Peluang Usaha Kecil Menengah Potensial Di tahun 2015, Baca Informasi Penting Ini

Peluang Usaha Kecil Menengah Potensial Di tahun 2015, Baca Informasi Penting Ini

Peluang Usaha Kecil Menengah Potensial Di tahun 2015, Baca Informasi Penting Ini

Pada kesempatan sebelumnya kami sempat mengulas mengenai potensi-potensi yang bisa berkembang cukup baik di tahun 2015. Maka pada kesempatan kali ini kembali kami mencoba mengulas potensi-potensi yang bisa Anda kembangkan di tahun 2015 yang tampaknya hanya berselang 1 -2 bulan lagi akan Anda jelang. Tetapi kali ini kami akan fokus hanya pada peluang usaha kecil menengah.

Kenapa tahun 2015 menjadi begitu penting dalam momentum bisnis? Karena di tahun ini Anda akan berhadapan dengan MEA alias Masyarakat Ekonomi Asean dimana akan diberlakukannya Asean Free Trade Area. Penerapan ini jelas memberi pengaruh sangat besar bagi iklim usaha di Indonesia dan Asean secara umum. Dengan pemberlakukan ini, Anda bisa saja memanfaatkannya sebagai peluang besar mengembangkan usaha atau justru menjadi batu sandungan bagi perkembangan usaha.

Meski tidak menutup kemungkinan setiap usaha memiliki potensi untuk memanfaatkan perkembangan dunia bisnis global ini, tetapi secara umum terdapat beberapa bidang yang cukup potensial untuk dikembangkan. Terutama untuk Anda yang tertarik pada peluang usaha kecil menengah.

Sebagai catatan tentu saja dengan memilih peluang usaha kecil menengah, maka besar kemungkinan kondisi permodalan Anda sendiri relatif terbatas sehingga membatasi kemampuan Anda untu bergerak pada bisnis skala besar. Perlu siasat jitu untuk masuk pada pasar seluas Asean dengan kapasitas usaha macam ini.

Tapi di sisi lain dengan adanya sistem MEA ini, maka peluang usaha kecil menengah justru turut berkembang dengan terbukanya pasar lebih luas. Bila sebelumnya untuk menjual produk mereka ke pasar global dibutuhkan biaya yang relatif besar untuk proses cukai dan perijinan panjangnya. Maka di tahun 2015 segala proses ini akan terpotong dan produk-produk ini juga dengan mudah masuk ke negara tetangga.

Meski di sisi lain persaingan menjadi semakin sengit, ketika tidak menutup kemungkinan negara-negara lain juga memproduksi produk yang serupa, bersifat substitusi atau bisa jadi pula di jual dengan harga yang lebih rendah. Meski di dunia modern harga tidak lagi menduduki posisi penting dalam pengambilan keputusan, tetapi tidak memungkiri peran harga yang rendah tetap mampu mempengaruhi pola beli.

Peluang usaha kecil menengah juga bisa semakin lebar berkat masuknya beragam investasi dari penjuru Asean mengincar beragam bisnis lokal skala kecil yang potensial. Anda bisa menemukan investor dari beragam negara dan ini juga menguntungkan untuk membuka pasar di negara bersangkutan. Meski tentu saja hal ini tidak semudah mengucapkannya mengingat lagi-lagi persaingan Anda untuk mendapaykan para malaikat bisnis ini juga tidak mudah.

Lalu peluang usaha kecil menengah macam apa yang diperkirakan akan cukup bergeliat di tahun 2015? Beberapa dari daftar berikut ini mungkin cukup baik menjadi pilihan.

  1. Produk agro, maritim dan olahannya
    Sebagai negara agraris dan maritime rasanya tidak aneh kalau dua sisi ini menjadi salah satu andalan Indonesia nantinya. Meski kebanyakan pengelolaan masih berada dalam naungan uusaha kecil dan UKM bukan lantas tidak bisa dikelola professional untuk masuk pasar
  2. Produk kerajinan khas
    Salah satu nilai lebih dari dunia timur adalah kemampuan artistiknya. Meski serumpun sekalipun setiap kawasan memiliki kekayaan artistik masing-masing dan itu tertuang dalam ragam kerajinan mereka. Dan dengan pengelolaan manajemen yang professional kekayaan kreatif ini bisa menjadi nilai jual tinggi.
  3. Produk natural dan alami
    ain unsure artistiknya yang menonjo dunia timur juga terkenal dengan ragam pegobatan dan perawatan tradisionalnya yang manjur dan ini bisa menjadi potensi usaha di dunia global. Beberapa usaha produksi yang mengetengahkan bahan alami dan natural, perawatan tubuh, aromaterapi hingga minuman herbal cukup potensial di kembangkan.
  4. Produk fashion dengan unsur tradisional
    Batik, tenun, jumputan, songket dan sebagainya masih menempati posisi yang cukup layak untuk bersaing ketat di psar global. Justru produk home made dengan sentuhan tangan menjadi incaran pasar ketimbang produk massal pabrik besar.
  5. Jasa dunia online
    Persaingan global sudah duluan masuk di dunia maya jauh hari sebelum MEA. Dan di era ini tentu saja gelombang dunia internet semakin tidak terbendung dan segala jasa terkait dunia ini tentu saja tetap menjadi top list business. Sebut saja jasa penulisan online, jasa SEO dan sebagainya.

Siap bertarung dengan bisnis Anda di era MEA? Apakah Anda tertarik meneruskan usaha yang sudah Anda jalankan sekarang atau mengembangkan peluang usaha kecil menengah baru sesuai dengan frecast trend yang ada? -Tim Siap Bisnis-

Tag:

informasi bisnis peluang usaha kecil menengah, informasi umkm hari ini, peluang usaha ukm 2015, pengusaha sukses ukm di mea, trend usaha di era mea
Peluang Usaha Kecil Menengah Potensial Di tahun 2015, Baca Informasi Penting Ini | Hari Murti | 4.5

Komentar :