Rahasia Dibalik Manfaat Dan Khasiat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Rahasia Dibalik Manfaat Dan Khasiat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Rahasia Dibalik Manfaat Dan Khasiat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Belakangan kulit manggis menjadi begitu populer dikalangan masyarakat awam sebagai salah satu herbal berkhasiat. Demikian populernya manfaat dan khasiat kulit manggis sampai ekstrak kulit manggis dengan mudah Anda temukan di berbagai sudut kota Anda dalam berbagai pengemasan, mulai dari kapsul sampai teh celup kemasan.

Pertanyaannya benarkah kulit manggis demikian berkhasiat dan apa rahasia dari balik khasiat ajaib dari kulit manggis ini. Dan pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menjawab rasa penasaran Anda dengan mengulas rahasia manfaat dan khasiat kulit manggis lebih jauh.

Rahasia utama dari manfaat dan khasiat kulit manggis adalah sejenis senyawa unik bernama xanthone. Senyawa ini merupakan jenis polifenol langka yang konon dipercaya hanya terdapat secara terbatas di beberapa tanaman herbal. Namun uniknya, senyawa yang masih memiliki keeratan bentuk dengan bioflavonoid ini justru berlimpah jumlahnya dalam manggis, terutama dalam kulitnya.

Senyawa xanthone memiliki rasa sepat dengan warna gelap lebih gelap dari senyawa flavonoid dan itu pula sebabnya air rebusan kulit manggis terasa sepat dan bukan getir. Dan dari senyawa langka inilah segala keajaiban sederhana dari kulit manggis bermula.

Senyawa xanthone ini adalah salah satu senyawa unik yang dipercaya secara ajaib bekerja sebagai anti toksin yang super ampuh. Bahkan dapat bekerja cepat dalam menyingkirkan toksin berat termasuk jenis metal dan material kimiawi berat. Penelitian di sebuah pusat riset herbal di Hawai menunjukan kemampuan membersihkan darah dari toksin berat sebesar 80% dengan mengkonsumsi ekstrak kulit manggis murni sebanyak 3 kali selama 10 hari.

Selain kandungan unik senyawa xanthone dalam kulit manggis juga terdapat sejumlah senyawa berkhasiat lain sebut saja antosianin, katekin, polisakarida dan sterol. Selain itu, terdapat sejumlah vitamin seperti B1, B6, B9, vitamin A, vitamin C dan vitamin E.

Kemampuannya yang cepat dalam menyingkirkan toksin berat membantu tubuh mengatasi beragam penyakit terkait keberadaan toksin dan endapan senyawa yang tidak diinginkan, termasuk menurunkan kadar purin dalam darah secara signifikan sehingga membantu menuntaskan masalah asam urat. Selain itu, dengan meredakan kadar toksin dalam darah, artinya terdapat manfaat dan khasiat kulit manggis untuk membantu menjaga kesehatan dan memulihkan kondisi hati yang menurun.

Bila kadar toksin dan oksidan dalam tubuh mereda, maka dengan sendirinya, sebagian besar fungsi dalam tubuh akan meningkat. Aliran darah menjadi lancar sehingga jantung menjadi lebih sehat, seluruh bagian tubuh akan tersuplai oksigen dan sari makanan dengan optimal dan hasilnya tubuh terasa lebih bugar, kulit akan bebas jerawat dan penuaan dini hingga otak akan bekerja dengan lebih baik.

Keajaiban lain dari senyawa xanthone ini adalah kemampuan kerjanya yang menyerupai flaavonoid. Hasilnya adalah kemampuannya untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Sehingga ekstrak kulit manggis atau air rebusan kulit manggis sangat baik untuk membantu mengatasi keluhan diabetes.

Dalam kulit manggis juga jelas terdapat katekin dan antosianin yang sifatnya sebagai pencegah munculnya mutasi sel yang kerap memicu prakanker. Malah dengan kehadiran senyawa xanthone maka kulit manggis juga mampu mematikan kemampuan bertumbuh dan regenerasi sel kanker sehingga sel kanker akan bersifat mandul.

Akan tetapi, mengkonsumsi ekstrak kulit manggis juga perlu langkah hati-hati. Kemampuan kerjanya relatif aktif sehingga kadang penggunaan yang lebih dari porsi seharusnya malah bisa menimbulkan masalah. Tak sedikit keluhan pasien yang justru mengalami hipoglicemik sampai hipotensi setelah konsumsi secara berketerusan.

Beberapa orang mengaku merasakan sakit kepala dan sakit pinggang pasca mengkonsumsi air rebusan kulit manggis atau ekstrak kulit manggis. Ini terkait dengan efek kejut yang diberikan oleh senyawa-senyawa dalam kulit manggis karena kemampuan kerja cepatnya.

Selain itu dalam kulit manggis juga terdapat kandungan serat kasar, tannin dan resin yang dalam kadar tinggi di dalam tubuh bisa mencederai area pencernaan. Meski tannin sendiri adalah bentuk senyawa baik untuk membantu memperbaiki kondisi hati.

Baca juga : Manfaat daun sirsak

Jadi sebaiknya selalu perhatikan kadar gula dan kadar tekanan darah Anda selama Anda menjalankan pengobatan dengan kulit manggis. Awasi terus perkembangan kondisi tubuh Anda sehingga bisa mengendalikan efek samping dari kulit manggis. Meski demikian, Anda tak bisa pungkiri bukan ada sederet manfaat dan khasiat kulit manggis yang menjadikannya sebagai salah satu pilihan herbal terbaik. -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar: www.sitkes.com

Rahasia Dibalik Manfaat Dan Khasiat Kulit Manggis Untuk Kesehatan | Hari Murti | 4.5

Komentar :