Satu Lagi Ide Usaha Kreatif Dan Inovatif; Pembuatan Sepatu Pernikahan

Satu Lagi Ide Usaha Kreatif Dan Inovatif; Pembuatan Sepatu Pernikahan

Satu Lagi Ide Usaha Kreatif Dan Inovatif; Pembuatan Sepatu Pernikahan

Hari pernikahan selalu menjadi sebuah ajang istimewa untuk tampil menawan dan mempesona, mengingat semua orang berharap bisa menjadikan momentum ini adalah peristiwa besar yang hanya akan terjadi sekali dalam hidup. Dan dari momen indan inilah, Anda bisa melahirkan banyak ide usaha kreatif dan inovatif.

Salah satu yang mungkin belum banyak terlintas dalam benak banyak orang adalah usaha pembuatan sepatu pernikahan. Pesta pernikahan selalu identik dengan kesan cantik dan mewah, termasuk pula cantik dalam berbusana. Tidak hanya soal gaun atau kebaya pernikahan saja yang harus tampil cantik dan menawan, tetapi juga sepatu.

Banyak pengantin yang tidak ingin tampil dengan sepatu atau slop pesta biasa, tetapi sepatu atau slop yang mewah senada dengan busana kebaya atau gaun pengantin yang mereka kenakan. Tidak hanya itu, sepatu juga nyaman dikenakan meski penggunanya harus berdiri berjam-jam menyambut tamu. Malah dalam budaya pernikahan ala internasional pengantin juga perlu berdansa. Para pengantin ini benar-benar membutuhkan sepatu yang nyaman namun juga cantik pada sisi lain.

Situasi dan kebutuhan inilah yang memunculkan ide usaha kreatif dan inovatif yang kini dikembangkan oleh beberapa pelaku bisnis pembuatan sepatu pernikahan di kota Jakarta, Rina Thang dengan brand namanya dan Regina dengan brand Regis Wedding Shoes.

Keduanya memproduksi sepatu pernikahan custom yang dibuat sesuai pesanan. Biasanya keduanya menggunkaa bahan-bahan seperti lace, brokat, manic dan mutiara untuk membuat sepatu pernikahan mampu menyempurnakan keseluruhan penampilan pengantin wanita.

Produk bersifat custom karena biasanya ukuran di sesuaikan dengan ukuran kaki dan kenyamanan pengantin wanita, dibuat dengan ketinggian hak yang menyesuaikan dengan jarak tinggi kedua mepelai dengan desain dan aksesoris yang disesuaikan dengan tema keseluruhan dan gaun atau kebaya pengantin yang akan mereka kenakan pada hari istimewa mereka ini.

Bagi Rina Thang, bisnis sepatu pernikahannya awalnya hanya sebuah pengembangan jasa dari usaha wedding organizer yang dia jalankan. Banyak konsumen yang mengeluhkan soal sepatu yang layak untuk acara pernikahan. Sebagau penggemar sepatu, Rina kemudian mencoba membuat sebuah sepatu pernikahan untuk kliennya. Dari ide iseng ini kemudian dengan cepat Rina mencuri perhatian dan membuat pasar terpikat oleh produknya.

Kini dalam satu bulan Rina yang membuka workshupnya di kawasan Taman Ratu Jakarta Barat bisa menggarap sampai 30 -50 pasang sepatu pernikahan. Penjualan gemilang ini cuku menarik karena sebenarnya sepatu yang dijual oleh Rina Thang ini dibandrol dengan harga relatif tinggi mencapai 8 juta rupiah. Angka ini sudah termasuk margin yang mencapai 30 %.

Kisah senada disampaikan oleh Regina dengan Regis. Berawal dari pernikahan yang beliau selenggarakan pada tahun 2008, beliau merasakan sendiri pengalaman sulitnya menapatkan sepatu pernikahan yan sesuai dari model, potongan dan ukuran. Pada saat itu Regina yang sama sekali tidak berlatar belakang fashion atau sekolah fashion membuat sendiri sepatu pernikahannya bekerja sama dengan pengrajin sepatu di kawasan kuningan.

Baik Regina maupun Rina mengakui aspek penting dari bisnisnya adalah kreativitas, perekruitan tenaga produksi yang tepat dan pemasaran. Perekruitan tenaga produksi memang sangat penting karena justru merekalah yang akan menterjemahkan hasil kreativitas Anda dalam produk. Hanya tenaga dengan dedikasi yang tinggi saja yang mampu memproduksi sepatu kelas premium seharga jutaan dengan standar kualitas yang tinggi.

Sedang pemasaran memegang posisi penting lain karena sebenarnya pasar dari produk ini terbilang terbatas. Anda perlu menjalin kerjasama dengan para perancang busana pengantin, para wedding organizer, para salon pernikahan untuk mempromosikan produk sepatu buatan Anda. Jaringan menempati posisi penting dalam mendapatkan konsumen.

Regina sendiri mengakuĀ ide usaha kreatif dan inovatif Regis Wedding Shoesnya juga memiliki web promosi dan cukup sukses mendatangkan konsumen untuknya sejak web resminya dia daftarkan pada web dictionary sebuah wedding organizer.

Apakah Anda salah satu orang yang memiliki ketertarikan lebih pada fashion sepatu? Juga diberkahi kemampuan dalam mendesain dan berinovasi dengan model-model sepatu? Mungkin kini saatnya Anda memanfaatkan minat dan kemampuan Anda ini dalam sebuah ide usaha kreatif an inovatif, usaha pembuatan sepatu pernikahan.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

sepatu pengantin untuk kebaya, tutorial sepatu brokat, sepatu untuk kebaya dan gaun pengantin, sepatu untuk kebaya, omset jualan sepatu brokat, cara menghias sepatu penganten yang kreatif, cara menghias sepatu penganten, cara menghias sepatu, cara membuat sepatu dari brokat, bisnis wedding shoes
Satu Lagi Ide Usaha Kreatif Dan Inovatif; Pembuatan Sepatu Pernikahan | Hari Murti | 4.5

Komentar :