Potensi Menggiurkan Dibalik Perkebunan Durian Montong, Seri Agrobisnis

Potensi Menggiurkan Dibalik Perkebunan Durian Montong, Seri Agrobisnis

Potensi Menggiurkan Dibalik Perkebunan Durian Montong, Seri Agrobisnis

Kali ini saya akan membahas usaha agrobisnis tentang perkebunan durian montong. Durian sejak dulu dikenal sebagai rajanya buah, bukan hanya soal ukurannya yang memang pada beberapa varietas relatif besar, tetapi memang karena dari segi ciri khas, mungkin hanya buah durian yang memiliki ciri paling kuat dari buah lainnya. Dan soal harga, buah satu ini memang cukup mampu menguras kocek.

Baca juga: kerja sampingan untuk mahasiswa

Tapi hebatnya, meski mahal, buah satu ini tetap saja menjadi salah satu buah incaran nomor satu di berbagai pedagang buah dan supermarket. Dan salah satu varietas favorit penggemar durian, adalah durian montong. Dan itu sebabnya kali ini kita akan mencoba mengulas mengenai potensi dari perkebunan durian montong.

Dari hasil temuan di lapangan dan berbagai ulasan serupa mengenai potensi dari perkebunan durian montong, kami menemukan fakta serupa bahwa kebanyakan supermarket di musim panen raya bisa menjual hingga lebih dari 1 ton buah durian tiap bulannya.

Padahal dengan harga perkilo bisa mencapai di atas 35 ribu/kilo bahkan bisa mencapai angka 50 ribuan perkilo, jumlah penjualan sebanyak itu cukup mencengangkan. Harga satu buah saja bisa mencapai lebih dari 200 ribu dan satu ruas buahnya bisa dijual dengan harga 35 ribu sampai 40 ribuan. Bahkan harga mangga di masa panen raya justru anjlok smapai di angka Rp 4000/ kg.

Cerita senada diungkapkan oleh seorang pelaku bisnis buah jalanan yang biasa menjajakan aneka buah musiman di pinggir jalan. Beliau, Pak Astardi sudah menjalankan usaha ini sejak taun 2010 dengan bermodal pick up miliknya.

Dan beliau mengakui bahwa salah satu musim buah yang paling laris manis dan sukses menebalkan kantong adalah musim durian. Dengan penjualan mencapai lebih dari 1, 5 ton dalam satu bulan, dengan harga kulakan per kwintalnya mencapai 2,6 juta dan harga jual perkilonya mencapai 30 ribu sampai 35 ribu bisa Anda hitung berapa kira-kira penghasilan pak Astardi di musim durian. Menurut beliau hasil di musim buah lain belum tentu mampu menyaingi keuntungannya di musim durian.

Tapi tentu saja keuntungan terbesar justru datang dari bisnis perkebunan durian montong. Karena di sini Anda menjadi produsen dan hulu dari bisnis durian yang ternyata cukup menggiurkan ini. Dengan bermodal lahan sekitar 1 -2 hektar, sekitar 200an bibit durian montong yang dijual dengan harga rata-rata kisaran 300 ribuan, masa pemeliharaan selama 4 – 5 tahun dengan biaya rata-rata pemeliharaan sekitar 400 ribuan pertahun.

Dan pada masa panen, Anda bisa mendapatkan sekitar 100 kiloan untuk panen satu buah pohon durian montong. Artinya dengan asumsi dari 200 bibit tadi Anda sukses membesarkan sekitar 180 pohon saja, Anda sudah mampu menjual sebanyak 18 ton durian montong. Bila Anda menjual dengan harga perkilonya sekitar 25 ribu saja, maka dalam satu kali panen raya saja Anda sudah mengantongi omset sekitar 450 juta.

Ini artinya keuntungan Anda dari panen raya pertama Anda bisa mencapai kisaran 100 jutaan. Dan keuntungan Anda ini akan semakin baik di tahun kedua masa panen, karena di masa ini tentu saja biaya perawatan tidak lagi harus menghitung masa pertumbuhan 4 tahun dan biaya tanam termasuk bibit. Anda bisa mengantongi lebih dari 300 juta pada panen berikutnya yang akan terus berlanjut untuk masa panen selama 20 tahun.

Malah pada jenis durian montong, durian dengan usia matang diatas 10 tahun, kualitas buah akan lebih baik dengan rasa lebih legit, pasar ekspor justru terbuka lebar ketika Anda sudah memasuki masa panen tahun ke sepuluh. Dan tentu saja harga jual Anda juga bisa lebih baik dengan merambah pasar ekspor.

Kabar gembira dari bisnis perkebunan durian montong ini, Anda tidak perlu kesulitan dalam menjalankan usaha. Karena tanaman ini tergolong mudah dipelihara terutama kalau Anda memilih bibit durian montong dengan kualitas baik yang anti hama. Selain itu pemasaran durian motong juga terbilang sederhana, karena banyak pengepul buah durian yang siap membooking durian Anda ketika mulai mendekati masa panen.

Bagaimana potensi dari bisnis durian ini? Mau Anda memilih bergelut dengan penjualannya atau malah tertarik pada perkebunan durian montong, semuanya sama-sama menjanjikan keuntungan yang potensial bukan?-Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar: www.bibitbuahdurian.blogdetik.com

Tag:

perkebunan durian, kebun durian montong, bisnis durian, perkebunan durian montong, kebun durian, kebun durian monthong, kebun buah durian, bisnis buah durian, gambar perkebunan durian, bisnis durian montong
Potensi Menggiurkan Dibalik Perkebunan Durian Montong, Seri Agrobisnis | Hari Murti | 4.5

Komentar :