Potensi Dari Pembiakan Burung Murai Batu Nias

0
94

Rupanya tak hanya Medan Yang memiliki burung Murai Batu andalan, Anda juga bisa jumpai satu lagi burung murai yang mampu mempesona Anda dengan tampilan dan kicauannya yang nyaring dan memikat. Apalagi kalau bukan burung Murai Batu Nias.

Potensi Dari Pembiakan Burung Murai Batu Nias
Potensi Dari Pembiakan Burung Murai Batu Nias

Burung Murai Batu memang dalam beberapa tahun ini tengah naik daun dan mulai bersaing ketat dengan burung Kenari yang sudah duluan menguasai pasar burung kicauan. Dan salah satu yang berhasil menaiki tangga popularitas adalah burung Murai Batu Nias.

Baca juga : Penangkaran murai batu medan

Konon burung satu ini tak hanya memiliki tampilan yang terkesan lebih gagah dan elegan, tetapi juga memiliki suara yang lebih bulat. Tak hanya itu, burung Murai Batu Nias ini terkenal dengan IQnya yang tinggi. Mereka memiliki daya tangkap lebih baik dalam memahami dan menangkap memori suara dan kicauan sehingga membuat khasanah suara mereka lebih banyak.

Baca juga : Usaha sampingan ternak murai batu

Berbeda dengan burung Murai Batu Medan yang memiliki corak lebih ramai, burung Murai Batu Nias malah terkesan lebih elegan dengan warna ekor yang cenderung hitam polos bercorak putih sangat samar. Ada warna kejinggaan di bagian perutnya yang membuat kesan mencolok dari burung ini. Ekornya cenderung lebih panjang dengan gap yang jauh antara ekor terpanjang dan terpendeknya.

Burung Murai Batu Nias ini memiliki harga yang terbilang tinggi, bisa mencapai angka jutaan khusus untuk yang sudah gacor dan jawara. Tapi harga standar untuk jenis yang sudah terlatih dan siap makan poor bisa mencapai angka 500 ribuan perekor. Sedang harga anakannya bisa berkisar antara 100 ribuan sampai angka 300 ribuan. Tentu saja angka ini bergantung ada garis turunan dan kondisi kesehatan burun bersangkutan.

Mengikutkan burung pada kompetisi memang cara jitu untuk meningkatkan pamor burung peliharaan Anda dan sekaligus meningkatkan harga jual burung Murai Batu Nias milik Anda. Pasalnya prestasi pada kompetisi jelas sangat mampu mempengaruhi harga pasaran. Tak hanya burung yang Anda ikutkan kompetisi tetapi juga burung yang Anda pelihara dan burun turunan dari si jawara.

Untuk mengikuti kompetisi setidaknya Anda harus mampu dulu mendandani tampilan fisik si burung supaya kondisi bulunya sehat, rapid an tampak halus. Perhatikan bentuk tubuh burung supaya tidak terlalu gempal dan juga tidak tampak krempeng.

Dan sudah pastikan burung andalan Anda siap gacor dalam kompetisi dengan mampu menyuarakan siulan dan kicauan yang riuh. Pasalnya suara kicauan menjadi aspek penting dalam tiap penilaian kompetisis burung Murai Batu Nias.

Untuk itu Anda perlu pastikan burung kesayangan Anda memang Anda latih dengan optimal untuk meningkatkan kemampuan kicaunya. Pasangkan burung Anda suara rekaman suara burung gacor supaya burung kesayangan Anda siap menghajar kompetisi dengan suara-suaranya.

Selalu pastikan soal pakan untuk kualitas suara yang sesuai harapan. Biasanya untuk mendapatkan suara nyaring dan merdu, Anda bisa tambahkan sejenis udang, ulat atau jangkrik. Perhatikan pula kondisi bulunya dengan rajin memandikannya.

Menariknya untuk sebuah ide usaha, usaha pemeliharaan burung Murai Batu Nias ini terbilang sangat potensial. Pemeliharaannya relatif mudah, persaingannya tidak ketat sekali dan yang pasti harga jualnya sangat menjanjikan.

Apalagi kalau Anda juga membuka usaha inseminasi dan pembibitan burung Murai Batu Nias. Karena usaha bibit burung akan memakan waktu lebih pendek dan biaya lebih kecil dengan hasil yang tak kalah memuaskan, meski perlu kemahiran khusus untuk merawat anakan burung Murai Batu Nias ini.

Tetapi untuk bisa melebarkan sayap dalam bidang usaha ini, Anda perlu sukarela untuk meningkatkan kapasitas koneksi Anda dengan kalangan penggemar burung. Tak mudah menemukan konsumen yang mampu menampung penjualan burung Murai Batu Nias ini

Anda bisa mulai dengan memasuki komunitas penggemar burung Murai Batu mulai dari komunitas offline dan komunitas online. Anda bisa menemukan betapa tingginya minat masyarakat penggemar burung Murai Batu Nias ini. Atau mungkin menjajal penjualan via forum-forum penjualan.

Bukankah burung Murai Batu Nias sangat layak menjadi pilihan untuk Anda yang berminat untuk menggeluti usaha bisnis fauna? Ada banyak potensi menarik yang bisa Anda dapatkan dari bisnis pembiakan burung Murai Batu Nias.

Sumber gambar : www.puntoand.blogspot.com

burung murai, Murai batu wallpaper, MURAI BATU, inseminasi murai, murai medan wallpaper, murai nias prospek, ternak mb nias, ternak murai nias, usaha di nias
SHARE
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY