Pesona Menggiurkan Ide Usaha Modal Kecil, Kebaya Anak

Pesona Menggiurkan Ide Usaha Modal Kecil, Kebaya Anak

Pesona Menggiurkan Ide Usaha Modal Kecil, Kebaya Anak

Usaha kebaya adalah salah satu lini dunia bisnis fashion yang seolah taka da matinya. Meski masa terus berlalu, nampaknya kebaya tak lekang oleh waktu. Justru kini permintaan kebaya semakin meningkat tentunya dengan beberapa konsep yang lebih segar dan modern.

Dari sinilah muncul ide usaha modal kecil potensial. Bukan usaha kebaya pada umumnya Anda kenal, yang sudah penuh persaingan. Anda harus masuk dalam celah yang bisa memberi Anda potensi lebih baik dan lebih cerah

Salah satu ide usaha modal kecil tersebut adalah usaha kebaya anak. Permintaan dari pasar ini  sangat besar, hanya saja tidak banyak pemain yang masuk dalam pasar ini. Terbukti dari terbatasnya model kebaya yang memang didesain dengan konsep anak-anak di pasaran.Kalaupun ada masih dalam jumlah terbatas.

Beberapa nama yang bisa Anda sebut adalah Voila Kebaya atau . Keduanya berkonsentrasi pada konsep kebaya anak yang mengangkat keceriaan dan kenyamanan bagi penggunanya. Sangat sesuai dengan kebutuhan anak-anak yang aktif dan dinamis.

Meski sama-sama mengusung  konsep kebaya anak, keduanya menggunakan tema yang berbeda dalam menampilkan desain kebaya rancangan mereka. Voila kebaya lebih mengetengahkan konsep keceriaan dan kesan kasual dalam desain buatan mereka. Sedang kebaya rancangan lebih glamor dengan banyak manik dan warna-warna yang lebih lembut.

Di sini saya tidak bermaksud untuk membahas lebih jauh mengenai kedua usaha kebaya anak tersebut, melainkan hanya menjadikannya sebagai rujukan dari potensi usaha kebaya anak yang masih sangat potensial dan layak menjadi ide usaha modal kecil.

Menurut Voila kebaya, dalam satu bulan saja mereka menerima pesanan setidaknya 200 stel dari agen dan resellernya di seluruh Indonesia. Kebaya yang rata-rata dibandrol dengan harga ecer 100 ribu perstel ini akan meningkat permintaannya pada masa-masa menjelang lebaran dan imlek.

Sedang kebaya yang lebih eksklusif juga kerap kehabisan stok karena meski dibandrol cukup tinggi sekitar pada kisaran 300 ribu – 700 ribu perstel tetapi tetap mampu membukukan penjualan setidaknya 80 stel kebaya anak perbulannya.

Menariknya, mereka mengaku tidak membutuhkan banyak modal, karena sebagian besar modal mereka pada awalnya hanya untuk menyediakan sampel kebaya beberapa model. Voila kebaya menggunakan sistem preorder kepada agennya untuk memesan kebaya buatan mereka. Dengan cara ini mereka bisa berproduksi sesuai pesanan dengan modal dari uang muka yang masuk. Sedang kebaya justru hanya menerima kebaya pesanan pada awal usahanya hingga kemudian memutuskan membuka butik.

Dan menariknya, meski mereka bisa menekan modal, satu hal yang diamini keduanya pula, tidak jarang mereka terpaksa menolak pembelian karena sudah di luar batas produksi. Itulah peluang yang bisa Anda gali lebih jauh. Terutama bila Anda tertarik pada dunia fashion. Fashion anak  juga bisa menjadi pasar menggiurkan untuk Anda.

Nah….kalau Anda tertarik mengangkat kebaya anak sebagai ide usaha modal kecil.  Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda jalankan untuk memulainya.

  1. Tentukan pasar dan konsep desain
    Menilik dari voila kebaya dan kebaya yang secara khusus menggarap konsep khusus dari kebaya rancangan mereka, Anda bisa masuk ke pasar ini dengan cara yang serupa. Pilihlah satau satu kelas pasar dan sesuaikan dengan Anda dengan pola pasar target Anda. Pasar umum dan menengah biasanya lebih mudah Anda dapatkan terutama bila Anda bermodal terbatas, karena bahan bakunya lebih murah dan biasanya pasarnya juga lebih mudah Anda jangkau, seperti pada kebaya voila.
  2. Mulailah dengan sampel
    Buat beberapa sampel, foto dan pamerkan di blog dan akun facebook usaha Anda atau jual dengan harga super promo pada pameran di kota Anda. Jadikan sampel ini sebagai pembuka awal dalam membuka pasar. Dari sampel inilah nanti Anda bisa mendapatkan pembeli-pembeli baru. Selalu ulangi cara serupa untuk model teranyar dari produk Anda. Anda mungkin memerlukan modal awal sekitar 1-2 jutaan untuk bisa memproduksi sekitar 15 -30 stel kebaya kelas menengah di awal usaha sebagai sampel. Selebihnya produksi bisa Anda dasarkan pada pesanan sehingga bisa menekan ongkos.
  3. Lakukan pemasaran yang dekat dengan konsumen
    Voila kebaya menggunakan sistem keagenan dan reseller untuk mendorong penjualan. Sedang kebaya justru sangat rajin mengikuti aneka pameran craft di berbagai kota. Cara-cara ini memiliki pendekatan yang cukup baik untuk secara langsung bersentuhan dengan konsumen. Jangan lupa untuk tetap memanfaatkan media internet, karena saat ini penjualan via internet bukan lagi jalur yang bisa Anda sepelekan.
  4. Konsisten mengembangkan desain
    Ada dua konsistensi yang harus Anda penuhi di sini, pertama untuk terus menambah desain teranyar dari line kebaya anak Anda dan menjaga konsistensi dari konsep atau tema desain yang Anda usung. Bila desain Anda beragam, bukan tidak mungkin mereka yang sudah membeli desain lama Anda akan membeli kembali desain baru Anda. Namun bila Anda menyebrang terlalu jauh dari benang merah tema, bisa jadi Anda justru akan kehilangan penggemar konsep Anda yang lama.
  5. Jalin kerjasama
    Bila Anda ingin ide usaha modal kecil ini berkembang menjadi salah satu line mode anak yang ternama, tidak ada salahnya bila Anda mempersiapkan kerjasama dengan pihak supplier terutatam kain untuk menjaga ketersediaan bahan kebaya buatan Anda. Jangan sampai Anda harus menolak pesanan bukan karena keterbatasan produk tetapi hanya karena  stok bahan Anda kosong.

Bagaimana ide usaha modal kecil ini? Menarik dan potensial kan? Jadi kembangkan ide Anda dari sekarang dan masuki pasar kebaya anak yang menggiurkan ini. -Tim Siap Bisnis-

Tag:

cara memulai bisnis sewa kebaya, BISNIS kebayA, bisnis baju kebaya, peluang bisnis kebaya, usaha kebaya, kebaya anak kecil, cara bisnis online kebaya, kebaya anak anak kelas dua, bisnis kebaya online, bisni bersama my kebaya
Pesona Menggiurkan Ide Usaha Modal Kecil, Kebaya Anak | Hari Murti | 4.5

Komentar :