Potensi Bisnis Ayam Jago Petarung | Bebotoh Wajib Baca Artikel Ini

Potensi Bisnis Ayam Jago Petarung | Bebotoh Wajib Baca Artikel Ini

Potensi Bisnis Ayam Jago Petarung | Bebotoh Wajib Baca Artikel Ini

Ayam jago petarung – Beberapa waktu lalu kami sudah membahas mengenai usaha ternak ayam jenis hias seperti ayam bekisar atau ayam jenis jawara macam ayam pelung. Keduanya tergolong ayam kampung khusus yang dipelihara dan dibiakan bukan untuk konsumsi melainkan untuk ayam hias dan kejuaraan.

Nah, kali ini kami lagi-lagi membahas usaha ternak dan kali ini adalah usaha ternak ayam jago petarung. Berbeda dengan ayam hias macam bekisar yang dihargai mahal karena kemolekan bulunya dan ayam kontes yang dinilai dari keindahan suaranya. Ayam petarung kebanyakan dinilai karena ketangguhan tubuh mereka, baik secara fisik juga dari kemampuan mereka untuk benar-benar menumbangkan lawan dalam pertarungan.

Ada beberapa jenis ayam yang memang pada dasarnya memiliki postur tubuh lebih bongsor besar dan sifat agresif yang mencolok akan sangat cocok untuk menjadi ayam petarung atau ayam aduan. Tentu saja dengan tujuan sebagai ayam aduan, maka ada beberapa kiat khusus dalam menjalankan usaha ternak ayam jago petarung dan berbeda sekali dengan cara pada umumnya dalam memelihara ayam kampung biasa.

Karena fokus utama dalam usaha ternak ayam jago petarung adalah membentuk otot dan mengembangkan ukuran tubuhnya. Menjaga kebugaran dan kekuatan dari setiap massa ototnya sehingga cukup kuat untuk merubuhkan lawan. Di sisi lain peternak juga perlu membantu ayam untuk agresif dalam menghadapi pertarungan.

Dengan menjalankan usaha ternak ayam jago petarung, Anda bisa mendapatkan beberapa jalan untuk menghasilkan keuntungan. Mulai dari keuntungan dari memenangkan kejuaraan atau kontes aduan, penjualan ayam jawara dan calon jawara, penjualan DOC atau anakan jawara yang memang terbilang cukup menggiurkan dan juga penjualan ayam potong.

Benar sekali, Anda juga masih bisa meyentuh pasar ayam potong karena pada dasarnya ayam jenis Bangkok atau sejenisnya memiliki postur besar dengan jumlah dan massa daging yang cukup banyak, sangat cocok untuk ayam potong.

Sementara itu tidak selamanya ayam petarung yang Anda hasilkan 100% berhasil, justru lebih dari ½ ayam yang Anda hasilkan dari proses pembiakan tidak akan bisa sukses menjadi jenis unggulan F1. Angka lebih dari 50% ini akan mustahil Anda cetak menjadi jawara. Jenis inilah yang nantinya sangat baik untuk Anda lempar ke pasar konsumsi.

Akan tetapi, untuk meminimalisir kegagalan mencetak anakan unggulan, sebaiknya Anda memastkan anakan Anda berasal dari ayam petarung unggulan. Berasal dari pejantan yang jawara dan betina yang berbadan besar, tambun dengan kondisi fisik sempurna serta cenderung lebih agresif. Menyediakan indukan dengan kualitas tinggi memang akan lebih mahal, namun akan memberikan Anda hasil anakan dengan kualitas baik dan tentu saja soal harga juga jauh lebih baik.

Untuk proses pembiakan Anda bisa saja memilih upaya inseminasi buatan, namun Anda juga masih bisa mengupayakan cara konvensional dengan cukup mendekatkan ayam jantan dan betina dalam dua kandang secara berdekatan hingga mereka saling suka dan kemudian Anda satukan untuk melakukan perkawinan. Cara ini sedikit memakan waktu, namun jauh lebih sehat dan rendah resiko dan tentu saja murah meriah.

Biasanya ayam betina akan bertelur setelah 1 minggu perkawinan dan dalam jumlah yang lebih sedikit dari ayam petelur atau ayam kampung biasa. Anda bisa membiarkan betina mengerami sendiri telurnya, atau justru menggunakan mesin tetas. Pilihan kedua akan lebih efektif terutama bila usaha Anda terbilang cukup besar dan fokus Anda adalah menghasilkan DOC .

Untuk membantu Anda membentuk ototnya, massa tubuhnya dan siat agresifnya, Anda perlu memastikan ayam mendapat asupan pakan dengan kandungan protein dan gluten tinggi. Keduanya memiliki sifat yang sama membentuk otot dan mendorong sifat agresifnya.

Sementara itu, Anda juga perlu membentuk mental mereka sebagai jawara dengan mengakrabkan mereka dengan pertarungan sejak dini. Ini membentuk pola dan mental jawaranya sejak awal dan membantunya mengelola agresifitasnya dengan baik ketika masa matangnya tiba.

Celah masalah dari usaha ternak ayam jago petarung adalah sifat dasar ayam dan unggas yang cenderung rentan penyakit. Bahkan tubuh bongsor dari jenis ini tidak lantas otomatis menandakan mereka tahan penyakit.

Artikel lainya: Usaha jual ayam cemani

Itu sebabnya Anda harus rutin memberikan ayam-ayam peliharaan Anda vaksin dan selalu menjaga kebersihan baik kebersihan kandang maupun kebersihan tubuh ayam itu sendiri. Ayam yang merasa dirinya kotor dan tidak nyaman cenderung berkurang agresifitasnya dan mempengaruhi kemampuan bertarungnya di arena. Siap bertarung untuk sukses dengan usaha terbak ayam jago petarung milik Anda? -Tim Siap Bisnis-

Tag:

ayam jago, ayam aduan 2016, ayam jago 2016, bisnis ayam bangkok, ayam petarung, bisnis ayam aduan, bisnis ayam petarung, Cara ternak ayam bangkok, bisnis ayam jago, besnis ayam bangkok
Potensi Bisnis Ayam Jago Petarung | Bebotoh Wajib Baca Artikel Ini | Hari Murti | 4.5

Komentar :