Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil, Bisnis Produksi Rendang, Bisnis Kuliner Yang Menjanjikan

Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil, Bisnis Produksi Rendang, Bisnis Kuliner Yang Menjanjikan

Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil, Bisnis Produksi Rendang, Bisnis Kuliner Yang Menjanjikan

Rendang, makanan tradisional Padang yang namanya sudah mendunia sejak dinobatkan sebagai makanan terenak versi CNN itu memang tidak ada duanya. Makanan satu ini boleh dikatakan sebagai makanan sejuta umat mengingat begitu banyak penggemarnya tak terikat oleh suku dan usia dan menjadi peluang usaha rumahan modal kecil yang potensial.

Anda bisa lho mengembangkan peluang usaha rumahan modal kecil dari makanan khas yang memiliki rasa pedas gurih ini. Mengingat permintaan akan rendang ini relatif tinggi, dan hidangan ini relatif disukai banyak kalangan, baik tua maupun muda tidak salah kalau Anda mengincarnya sebagai produk andalan dari usaha kecil rumahan yang Anda buka.

Pada dasarnya rendang memang salah satu hidangan tradisional yang siap saji. Anda cukup memasaknya menjadi rendang kering maka dengan pengemasan yang tepat rendang kering ini bisa awet bahkan dalam 2 – 3 bulan.

Hidangan ini juga memiliki dua jenis warna, rendang merah dan rendang hitam. Biasanya rendang hitam lebih awet karena lebih kering sekaligus memiliki kadar tomat lebih sedikit. Tomat memberi efek basah pada hidangan sehingga menurunkan keawetan dan daya tahan hidangan.

Untuk membuka usaha ini modal awal Anda yang utama adalah peralatan dapur yang memadai. Ukuran wajan yang diperlukan untuk membuat rendang asli padang biasanya cukup besar dan kuat. Untuk diingat membuat rendang sangat memakan waktu, satu kali masak membutuhkan waktu hingga berjam-jam. Kalau Anda tidak menggunakan wajan dengan kualitas baik, maka wajan Anda akan mudah rusak karena wajan terkena panas yang terlalu lama.

Perangkat lain yang perlu Anda siapkan adalah alat vacuum sealer berkualitas baik dengan kemasan plastik berbahan tebal. Seperti dikatakan di awal, selain faktor proses masak yang tepat, pengemasan yang tepat sangat berperan dalam menjaga kualitas rendang tetap baik hingga jangka yang panjang.

Hal penting lain yang perlu Anda perhatikan dalam bisnis ini adalah resep dengan rasa terbaik dan kebanyakan dari pelaku usaha rendang memang sudah mengantongi resep andalan peninggalan dari leluhur. Tapi kalau Anda tidak memiliki resep rendang kering dengan rasa terbaik, Anda bisa melakukan ujicoba dengan menjajal aneka resep yang bisa dengan mudah Anda dapatkan di berbagai blog makanan dan resep makan di internet.

Kemudian pastikan pula Anda memilih daging dengan kualitas terbaik, untuk itu ada baiknya Anda bekerjasama dengan jagalan atau rumah pemotongan hewan supaya secara reguler mendapat bagian daging has dalam dengan kualitas tinggi. Daging yang baik sudah tentu akan menghasilkan kualitas rendang yang terbaik pula. Hal yang sama juga perlu Anda perhatikan ketika Anda memilih bumbu.

Memilih bahan terbaik memang akan membuat Anda harus mengeluarkan biaya produksi yang relatif tinggi dan mau tidak mau akan mempengaruhi harga jual nantinya. Tapi biasanya konsumen rendang kering macam ini sudah memahfumi harga rendang yang tinggi. Selama kualitas rendang Anda sesuai mereka akan menerimanya tanpa protes. Di pasaran saja beberapa usaha rendang kering membandrol harga rendang sekilonya hingga 200 ribuan.

Bagaimana cara memasarkan produk rendang kering buatan Anda? Kebanyakan pelaku usaha rendang menjualnya dari mulut ke mulut. Atau dengan cara yang lebih professional seperti membangun sistem keagenan dan penjualan via online. Khusus untuk cara terakhir ini Anda bisa membuka sebuah blog lengkap dengan facebook page untuk media promosi rendang buatan Anda.

Jangan lupa tambahkan merek untuk membangun citra dari rendang Anda. Meski untuk sementara rendang Anda mungkin belum memiliki perijinan dan sertifikasi BPPOM, Anda bisa membangun kepercayaan konsumen dengan menyertakan beberapa image atau foto yang menggambarkan proses masak dari daging rendang buatan Anda.

Konsumen akan semakin yakin kalau rendang buatan Anda ini menggunakan daging kualitas baik dengan proses masak yang sehat dan higienis. Cara ini juga cukup jitu membangun kepercayaan konsume mengingat banyak calon konsumen yang merasa ragu membeli makanan via internet karena tingginya kasus penipuan via online.

Itulah salah satu bentuk ide peluang usaha rumahan modal kecil. Usaha ini tergolong modal kecil karena sebenarnya modal yang perlu Anda siapkan relatif masuk akal dan tidak lebih dari 3 juta. Tapi hasilnya? Seorang pelaku usaha ini di Jakarta mengaku bisa mengantongi omset hingga 300 juta tiap bulan. Bukan hanya rendangnya saja yang menggiurkan, untungnya juga sama menggiurkan. -Tim Siap Bisnis-

Tag:

usaha rendang, bisnis rendang, bisnis rendang kemasan, cara memulai bisnis rendang, prospek penjualan rendang, bisnis rendang kering kemasan, berbisnis rendang, biaya produksi rendang, cara memasarkan rendang, peluang usaha bumbu rendang
Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil, Bisnis Produksi Rendang, Bisnis Kuliner Yang Menjanjikan | Hari Murti | 4.5

Komentar :