Peluang Usaha Kuliner, Usaha Café Es Krim

Peluang Usaha Kuliner, Usaha Café Es Krim

Peluang Usaha Kuliner, Usaha Café Es Krim

Tidak jauh dari tempat saya tinggal, tepatnya di belakang kawasan perkomplekan sebuah sekolah swasta berdiri sebuah café es krim yang tidak pernah sepi pengunjung. Rupanya ide mendirikan sebuah café es krim di dekat sekolah memang bisa menjadi peluang usaha kuliner yang mantap untuk Anda jajal.

Cukup dengan Rp 5 ribu sampai Rp 15 ribu perporsi dengan aneka pilihan rasa, topping dan tentu saja ukuran. Café ini selalu menjadi pilihan favorit anak muda untuk menghabiskan sore atau waktu pulang sekolah mereka. Bukan saja anak muda, bahkan café ini juga cukup sering dikunjungi anak kecil karena memang es krim memiliki pasar yang luas diminati tua muda bahkan anak kecil.

Adalah ibu Irmayani yang membaca peluang usaha kuliner satu ini dengan tepat. Setiap hari ada ratusan anak mulai dari usia TK, SD, SMP dan SMA yang berlalu lalang di depan rumahnya karena rumahnya hanya berjarak sekitar 100 meter dari kompleks sekolah swasta. Ibu Irmayani berpikir kenapa potensi ini tidak digarap saja sekalian dengan membuka usaha dengan produk yang disukai segala usia. Dengan segala pertimbangan, beliau memilih usaha café es krism ini.

Sebenarnya ibu Irmayani juga bukan ahli kuliner, tetapi dengan modal nekad beliau mengikuti kursus pembuatan es krim dari salah satu produsen mesin pembuatan es krim. Niatnya udha bulat dengan ide menjalankan peluang usaha kuliner satu ini.

Setelah memgantongi ilmu cara membuat es krim, beliau mulai menyiapkan semua keperluan dalam produksi dan pembuatan café di depan rumahnya. Kebetulan beliau memiliki halaman depan rumah yang masih cukup luas jadi bisa disulap menjadi café. Karena tema hidangannya es krim, maka café dibuat tertutup dengan gaya yang modern dan terkesan romantis. Untuk membangun café kecil dan semua peralatannya, beliau memakan modal setidaknya 35 juta.

Beruntung beliau sempat berburu furniture café bekas di toko barang bekas, jadi bisa menekan modal awal cukup signifikan. Bahkan untuk pengecatan ibu Irmayani mengerjakannya sendiri bersama suami untuk menghemat biaya. Dan pada Juli 2013, usaha café es krim kecil-kecilannya miliknya dibuka.

Dari soft opening yang dia jalankan dengan promosi diskon 20 % ibu Irmayani membuktikan ide peluang usaha kuliner miliknya ini rupanya cukup sukses menarik pasar. Lebih tepatnya berhasil memilih lokasi karena beliau kebanjiran pengunjung dari siswa-siswa sekolah swasta tetangganya tadi. Hingga kini siswa-siswa dari sekolah swasta tersebut masih menjadi pelanggan setia café miliknya,

Setiap jam bubar sekolah cafenya selalu kebanjiran pengunjung, baik itu anak TK sampai anak SMA. Apalagi beliau juga bekerja sama dengan pembuat camilan dan makanan kecil di sekitar rumahnya, jadi beliau juga menjual beragam makanan ringan macam risoles keju, kroket, roti bakar, sup krim, dan sebagainya.

Kini setelah hampri 1 tahun berjalan, café ini sudah mulai mereguk kesuksesan. Dari modal awal mencapai 35 juta, Ibu Irmayani sudah bisa mengumpulkan omset 700 ribu sampai 1 juta perhari. Keuntungan bersih yang diraup beliau bisa mencapai 6 -8 jutaan tiap bulannya. Café es krim miliknya juga kini sudah memiliki 6 orang karyawan.

Artikel lainya: Peluang usaha kecil menengah, bubur ayam

Rencana beliau dalam tahun depan, beliau ingin membuka cabang café lain di kawasan padat seperti pertokoan atau kawasan kampus, kawasan macam ini menurut analisa beliau juga bisa menjadi pasar yang cukup layak dijajal. Apalagi kini café es krim yang saat ini berdiri di depan rumahnya sudah mulai bisa berjalan sendiri tanpa harus sepenuhnya beliau awasi.

Untuk lebih jelas berikut ini adalah gambaran permodalan dan keuntungan dari menjalankan peluang usaha kuliner café es krim :

Modal awal
Bangunan café                              17.000.000

Kursi dan meja café                        8.000.000
Peralatan makan dan minum             3.000.000
Peralatan produksi                          7.000.000

TOTAL                                                   35.000.000

Modal Kerja
Bahan baku                                        12.000.000          

Makanan kecil                                     3.000.000          
Tenaga kerja                                      4.000.000
Listrik                                                150.000          
DLL                                                   200.000

TOTAL                                                   19.350.000

Pendapatan / bulan rata-rata         25.500.000

Keuntungan rata-rata                       6.150.000                            

 

Itulah gambaran keuntungan dan permodalan dari usaha café es krim rumahan. Memang tidak dapat dipungkiri, peluang usaha kuliner selalu bisa menjadi rekomendasi terbaik dalam menjalan kan usaha. Anda setuju? -Tim Siap Bisnis-

Tag:

usaha cafe ice cream, usaha kedai es krim, bisnis cafe ice cream, cafe es krim, modal usaha cafe ice cream, usaha cafe es krim, usaha kedai ice cream, usaha rumah ice cream, usaha rumah es krim, modal usaha kedai es krim
Peluang Usaha Kuliner, Usaha Café Es Krim | Hari Murti | 4.5

Komentar :