Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar, Pengepulan Limbah Kertas

Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar, Pengepulan Limbah Kertas

Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar, Pengepulan Limbah Kertas

Bicara soal sampah memang tidak akan ada habisnya, karena nyatanya yang namanya sampah akan terus mengalir bahkan mengalahkan aliran sungai Ciliwung. Tapi bahasan kita kali tidak sedang berbicara soal banjir dan sumbatan Ciliwung, tapi soal begitu besarnya jumlah sampah yang muncul tiap harinya, sudah pasti ada peluang usaha modal kecil untung besar tersimpan di baliknya.

Dan yang menarik berhubung sampah itu identik dengan barang terbuang dan dianggap tak bernilai lagi sudah tentu Anda bisa mengembangkan peluang usaha modal kecil untung besar dari sana. Setidaknya biaya yang Anda keluarkan dari proses pengumpulan sampah ini akan jauh berada di bawah pendapatan yang Anda dapat dari bisnis limbah dan sampah ini.

Pada satu kesempatan kami sempat membahas mengenai potensi dari usaha sampah plastik yang sampai sanggup menembus pasar ekspor ke Cina dan India. Kali ini kami menemukan potensi lain dari sampah yang bisa berkembang sebagai peluang usaha modal kecil untung besar, yakni potensi dari sampah dan limbah kertas.

Kertas mengambil bagian cukup besar dari jumlah tumpukan sampah yang tertumpuk setiap harinya. Mengingat begitu banyaknya berkas tidak terpakai yang dihasilkan oleh berbagai kantor, instansi dan dari kalangan mahasiswa serta pelajar. Ini belum menghitung limbah kertas koran yang juga cukup banyak diminati dalam industry kertas bekas dan daur ulang.

Kabar baiknya usaha ini tidak hanya membutuhkan modal yang kecil, tetapi tidak terlalu berat untuk dijalankan. Untuk mendapatka suplai kertas bekas Anda bisa bekerja sama dengan beberapa perkantoran di sekitar gudang penyimpanan Anda untuk menjadi penampung sampah kertas yang dihasilkan kantor tersebut. Anda juga bisa mengadakan kerjasama dengan beberapa aparat di daerah pemukiman untuk menadah limbah kertas secara kontinyu di satu kawasan pemukiman.

Anda memang tidak mendapatkan kertas bekas ini secara gratis, tetapi nilai belinya sebenarnya terbilang rendah. Hanya pada kisaran Rp 1000 sampai Rp 7000 perkilonya tergantung kualitas dan ketebalan. Tapi bila Anda bisa mengumpulkan setidaknya 10 kilo dari tiap kantor atau pemukiman secara berkala, maka pemilik sampah setidaknya bisa menghasilkan beberapa puluh ribu rupiah. Bukan angka yang buruk juga bukan, setidaknya untuk menambah uang kas RT setempat.

Kertas bekas ini nantinya harus Anda pilah, pisahkan berdasar warna dan ketebalan. Setelah itu bisa Anda jual kepada produsen kertas daur ulang. Bila Anda bisa mensuplai ke perusahaan produsen kertas daur ulang ini dalam jumlah yang besar, bukan mustahil Anda bisa membukukan keuntungan ratusan juta. Padahal modal Anda bisa jadi tak lebih dari 10 juta untuk gudang bedeng. Tidak salah bukan kalau kami sebut usaha pengepulan limbah kertas ini sebagai peluang usaha modal kecil untung besar?

Peluang usaha semenarik ini bukan sekedar hisapan jempol, beberapa kali kami menemukan beberapa pelaku usaha pengepulan limbah sampah kertas yang sukses dengan usaha”kotor”nya ini. Salah satunya adalah bapak Ishadi dari Prambanan Yogyakarta. Beliau sudah menjalankan usaha pengepulan limbah sampahnya ini selama 10 tahun. Setiap hari beliau mengumpulkan setidaknya 3 ton sampah yang dikumpulkan dari beberapa perkantoran di sepanjang ring road utara Yogyakarta.

Limbah kertas ini kemudian setiap 2 hari sekali dikirim kembali ke sebuah pabrik pengolahan limbah kertas di kawasan Bantul yang selama ini memang menjadi pengepul besar limbah kertas dan mengolahnya menjadi kertas karton daur ulang bagi banyak industry kerajinan di kawasan Bantul.

Dari penjualannya ini dalam satu bulan bapak Ishadi sukses membukukan omset tak kurang dari 100 juta bahkan lebih. Dengan keuntungan bersih yang bisa dikantongi oleh bapak Sihadi bisa mencapai sekitar 60 %. Jelas angka yang fantastis bukan?

Cerita senada disampaikan oleh pelaku usaha serupa asal Makassar, Noldi. Beliau mengaku sanggup mengumpulkan kertas hingga 300 ton perbulan dan menjualnya ke pabrik pengolahan kertas di Surabaya. Dari usaha pengepulan limbah ini beliau mengaku bisa membukukan omset hingga 300 juta.

Bagaimana potensi dari peluang usaha modal kecil untung besar yang kami bahas kali ini. Lain waktu kami akan berbagi kembali bagaimana mudahnya sebenarnya menemukan potensi bernilai modal kecil menjadi sebuah usaha potensi ratusan juta bahkan mungkin milyaran.-Tim Siap Bisnis-

Tag:

bisnis limbah, usaha limbah, Bisnis kertas, limbah kardus, limbah kertas, bisnis limbah kertas, Usaha kertas bekas, bisnis kertas bekas, bisnis limbah pabrik, Cara bisnis limbah
Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar, Pengepulan Limbah Kertas | Hari Murti | 4.5

Komentar :