Pengolahan Limbah, Cara Terbaik Temukan Peluang Usaha Murah

Pengolahan Limbah, Cara Terbaik Temukan Peluang Usaha Murah

Pengolahan Limbah, Cara Terbaik Temukan Peluang Usaha Murah

Peluang usaha murah alias rendah modal hanya bisa Anda dapatkan kalau untuk memulai usaha tersebut Anda tidak perlu banyak mengeluarkan biaya. Baik itu untuk membeli peralatan untuk proses pengolahan atau untuk pembelian bahan baku.

Salah satu potensi yang bisa Anda jadikan ide menemukan peluang usaha murah adalah usaha pengolahan limbah. Pada beberapa kali kesempatan kami sempat mengulas mengenai potensi dari limbah seperti usaha dengan memanfaatkan limbah kain perca, usaha dengan limbah plastik hingga usaha dari limbah kertas.

Kenapa harus usaha yang terkait dengan limbah? Karena segala sesuatu yang sudah bercitra sebagai limbah kerap dianggap tidak bernilai. Anda bisa mendapatkan bahan baku dengan biaya super rendah atau malah lebih baik lagi, bebas biaya. Jelas dengan kondisi ini Anda bisa menekan besaran dari modal awal yang perlu Anda keluarkan dalam bisnis tersebut. Inilah yang menyebabkannya cocok menjadi peluang usaha murah modal.

Lalu limbah apalagi kali ini yang akan kami bahas sebagai peluang usaha? Kami menemukan adalagi potensi besar dari limbah industry kayu yang layak pula untuk Anda lirik. Apalagi kalau bukan potensi dari bubuk serbuk kayu sisa proses gergaji.

Bagaimanapun serbuk kayu sisa gergaji ini masih kayu dan masih mengandung banyak sifat kayu. Kondisinya yang sudah menjadi serbuk membuatnya menjadi tidak kokoh sebagaimana kayu biasa. Untu itu diperlukan semacam campuran yang sifatnya mengikat sekaligus mengeraskan. Hasil pengolahan ini bisa menjadi produk baru dengan manfaat yang cukup memiliki nilai ekonomis. Adapun beberapa usaha yang bisa Anda kembangkan dari serbuk kayu sisa proses gergaji antara lain.

  1. Usaha pembuatan Wood Plastic Compose (WPC)
    Dengan mencampurkan limbah serbuk kayu gergaji ini dengan serbuk plastik hasil pemrosesan sampah plastik, Anda bisa mendapatkan produk baru yang sangat unik. Membawa dua sifat bawaan baik dari kayu dan plastik. Mudah untuk dipaku, dibor dan digergaji. Tapi di sisi lain juga memiliki sifat cukup tahan air dan rayap sebagaimana plastik. MalahWPC juga digunakan untuk eksterior bangunan.
  2. Usaha pembuatan bricket
    Salah satu sifat unggul dari kayu adalah mudah terbakar dan sifat demikian ini juga tentu saja muncul pada serbuk kayu. Itu sebabnya serbuk kayu ini sangat cocok Anda ubah fungsi sebagai alternatif bahan bakar. Bahan serbuk kayu yang sudah di sangrai kering hingga hitam kemudian diicampur dengan bahan pengikat seperti lem kanji dan dicetak. Produk briket ini sangat dicari oleh banyak pelaku usaha seperti produsen tahu, pelaku usaha warung makan dan pembuatan penganan karena dianggap lebih irit namun memiliki fungsi pembakaran yang memadai.
  3. Usaha pembuatan media tanam
    Sifat serbuk kayu memang belum menyerupai sifat kayu lapuk meski kondisinya sudah halus. Tetapi karena sifatnya yang sudah demikian rapuh, tidak sulit menjadikannya lapuk dengan proses fermentasi yang tepat, maka serbuk kayu ini akan sarat dengan beragam nutrisi yang cocok sbagai media tanam. serbuk kayu ini cocok untuk media tanam untuk tanaman hias, tanaman komoditas tertentu seperti tanaman bunga dan buah. Anda hanya perlu menemukan pasar khusus yang tepat, seperti pelaku usaha pertanian maka kayu gergaji ini siap Anda jual

Lalu bagaimana cara tepat menjalankan peluang usaha murah meriah dari serbuk kayu gergaji ini? Bagaimana cara tepat mengeruk hasil menguntungkan dari serbuk kayu ini?

Sederhana saja, Anda bisa memilih, menjalankan usaha pengepulan sekaligus menjadi sekedar pemasok. Anda bisa menjalin kerjasama dengan pelaku usaha perkayuan untuk memberikan limbah kayunya pada Anda dan untuk pabrik-pabrik pengolahan serbuk kayu sisa gergaji ini. Kemudian dari penyimpanan Anda mengirimnya pada para pelaku usaha pemgolahan serbuk kayu tadi.

Tetapi Anda juga bisa menjalankan usaha pengolahan limbah kayu. Di sini Anda menjalankan usaha produksi barang dengan bahan baku serbuk kayu tadi. Tapi dari sisi keuntungan, bisa jadi cara kedua ini akan lebih besar, karena di sini Anda berperan memproduksi sebuah barang baru. Hanya saja bila Anda mencari peluang usaha murah, rasanya cara kedua ini kurang cocok mengingat Anda membutuhkan dana cukup besar untuk seluruh perangkat pabrik.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

limbah kayu, cara mengolah limbah kayu menjadi kerajinan, pengolahan limbah kayu, cara pemanfaatan limbah kayu, manfaat serbuk kayu, usaha limbah kayu, pemanfaatan limbah kayu, cara mengolah serbuk kayu, bisnis serbuk kayu, cara pengolahan limbah kayu
Pengolahan Limbah, Cara Terbaik Temukan Peluang Usaha Murah | Hari Murti | 4.5

Komentar :