Potensi Besar Dari Sebuah Usaha Sewa Mobil, Peluang Bisnis Yang Menjanjikan

Potensi Besar Dari Sebuah Usaha Sewa Mobil, Peluang Bisnis Yang Menjanjikan

Potensi Besar Dari Sebuah Usaha Sewa Mobil, Peluang Bisnis Yang Menjanjikan

Di kota-kota besar kini mulai menjamur usaha sewa mobil. Anda bisa buktikan dari banyaknya penawaran persewaan mobil dan rental kendaraan yang berderet di iklan-iklan baris di koran lokal di kota Anda. Yang kemudian muncul dibenak Anda mungkin pertanyaan apakah begitu menguntungkannya usaha sewa mobil ini sampai menjadi demikian menjamur?

Untuk itu pada kesempatan ini kami akan mencoba mengulas mengenai bagaimana sebenarnya potensi dari usaha sewa mobil ini sebenarnya. Dan untuk mendapatkan informasi yang cukup akurat, kami akan mengulik informasi yang kami dapatkan dari seorang pelaku usaha rental / sewa mobil yang cukup besar di kota Yogyakarta dengan pengalaman usaha tak kurang dari 9 tahun.

Menurut Iyan sang pemilik usaha rental dan sewa mobil ini, pada awal usahanya dulu memang belum banyak pemain dalam bidang ini. Hanya saja dalam 5 tahun terakhir usaha ini menjadi menjamur dengan persaingan yang sangat ketat. Kenyataan bahwa usaha ini sangat potensial terlebih mengingat kota Yogyakarta yang memiliki latar belakang sangat baik untuk mendukung tingginya permintaan kendaraan sewaan menjadi alasan utamanya bermunculannya pemain baru dalam bisnis ini.

Dalam satu bulan saja Iyan mengaku saat ini bisa menyewakan setidaknya 20 hari untuk setiap mobil yang dia miliki. Untuk satu kali sewa dikenakan harga 400 ribu, maka dari setiap mobil saja minimal Iyan bisa mengantongi omset 8 juta untuk tiap kendaraan tiap bulannya. Bisa Anda bayangkan sementara ini Iyan memiliki 8 mobil untuk disewakan. Menurut Iyan angka ini bisa menjadi lebih besar ketika musim liburan dan musim pernikahan.

Begitulah gambaran kotor dari hasil yang diperoleh dari sebuah usaha rental dan sewa mobil. Jangan heran kalau mereka dengan usaha sewa mobil dalam skala besar dengan kepemilikan inventaris asset kendaraan lebih dari 10 unit, maka dalam satu bulan bisa membukukan omset lebih dari 100 juta.

Penghasilan dari usaha rental dan sewa mobil memang terbilang tidak tetap. Pada musim tertentu Anda bisa jadi terpaksa menolak permintaan karena sudah diluar kapasitas, namun pada musim lain bisa jadi permintaan menurun.

Anda perlu langkah strategis yang tepat untuk menjaga keberlangsungan usaha sewa mobil . Anda harus memaksimalkan promosi dan kerjasama, seperti potongan harga untuk penyewaan beberapa kai atau menjalin kerjasama dengan perusahaan. Cara kerjasama ini lebih efektif karena dengan cara ini mobil Anda disewa permanen selama periode tertentu tanpa terikat musim sama sekali.

Menariknya lagi untuk menjalankan usaha ini, bisa dibilang Iyan hampir tidak mengeluarkan dana dalam bilangan besar. Karena Iyan menggunakan metode leasing untuk memenuhi kebutuhan inventaris mobil. Dari 8 mobil yang Iyan sediakan, hanya 2 yang merupakan miliknya sendiri sedang 6 mobil sisanya hanya kendaraan leasing yang dia peroleh dari kerjasama dengan pemilik kendaraan baru.

Sistem leasing ini berupa kerjasama sewa selama 3 tahun untuk kendaraan bersangkutan dengan pembayaran rutin 3 juta tiap bulan. Pihak pemilik kendaraan akan diuntungkan karena mobil yang mereka miliki secara aktif mendatangkan keuntungan 3 juta perbulan tanpa lelah mengelola usaha sewa. Sedang pihak usaha sewa mobil diuntungkan karena bisa menyediakan kendaraan tanpa payah membeli, bebas uang DP.

Menurut Iyan cara ini lebih efektif karena dunia otomotif adalah dunia yang sangat dinamis dan sangat cepat berkembang. Tiap tahun selalu ada mobil model baru dan pada umumnya masa jaya sebuah mobil di pasaran sewa mobil hanya sekitar 3 tahun. Setelah itu, kendaraan dianggap tua dan tidak menarik lagi bagi para konsumen. Dengan cara leasing, pemilik usaha rental tidak perlu susah payah dalam mengupdate kendaraan karena cukup dengan mengganti leasing saja.

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah gambaran keuangan dari usaha sewa mobil untuk Anda :

Inventaris 8 mobil dengan rata-rata sewa 22 hari, rata-rata hanya 5 mobil yang menggunakan supir

Harga sewa dengan super 400 ribu tanpa supir 350 ribu

Pendapatan :

(3 x 22 x 350 rb ) + (5 x 22 x 400rb)                                             = Rp 76.100.000

Biaya
Supir                                                                  = Rp   5.500.000
Karyawan (2 orang adm)                                       = Rp   3.000.000
Perawatan                                                          = Rp   8.000.000
Administrasi dan surat-surat                                  = Rp   1.000.000
Pemasaran                                                         =   Rp     500.000               

Total biaya                                                          =   Rp 18.000.000

Keuntungan                                                                                       =   Rp 58.100.000

Artikel lainya: Potensi usaha sewa mobil

Bagaimana pendapat Anda soal usaha sewa mobil ini? Memang potensial bukan? Anda tertarik memulai usaha sewa mobil ini, tapi modal Anda terbatas. -Tim Siap Bisnis-

Tag:

Omset Bisnis Rental Mobil, pengalaman rental mobil, prospek rental mobil 2016, penghasilan rental Mobil, komentar tentang bisnis sewa mobil, omset bisnis mobil, peluang bisnis perusahaan mobil, total pendapatan rental mobil, pendapatan dari rental mobil, pendapt tentang bisnis rental mobil
Potensi Besar Dari Sebuah Usaha Sewa Mobil, Peluang Bisnis Yang Menjanjikan | Hari Murti | 4.5

Komentar :