupun di luar Anda tetap harus berhati-hati pada kemungkinan penipuan dan peta persaingan yang terlalu ketat. –Tim Siap Bisnis

 

Tag:

bisnis pulsa yang marak tahun 2016, kisah sukses jual pulsa
Sejauh Mana Potensi Nyata Dari Bisnis Pulsa Online? | Hari Murti | 4.5

Komentar :