Peternakan Ayam Bekisar Super, Peluang Usaha Yang Menguntungkan

Peternakan Ayam Bekisar Super, Peluang Usaha Yang Menguntungkan

Peternakan Ayam Bekisar Super, Peluang Usaha Yang Menguntungkan

Kali ini kami akan membahas mengenai peluang usaha dari dunia agrobisnis, yakni usaha peternakan. Yang menarik dari usaha peternakan, Anda tidak melulu hanya berkutat pada jenis hewan konsumsi seperti sapi potong atau ayam potong. Karena usaha hewan hias macam peternakan ayam bekisar super juga sangat potensial.

Ayam Bekisar adalah jenis ayam khusus hasil perkawinan silang antara ayam hutan dengan dengan ayam kampung lokal. Bentuk ayam hutan yang unik dengan bentuk tambun dan bulu cantiknya yang merah, emas kehijaun membuat ayam bekisar memiliki pesona yang berbeda, mulai dari warna bulu, ketebalan hingga bentuk tubuhnya yang sedikit gempal.

Dengan perawatan dan pemeliharaan yang tepat, Anda bisa menjual satu ekor ayam bekisar kualitas baik usia dewasa dengan harga di atas 20 juta. Angka fantastis untuk seekor ayam. Ini terkait dengan citra ayam bekisar sebagai hewan pembawa keberuntungan sekaligus karena kecantikan bulu, suara merdunya dan bentuk tubuhnya yang memang memikat mata.

Untuk pemula, Anda bisa memulainya dari jenis bekisar standar dengan harga anakan atau DOC pada kisaran 60 ribuan untuk jenis jantan dan 10 ribu untuk jenis betina. Untuk jenis standar ini saja Anda sudah bisa menjual ayam bekisar dewasa seharga 3 jutaan perekor dan 15 ribuan untuk tiap butir telur yang Anda hasilkan.

Yang menjadi masalah dari usaha budidaya ayam bekisar adalah sifatnya yang rentan stress sebagaimana sifat dasar dari indukan jantannya, ayam hutan. Ayam hutan bukan jenis hewan yang kuat sebagaimana ayam kampung biasa dan seringnya hasil perkawinan silang dari ayam hutan dan ayam kampung masih membawa sifat bawaan ini.

Jadi, tidak sesederhana itu menjalankan peternakan ayam bekisar super, kecuali Anda memilih jenis ayam bekisar super yang tahan penyakit dan tahan stress. Meski harga awalnya lebih mahal, tetapi biasanya lebih rendah resiko kematian dan justru harga jualnya lebih baik. Itulah keunggulan peternakan ayam bekisar super.

Untuk itu banyak dilakukan ujicoba yang dilakukan oleh para peminat dan pelaku budidaya ayam bekisar untuk mendapatkan hasil perkawinan silang yang tepat, dengan warna dan kualitas bulu yang indah dan menarik, suara yang merdu dan tubuh yang lebih kuat dan tahan penyakit.

Hasil ujicoba inilah yang kemudian sukses mengkatrol harga pasaran dari ayam bekisar menjadi sangat tinggi. Karena kadang para pelaku budidaya harus melakukan rangkaian percobaan perkawinan silang untuk mnghasilkan DOC atau anakan unggulan. Salah satu hasil ujicoba yang terkenal mahal dari jenis bekisar ini adalah ayam bekisar hasil perkawinan ayam jantan hutan dengan ayam kampung betina hasil perkawinan silang ayam kedu dan ayam pelung.

Hasilnya adalah ayam bekisar dengan postur tubuh lebih besar dan tinggi, bulu yang indah, suara yang melengking dan tahan penyakit. Banyak kejuaraan ayam bekisar yang dimenangkan oleh jenis perkawinan silang ini. Untuk jenis unggulan atau super macam ini, harga perekor usia 2 minggunya saja sudah mencapai 100 ribuan, bahkan untuk kualitas keduanya.

Lalu bagaimana tepatnya cara menjalankan usaha peternakan ayam bekisar super ini? Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda tiru.

  1. Karena setiap ayam bekisar hampir dipastikan akan mandul, maka Anda perlu selalu menyiapkan dua indukan pejantan ayam hutan dan calon betina yang merupakan hasil perkawinan ayam pelung dan kedu. Untuk itu artinya Anda juga perlu menyediakan ayam jenis kedu dan ayam jenis pelung sebagai indukan calon betina.
  2. Perlakuan pemeliharaan untuk 5 jenis ayam ini aka berbeda, baik ayam hutan, ayam kedu, ayam pelung, hasil kawin siang ayam pelung dan ayam kedu serta ayam bekisar itu sendiri. Anda perlu memahami cara perlakuan masing-masing termasuk masalah pakan dan kesehatannya masing-masing.
  3. Untuk usaha peternakan ayam bekisar super macam ini Anda memerlukan ruang peternakan yang relati besar demi menyediakan kandang-kandang yang terpisah dan ruang umbar bagi setiap jenis ayam. Beberapa jenis ayam tidak bisa Anda satukan dengan jenis yang lain karena tidak mudah adaptasi,seperti misalkan ayam hutan.
  4. Untuk setiap 50 telur yang dihasilkan, kadang hanya akan muncul sekitar 7 – 8 saja yang nantinya sukses menjadi ayam bekisar super. Jadi lakukan pengamatan untuk segera menemukan jenis super. Pisahkan pemeliharaan kedua kelas ini karena untuk jenis super akan lebih baik Anda optimalkan perawatan dan pelatihannya agar bisa Anda jual dengan harga maksimal.

Artikel lainya: Usaha ternak ayam kampung

Dengan perawatan dan pelatihan yang optimal dan efektif, Anda bisa mereguk untuk besar hanya dari satu ekor saja. Bila satu ekor bisa lepas dengan harga 20 juta, bayangkan potensi dari usaha peternakan ayam bekisar super Anda nantinya. -Tim Siap Bisnis-

Tag:

ayam bekisar, ternak ayam bekisar, peternak ayam bekisar, ternak bekisar, Cara beternak ayam bekisar, cara ternak ayam bekisar, ternak ayam hutan, ayam bekisar super, beternak ayam hutan, budidaya ayam bekisar
Peternakan Ayam Bekisar Super, Peluang Usaha Yang Menguntungkan | Hari Murti | 4.5

Komentar :