Puncak Kosakora, Temukan View Baru Pesona Pantai Gunung Kidul

0
107

Rasanya memang kawasan Jogja itu tak pernah kehabisan pesona. Dari wisata goa pindul sampai Alamnya yang penuh dengan daya tarik yang seolah selalu siap untu ditemukan dan dieksplorasi oleh mereka yang mencintai aktivitas alam. Salah satunya adalah Puncak Kosakora satu ini.

Puncak Kosakora, Temukan View Baru Pesona Pantai Gunung Kidul
Puncak Kosakora, Temukan View Baru Pesona Pantai Gunung Kidul

Namanya bisa jadi masih sangat baru malah tampaknya banyak orang masih asing sepenuhnya dengan nama puncak satu ini. Bahkan untuk mereka yang asli Jogja sekalipun, nama puncak Kosakora juga masih tak banyak dikenal.

Tapi belakangan puncak yang memangku sebuah pantai tersembunyi di sisi timur pantai Drini ini mulai banyak menjadi buah bibir. Mereka yang berkunjung ke kawasan pantai Drini dan Kukup mulai menjajal sedikit kemampuannya bertualang dengan menempuh perjalanan sekitar 30 menit menuju puncak yang konon menjanjikan view berbeda dari garis pantai Gunung Kidul.

Untuk membayar rasa penasaran, tak ada salahnya mencoba menjajal perjalanan menuju puncak ini. Sebagai masukan, beberapa dari mereka yang sudah mengunjungi puncak ini berpendapat untuk lebih memilih datang berkunjung di pagi hari karena pantai masih surut. Jadi tak perlu repot menyusuri kawasan pedalaman bukit dalam yang terbilang terjal, tetapi cukup menyusuri pantai saja.

Setidaknya terdapat 2 pantai setelah Drini untuk Anda akhirnya bisa menjajakan kaki menuju puncak dari bukit Kosakora ini. Pantai pertama bernama Pantai Pengilon dan yang kedua bernama Pantai Ngerumput. Antara kedua pantai ini terdapat kawasan perbukitan dan karang yang menjadi pemisah tetapi tak sulit untuk Anda lintasi.

Pantai terakhir inilah yang secara langsung bersentuhan dengan kawasan daratan luas berumput yang menjadi latar dari puncak Kosakora. Dari pantai Ngerumput ini saja Anda bisa langsung menatap tebing yang menjadi tepian dari puncak Kosakora. Mungkin kawasan luas berumput inilah asal muasal dari pantai Ngerumput yang bisa dikatakan cukup sempit ini.

Dari pantai Ngerumput Anda hanya perlu sedikit masuk ke arah daratan berumput tadi dan mulai mendaki menuju puncak Kosakora. Jalur pendakikan tidak terlalu terjal tetapi dipadati tanaman pantai yang kadang sedikit tajam, jadi perlu hati-hati memilih jalur pendakian.

Ohya….jangan dulu bicara soal puncak karena kami akan coba membantu Anda menemukan jalur alternatif kalau Anda harus mencapai puncak Kosakora dari kawasan darat. Dari Drini Anda harus menyusuri jalur menuju timur tak jauh dari area parkir. Perjalanan akan mempertemukan Anda dengan dua bukit kecil. Dan berakhir pada padang luas berumput yang nantinya akan mempertemukan Anda dengan pantai Ngerumput.

Sedikit lebih lama dari perjalanan dengan jalur pantai dan akan sedikit lebih melelahkan, mengingat Anda harus menempuh jalur lebih terjal, penuh bebatuan dan jalan naik turun dan tentu saja terasa lebih kering karena sepenuhnya hanya melalui padang berumput tanpa pepohonan tinggi yang merindangi. Apalagi setelah itu Anda masih harus mendaki bukit Kosakora itu sendiri.

Biasanya memang jalur ini dilalui ketika waktu sudah menjelang sore karena air laut di pantai sudah mulai pasang dan akan kurang nyaman melalui jalur pantai ketika ombak menyapa sedikit lebih liar dari waktu surut.

Lalu bagaimana penampakan tampilan dari puncak Kosakora ini? Puncak ini terbilang sempit dan berlapis rumput tipis kehijauan sehingga lebih seperti padang kecil di atas bukit. Sejauh mata memandang Anda akan dimanjakan dengan pesona pantai berkarang khas garis pantai Gunung Kidul. Pada sisi timur puncak Anda akan menjumpai kompleks pantai Kukup dan pada sisi baratnya adalah kawasan pantai Drini.

Baca juga:  Wisata goa pindul jogja

Tepat di tengah puncak Anda akan jumpai sebuah plang besar bertulis puncak Kosakora. Tampaknya tulisan ini menjadi trademark dari puncak Kosakora kalau Anda mencoba mencari informasi soal kawasan wisata ini di internet, plang ini sangat terkenal dan berfoto dengan plang ini tak ubahnya menjadi syarat syah seseorang sudah menjejakan kaki di puncak Kosakora.

Bermanjakan angin sepoi khas kawasan pantai dan panas matahari yang menyapa kulit memang puncak Kosakora ini berbeda dari kebanyakan tujuan wisata di garis pantai Gunung Kidul. Ada eksotisme berbeda dari pemandangan yang Anda bisa resapi sesaat sebelum menempuh perjalanan panjang kembali menuruni bukit.-Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar: www.bentara.id

puncak kosakora, pantai kosakora, pantai pengilon, rute menuju bukit pengilon, pantai gunung kidul baru, jalan menuju puncak kosakora gunung kidul, foto2 pantai bukit pangilon, kosakora, tinggi puncak kosakora, pantai gunung kidul
SHARE
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY